Pantai Marina, Wisata Andalan Kota Bantaeng

Pantai Marina berlokasi di dusun Korong Batu, desa Baruga, kecamatan Pajukukang, kabupaten Bantaeng. Dari Bulukumba berjarak sekitar 7 meter, atau sekitar 12 kilometer dari Kota Bantaeng. Sekitar 130 km dari arah Kota Makassar, dan butuh waktu sekitar 3-4 jam menuju ke pantai tersebut. Sebelum tiba di Pantai Marina, pengunjung bisa menikmati keindahan Pantai Seruni dan Lamalaka yang berada di jantung Bantaeng.

Pantai Marina adalah kawasan wisata pantai yang dikelolah langsung oleh pemerintah daerah kabupaten Bantaeng. Dulunya, kawasan Pantai Marina ini merupakan lahan marginal dan gersang serta ditumbuhi ilalang. Kemudian, pemerintah mengucurkan dana sekitar 7 milyar untuk memperindah pantai tersebut.

Pantai ini menawarkan keindahan laut, perkebunan apel dan taman bunga yang tumbuh di sekitarnya. Pantai ini juga memiliki pasir putih yang halus, terasa sekali jika pengunjung menginjakkan kakinya pertama kali di Pantai ini, berpadu dengan air laut berwarna biru yang indah. Pantai ini menghadap Laut Flores, sehingga pengunjung dapat melihat sunset dengan ditemani oleh deburan ombak dan semburat jingga yang luar biasa indah. Lebih menyenangkan kiranya jika bermain pasir bersama anak-anak, tentunya bagi yang berkunjung bersama keluarga ke Pantai Marina.  Lelah bermain pasir, bisa langsung mencoba berenang di tepi pantai yang cukup dangkal. Pengunjung juga bisa mencoba sensasi bermain jetski atau banana boat di pantai ini.

Tampak depan, terdapat gerbang bertuliskan “Rest Area Marina Beach”. Setelah melewati gerbang tersebut, anda akan mendapati lapangan parkir yang cukup luas. Fasilitas Pantai Marina dapat dikatakan cukup lengkap, seperti: sebuah masjid yang berdiri cukup megah di dalam area tersebut, masjid tersebut bernama Masjid Pantai Marina Korong Batu. Masjid ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti: tempat wudhu dan ruang ganti pakaian. Terdapat Pasar Tradisional Modern Pantai Marina yang menjual berbagai macam souvenir.

Luas kawasan Pantai Marina sekitar 25 ha. Jika pengunjung ingin mengelilingi Pantai Marina yang terbilang cukup luas ini dapat mengendarai mini car. Terdapat 3 buah kursi di salah satu sudut pantai, dimana posisi kursi tersebut mengelilingi sebuah lingkaran yang terbuat dari batu kerikil. Batu tersebut dipasang dalam posisi berdiri tegak vertikal, yang merupakan sarana refleksi atau pijat telapak kaki. Selain fasilitas pijat telapak kaki tersebut, terdapat fasilitas penyewaan ban bagi yang ingin berenang. Beberapa gazebo berdiri di sepanjang pantai. Pengunjung menjadikan gazebo ini sebagai pondokan tempat beristirahat sejenak. Pengunjung dapat mem-booking gazebo dengan tarif Rp. 10.000 per jam.

Baca juga:  Belajar Sejarah Sambil Liburan di Museum Siwalima

Di belakang gazebo terdapat pedestrian yang tertata rapi, khusus untuk pejalan kaki. Terdapat beberapa tenda pujasera yang menjual makanan dan minuman. Pengunjung tidak perlu membawa makanan atau minuman dari rumah, karena di pantai ini terdapat minimarket dan restoran yang menjual berbagai ragam makanan, seperti: kapurung, barobbo dan minuman sarabba. Fasilitas lainnya, adalah:  ruang pertemuan, kolam memancing, arena jetski, warnet, panggung upacara, SPBU dan toilet.

Pantai ini juga menyediakan hotel dan cottage bagi wisatawan yang berasal dari luar daerah. Adapun Tarif Hotel Pantai Marina rata-rata berkisar Rp. 350.000 per malam (harga bisa berubah sewaktu-waktu). Sedangkan untuk cottage Rp. 1.250.000 per malam. Tentunya, Pengunjung akan dimanjakan dengan fasilitas yang sepadan dengan harga yang ditawarkan.

Tiket Masuk Pantai Marina juga terbilang cukup murah, cukup mengeluarkan uang Rp. 5000 untuk dewasa, dan Rp. 3000 untuk anak-anak, anda sudah dapat menikmati keindahan pantai tersebut. Ditambah biaya parkir Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 3000 untuk kendaraan roda empat. Pantai ini biasanya ramai dikunjungi pada akhir pekan ataupun libur panjang. Mayoritas wisatawan yang mengunjungi pantai ini berasal dari Bulukumba dan Sinjai.

Pada malam hari, Pantai Marina juga tak kalah memukau. Cahaya lampu hias di sekitar pantai menambah indahnya suasana malam hari di pantai ini. Terlebih jika anda berkunjung pada saat bulan purnama, atau jika langit malam sedang cerah akan banyak bintang bertaburan di atas berpadu dengan debur ombak yang mempesona.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.