Pantai Karangmalang – Pesona Pantai yang Masih Perawan

Indonesia adalah negara kepualauan dengan laut dan pantai yang luas. Pesona wisata yang disuguhkan benar-benar dapat membuat siapapun takjub. Bagaimana tidak. Jumlah wisata pantai dan pulau di Indonesia sudah tak dapat dihitung lagi. Berbagai macam daerah berlomba-lomba mereservasi lokasi wisata yang ada di daerahnya agar dapat dikenal masyarakat luas. Provinsi-provinsi yang ada di Indonesia banyak sekali menyimpan keindahan alam yang selalu membuat mata manusia takjub. Tak hanya pantai, berbagai destinasi wisata bernuansa alam juga banyak bertebaran di pelosok negeri ini. Bahkan mungkin lebih banyak yang belum dikenal dan terkena sentuhan pemerintah. Nah, Salah satu dari sekian banyak provinsi di Pulau Jawa yang menyimpan banyak keindahan alam sebagai surga alam Maha Karya Tuhan adalah Jawa Tengah.

Kendal yang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Tengah menyimpan sejuta keindahan dan pesona alam serta panorama yang sangat menakjubkan. Sehingga masih banyak orang yang terkagum-kagum saat pertama kali melihat keindahan alam Kendal. Kendal punya banyak objek wisata yang tidak kalah kerennya dengan daerah-daerah lain yang bisa kamu eksplor. salah satunya adalah Pantai Karangmalang yang belakangan banyak diperbincangkan di kalangan traveler. Sesuai namanya, Lokasi Pantai Karangmalang Kendal berada di Desa Karangmalang, Wetan, Kangkung, Kabupaten Kendal, Provinsi Jawa Tengah.

Pantai tetap menjadi salah satu destinasi wisata yang paling banyak diminati oleh semua kalangan. Pantai Karangmalang sebagai salah satu wisata pantai yang menawarkan keindahan menakjubkan yang tidak kalah cantik dan anggunnya dari pantai-pantai lainnya. Memang masih banyak yang tidak tahu kalau kecamatan Kangkung, Kendal, memiliki pantai yang cukup bagus yaitu pantai Karangmalang. Tak banyak yang tau memang, karena pantai ini belum banyak dikenal masyarakat luas. Pemerintah setempat sepertinya juga kurang memperhatikan potensi yang dimiliki pantai ini.

Bila anda ingin mengetahui lebih jauh tentang Wisata Pantai Karangmalang Kendal, anda dapat memilih Akses Menuju Pantai Karangmalang melalui Desa Laban atau Desa Karangmalang. Sebagian jalan ini memang sudah bagus, sudah dibeton, namun masih ada beberapa bagian badan jalan yang masih belum. Lebih kurang sekitar satu kilometer lagi jalan menuju ke pantai ini masih dalam bentuk jalan setapak, yang baru bisa dilalui sepeda motor atau jalan kaki. Jadi, jika anda mengendarai mobil, anda bisa memarkir mobil di sekitar lokasi sebelum melalui jalan setapak. Tetapi berhati-hatilah Jika musim hujan tiba, sebab kondisi jalan setapak menuju lokasi Pantai Karangmalang cukup licin dan becek, sehingga sulit untuk dilalui. Kondisi jalan yang demikian menuntut anda untuk ekstra hati-hati saat melalui jalan tersebut. Keselamatan adalah sesuatu yang harus tetap menjadi prioritas anda.

Baca juga:  Tempat Hunting Foto di Garut

Beberapa kegiatan menarik yang bisa anda lakukan di Wisata Pantai Karangmalang ini misal dengan bercengkerama bersama keluarga. Atau bila anda ingin menikmati desiran ombak Pantai Karangmalang saat malam hari, anda bisa mendirikan tenda untuk semalam saja bersama sahabat-sahabat anda. Jangan lupa untuk membawa perbekalan secukupnya dan hindari membuang sampah makanan sembarangan di sekitar lokasi pantai.

Pantai Karangmalang sangat berpotensi sekali untuk bisa dijadikan objek wisata yang lebih dikenal masyarakat. Dengan segala keindahan alami pantai yang dimilikinya tentu pantai karangmalang sangat menarik sekali untuk dikunjungi. Di sekitar bibir pantai yang dipenuhi taburan pasir banyak tumbuh tanaman ketela yang lebih dikenal oleh masyarakat setempat dengan sebutan ketela kisik. Pemberian nama kisik sendiri diklaim karena tumbuhnya di sekitar pantai. Rasa yang dimiliki ketela ini berbeda dengan ketela lainnya.

Keindahan yang dimiliki pantai Karangmalang tentu tidak jauh berbeda dengan keindahan pantai lainnya. Namun, pantai yang masih perawan ini tentu lebih memiliki keindahan yang alami jika dibandingkan dengan keindahan pantai lainnya yang terkadang sudah dijamah dan dirusak oleh tangan-tangan tidak bertanggung jawab manusia. Manusia yang serakah kadang tidak pernah memikirkan kelestarian alamnya, ia hanya memikirkan bagaimana ia mendapatkan keuntungan. Namun, dia lupa dari mana ia akan mendapatkan penghidupan jika alam yang indah ini dirusak.

Itulah seidikit ulasan terkait Wisata Pantai Karangmalang Kendal yang bisa anda jumpai di Jawa Tengah. Pantai Karangmalang belum terlalu booming di masyarakat, namun jika anda seorang petualang yang cinta tanah air, tidak ada salahnya anda yang menjadi salah seorang masyarakat Indonesia yang mengeksplor keindahan pantai ini ke nusantara bahkan dunia. Selain itu, anda bisa memanfaatkan ini untuk mengkampanyekan peduli laut dan lingkungan. Selanjutnya, anda juga bisa menjadi pelopor gerakan laut dan pantai bebas sampah.

Menikmati keindahan alam bukan saja bisa menenangkan fikiran anda. Mengunjungi wisata dan menikmati keanggunan alam ciptaan Tuhan bisa menjadi salah satu cara anda mensyukuri karunia Tuhan. Kebaikan Tuhan yang dititipkan kepada alam ini sebaiknya menyadarkan anda untuk terus menjaga kelestarian alam kita, sebab menyakiti alam berarti mematikan kehidupan anda sendiri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.