Panorama Indah Di Perkebunan Teh Malino Sulawesi Selatan

Berbicara mengenai destinasi wisata memang tidak pernah ada habisnya, apalagi ketika kita membicarakan destinasi wisata yang ada di Indonesia, terutama destinasi wisata alam Indonesia yang terkenal sampai ke seluruh dunia dengan keindahannya yang begitu menakjubkan. Setiap daerah di Indonesia memiliki destinasi wisatanya sendiri yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang berkunjung, salah satu kota yang memiliki puluhan destinasi wisata adalah Makassar, sebuah kota besar di Sulawesi Selatan. Kota ini menawarkan banyak sekali wisata andalan, mulai dari pantai, taman laut, wisata sejarah, bahkan berbagai macam destinasi wisata alam yang berada di dataran tinggi, seperti wisata Malino Highland yang tidak jauh dari pusat kota. Malino Highlands terletak di kecamatan tinggimoncong, Kabupaten Gowa, dengan hanya menempuh perjalanan sekitar 80 km ke arah selatan dari Kota Makassar, anda telah memasuki kawasan dataran tinggi Malino Highlands, yang dijadikan sebagai pusat perkebunan teh.

Kawasan ini dikenal sebagai Objek Wisata Kebun Teh Malino, untuk memasuki Objek Wisata Kebun Teh Malino, anda harus membayar retribusi sebesar Rp 50.000 untuk dewasa dan Rp 25.000 untuk anak-anak. Setelah membayar biaya retribusi, anda akan diberikan kebebasan untuk menikmati keelokan pesona kebun teh yang terhampar luas dengan warna hijau yang menyelimuti daerah perbukitan tersebut, selain itu anda juga akan dimanjakan dengan sejuknya udara sekitar yang di hiasi dengan aroma daun teh yang menyegarkan, Objek Wisata Kebun Teh Malino berada di ketinggian 1200 di atas permukaan laut yang memiliki luas hingga 200 hektar. Objek Wisata Kebun Teh Malino banyak dipilih oleh para pengunjung sebagai spot untuk mengambil foto-foto keren.

Awalnya, sebelum terkenal sebagai Objek Wisata Kebun Teh Malino, kawasan ini merupakan lahan yang digunakan untuk perkebunan teh seluas 900 hektar, melihat panorama indah yang ditawarkan oleh perkebunan teh tersebut, akhirnya kawasan itu disulap menjadi lokasi wisata yang dapat menarik banyak pengunjung. Selama menempuh perjalanan sekitar 2 jam dari ibukota Sulawesi Selatan yaitu Makassar, anda tidak perlu takut merasa bosan, karena sepanjang perjalanan anda akan dimanjakan oleh pemandangan dari jajaran pohon pinus yang terbentang di antara bukit dan lembah, tetapi untuk mengunjungi Objek Wisata Kebun Teh Malino anda harus benar-benar memperkirakan kondisi cuaca di kawasan tersebut, karena jika sedang hujan, suhu di Objek Wisata Kebun Teh Malino bisa mencapai 10 derajat celcius dan  diselimuti kabut tebal.

Baca juga:  4 Objek Wisata Kuliner Batam 2018 yang Wajib Anda Kunjungi

Sebagai sebuah objek wisata, para pengembang yang bertanggung jawab terhadap Objek Wisata Kebun Teh Malino juga menyediakan Cafe yang berada di Puncak Objek Wisata Kebun Teh Malino. Cafe ini menggunakan arsitektur Jepang dengan adanya suguhan teh yang berasal dari alam, bahkan di cafe ini, para pelayan juga menggunakan kostum ala Negeri Sakura. Ketika menikmati suguhan teh hangat yang disediakan oleh pelayan, anda akan dibuat terpukau dengan indahnya pemandangan hijau yang yang ditawarkan oleh Objek Wisata Kebun Teh Malino.

Teh yang disajikan oleh cafe di puncak Objek Wisata Kebun Teh Malino ini ada dua varian, yaitu Green Tea dan black tea, kedua teh tersebut dipercaya memiliki khasiat yang tinggi untuk kesehatan, apalagi teh itu berasal dari perkebunan yang ada di daerah tersebut dan diolah langsung tanpa bahan pengawet. Selain itu, anda juga bisa menikmati berbagai macam kuliner yang disediakan oleh cafe berarsitektur Jepang ini, seperti Malino green tea. Supaya pengunjung tidak bosan selama menikmati indahnya pemandangan Objek Wisata Kebun Teh Malino, para pengembang wisata di daerah tersebut juga menyediakan beberapa wahana yang bisa dinikmati oleh wisatawan, seperti paralayang, menunggang kuda, bungee jumping, trampolin, Cross country running, bersepeda, mengikuti Festival layang-layang, dan berbagai macam kegiatan lain yang bisa membuat anda betah berlama-lama di Objek Wisata Kebun Teh Malino, Sulawesi Selatan.

Selanjutnya, dengan berjalan kaki sekitar 600- 800 meter dari obyek wisata kebun teh malino, anda juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Takapala yang berada di sela-sela bukit dan rimbunnya pepohonan di hutan dengan aliran air yang cukup deras. Tidak tanggung-tanggung, Air Terjun Takapala memiliki ketinggian 100 m sehingga anda akan kesulitan melihat puncak dari air terjun tersebut karena tutupi kabut, jika sedang beruntung anda bisa menyaksikan indahnya pelangi di kawasan air terjun ini. Penasaran bukan untuk mengunjungi Objek Wisata Kebun Teh Malino ditambah dengan air terjun takapala?. Tunggu apa lagi, segera siapkan berbagai kebutuhan liburan anda dan berliburlah ke daerah Objek Wisata Kebun Teh Malino bersama keluarga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.