Pantai Namasua, Hidden Paradisennya Maluku

Mendengar nama kota Ambon disebutkan, mungkin akan langsung terlintas di benak anda bahwa kota ini memiliki beberapa pantai indah, yaitu pantai pintu kota, pantai natsepa, dan pantai Liang. Tetapi ternyata kota dari timur Indonesia ini masih memiliki satu pantai lagi yang belum terekspos ke dunia luas, dan masih sedikit orang yang mengetahui keberadaan pantai tersebut. Pantai itu dikenal dengan nama Pantai Namasua, sebuah pantai tersembunyi dengan keindahan alam yang menakjubkan.

Ketika anda menanyakan keberadaan Pantai Namasua kepada masyarakat di Kota Ambon, anda akan kesulitan untuk menemukan informasi mengenai pantai tersebut, karena memang jarang masyarakat Ambon yang mengetahui keberadaan Tempat Wisata Pantai Namasua. Pantai ini ada di desa Naku, sebuah desa kecil di daerah Lainitu, Ambon. Untuk menuju lokasi Tempat Wisata Pantai Namasua berada, anda dapat memilih dua rute yang tersedia. Rute pertama mengharuskan anda melewati Ambon, Halong, Passo, Toisapu, Hukurila, dan Naku. Sedangkan rute ke dua, anda dapat melewati Ambon, Batu Meja, Kayu Putih, dan Naku. Sebelum melakukan perjalanan ke Tempat Wisata Pantai Namasua ini anda harus benar-benar mempersiapkan kondisi tubuh yang prima serta kendaraan yang layak untuk di bawa menyusuri perjalanan yang cukup eksrim. Di awal perjalanan anda akan melewati jalanan yang tidak memiliki banyak rintangan, tetapi setelah beberapa saat anda harus melewati beberapa rute yang cukup berat, karena di rute tersebut banyak terdapat tanjakan yang menyebabkan kendaraan anda harus bekerja lebih keras. Dengan menempuh perjalanan selama satu setengah jam, anda pun telah sampai di desa Naku. Jangan senang dulu, karena Tempat Wisata Pantai Namasua tidak berada tepat di desa tersebut, anda harus melewati desa dan hutan-hutan terlebih dahulu, hal ini dikarenakan desa Naku adalah sebuah desa yang terletak di dataran tinggi. Uniknya lagi adalah, keberadaan desa Naki di ketinggian mengharuskan anda untuk menempuh perjalanan dengan berjalan kaki karena kendaraan bermotor harus diparkirkan di Gerbang Desa, hal ini bukan tanpa alasan, karena desa Naki yang berada di dataran tinggi belum bisa dilewati oleh kendaraan bermotor.

Setelah melewati perjalanan selama 30 menit dengan menembus hutan yang dikelilingi pepohonan rindang, kelelahan yang menggelayuti anda selama perjalanan tersebut akan terbayar lunas dengan pemandangan luar biasa dari pantai pasir putih yang sepi dari pengunjung.

Baca juga:  Berwisata Di Pulau Kodingareng Keke Yang Penuh Dengan Pecahan Batu Karang

Tempat Wisata Pantai Namasua adalah sebuah pantai berbentuk U yang dihiasi dengan deburan ombak dari Laut Banda yang memancarkan warna biru cerah. Di sekeliling pantai ini juga berdiri dinding-dinding batu dan pepohonan yang rindang, tidak salah jika banyak yang mengatakan bahwa Pantai Namasua adalah Hidden Paradise yang ada di Kota Ambon.

Cukup beristirahat di pinggir Pantai Namasua, segeralah kumpulkan tenaga anda untuk bergegas menikmati keindahan Objek Wisata Ambon tersebut. Ketika mengelilingi Pantai Namasua dengan berjalan melintasi bebatuan menuju ujung pantai, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen yang anda dapatkan di pantai tersebut. Kemudia, setibanya di ujung pantai, anda akan mendapati sebuah aliran sungai yang begitu segar, aliran sungai yang segar dan tenang ini, dapat anda manfaatkan untuk berendam sambil menikmati keindahan Pantai Namasua.

Selain itu, di aliran sungai yang ada di ujung Pantai Namasua terdapat sebuah batu yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat, batu ini bernama Batu Tempayan yang disebut-sebut merupakan sebuah cincin dari seorang putri kerajaan yang bernama Putri Moyang yang berada di desa Naku. Cincin ini dikabarkan hilang sangat Putri Moyang beristirahat dan mandi di tempat itu, jadi jangan coba-coba untuk merusak batu keramat tersebut jika anda masih ingin menikmati keelokan Pantai Namasua lebih lama lagi.

Setelah puas memanjakan mata dan merileksasi tubuh anda di Tempat Wisata Pantai Namasua, segeralah bergegas untuk kembali ke desa Naku, karena di destinasi wisata ini belum terdapat penginapan yang bisa anda gunakan untuk melepas penat setelah seharian mengelilingi pantai tersembunyi di Kota Ambon tersebut. Beranjaklah dari Pantai Namasua sebelum gelap, karena anda harus kembali menyusuri hutan yang rindang, terutama untuk anda yang tidak membawa pemandu saat mengunjungi Pantai Namasua.

Oleh karena itu, persiapkan perjalanan anda sebaik mungkin, bawa bekal makanan secukupnya, jangan lupa bawa alat yang bisa menerangi perjalanan anda ketika melewati hutan yang dikelilingi oleh pepohonan rindang, serta jangan berlibur di pantai ini seorang diri, ajaklah serta sahabat atau keluarga anda, serta mintalah salah seorang warga desa untuk menemani liburan anda di Tempat Wisata Pantai Namasua, sebuah Objek Wisata Alam Ambon yang wajib anda kunjungi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.