Panorama Indah Terumbu Karang Taman Laut Eri, Ambon

Desa Latuhalat sepertinya memang primadona destinasi liburan para wisatawan ketika berada di salah satu kota di Timur Indonesia, yaitu Kota Ambon. Desa yang merupakan bagian dari Kecamatan Nusaniwe ini menyimpan berbagai macam kekayaan alam yang patut dikunjungi untuk anda yang sedang menikmati berlibur. Wisata yang paling banyak ditemui di desa Latuhalat adalah Destinasi Wisata Bahari, setidaknya ada 5 taman laut yang berada mengelilingi desa Latuhalat, salah satu di antara taman laut tersebut adalah Taman Laut Eri yang kini makin banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik wisatawan yang berasal dari Kota Ambon sendiri ataupun wisatawan yang berasal dari luar ambon bahkan luar Indonesia.

Taman Laut Eri telah menjadi salah satu destinasi wisata yang dikenal dengan Tempat Wisata Taman Laut Eri. Pada destinasi wisata alam Ambon ini anda dapat melihat betapa indahnya dan kayanya laut Indonesia, berbagai macam terumbu karang ada di tempat konservasi biota laut yang ada di desa Latuhalat, hanya dengan menempuh perjalanan sejauh 18 KM atau sekitar 30 sampai 45 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor, anda telah dapat menikmati panorama alam yang ditawarkan oleh Tempat Wisata Taman Laut Eri.

Setelah ditetapkan sebagai taman laut, Tempat Wisata Taman Laut Eri dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang harus dijaga dan terus dikembangkan, dengan harapan berbagai macam biota laut yang hidup di dalamnya dapat terus berkembang biak dan terjaga kelestariannya hingga masa mendatang. seperti yang kita ketahui, sebuah daerah laut atau pantai dapat dijadikan sebagai taman wisata laut jika telah memenuhi beberapa persyaratan, di antaranya adalah memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi, adanya kerusakan ekosistem atau terdapat berbagai jenis ikan endemik yang hanya dapat ditemukan di taman laut tersebut, ekosistem yang ada pada wilayah itu belum mengalami kerusakan yang parah sehingga bisa diperbaiki dalam jangka waktu beberapa tahun, dan berbagai macam persyaratan lain harus dipenuhi oleh sebuah destinasi wisata agar bisa dinobatkan sebagai salah satu taman laut yang harus dijaga kelestariannya.

Semua persyaratan ini ternyata dipenuhi oleh Destinasi Wisata Bahari yang ada di desa Latuhalat, Kecamatan Nusaniwe, Ambon. Destinasi Wisata Bahari yang terkenal dengan nama Tempat Wisata Taman Laut Eri, memang menyimpan kekayaan ekosistem laut yang menakjubkan, deretan terumbu karang tumbuh subur dan berkembang biak setelah dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat dan dibantu oleh masyarakat yang hidup di sekitar wilayah itu. Apalagi ketika anda memutuskan untuk menyelam di area Taman Laut Eri, anda akan menyelam dengan ditemani oleh berbagai macam jenis ikan yang hanya akan anda temui di kawasan tersebut.

Baca juga:  Tempat Wisata di Maros 2018 yang Wajib Dikunjungi

Tetapi jika anda memutuskan untuk mengunjungi sebuah daerah konservasi, terutama taman laut, maka anda harus benar-benar mengetahui aturan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan pengelola setempat. di antara aturan yang ditetapkan itu adalah larangan untuk merusak terumbu karang baik secara sengaja ataupun tidak sengaja, oleh karena itu Perhatikan semua perlengkapan yang anda bawa untuk menyelam jangan sampai peralatan anda menyebabkan kerusakan terhadap terumbu karang yang telah dijaga dengan susah payah oleh pengelola setempat. kemudian, anda juga dilarang untuk menangkap ikan yang berenang bebas di daerah tersebut, karena ikan-ikan di sana sedang dalam proses pengembangbiakan agar biota laut lain semakin berkembang dan keindahan dunia laut Indonesia, khususnya yang ada di Tempat Wisata Taman Laut Eri, dapat terjaga dan dinikmati oleh anak cucu anda nanti.

Di samping itu, keberadaan Taman Laut Eri, ternyata memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar, karena perekonomian masyarakat dapat terbantu dengan banyaknya wisatawan yang datang berkunjung untuk menikmati hamparan Pasir Putih serta menyelam di kedalaman laut serta ditemani oleh berbagai macam jenis ikan sambil menikmati indahnya terumbu karang yang sedang tumbuh berkembang di kawasan Tempat Wisata Taman Laut Eri.

Tunggu apa lagi, segera jadikan Tempat Wisata Taman Laut Eri sebagai destinasi wisata liburan anda bersama keluarga atau sahabat tercinta, persiapkan semua perbekalan yang anda butuhkan, dan jika ingin menginap carilah penginapan yang ada di sekitar daerah tersebut. Selamat berlibur dan Menikmati keindahan dunia bawah laut di Tempat Wisata Taman Laut Eri.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.