Nikmati Keindahan Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Bukittinggi memang jadi salah satu kota tujuan wisata ketika berada di Sumatera Barat. Potensi wisata alamnya selalu jadi daya tarik wisatawan lokal maupun asing. Tetapi saat ini pemerintah kota Sumbar semakin berbenah dan menggali berbagai potensi wisata baru. Bila tahun 2013 lalu resmi dibukanya great wall of Koto Gadang, pada tahun 2015 ini pemerintah juga resmi membuka taman ngarai Maaram Bukittinggi. Taman ini berbeda dengan taman lainnya, dimana taman ini sangat mempesona. Apa saja keunikan dan daya tarik yang dimiliki taman tersebut? Sebelum kesana, simak dulu lebih lengkapnya disini.

Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Sumber: sumbartraveller.blogspot.com

Keindahan Taman Ngarai Maaram

Taman ini mengusung konsep RTH atau Ruang Terbuka Hijau yang terletak tepat dibelakang RSUD Dr. Achmad Mochtar Bukittinggi. Nama taman ini sendiri diambil dari kondisi taman. Ngarai mempunyai arti jurang membentang, memisahkan dua dataran akibat pergerakan bumi. Sedangkan kata Maaram artinya runtuh atau longsor secara bersamaan dalam waktu singkat. Tanah akibat longsoran inilah yang dinamakan Tanah Maaram.

Dapat disimpulkan bahwa nama taman ini diakibatkan runtuhnya kondisi permukaan tanah yang berasal dari Ngarai. Luas wisata terbaru di Sumatera Barat ini kurang lebih 1 hektar dengan beragam keindahan dan fasilitas. Daya tarik pertama dapat dilihat dari jalanan setapak mengelilingi taman. Pengunjung lebih nyaman berkeliling taman nantinya. Ditambah pula banyaknya fasilitas bermain anak, seperti ayunan, jungkat-jungkit, perosotan dan banyak lagi.

Mengajak serta anak-anak ke taman ini jadi pilihan tepat. Pentas terbuka juga terdapat disini. Jelas memudahkan kita yang ingin mengadakan acara outdoor. Puncak daya tarik taman ini adalah keberadaan titian selfie. Jembatan ini didesain menarik dan aman, mengingat lokasi jembatan yang berada diketinggian. Titian ini terbuat dari rangka besi kuat dengan papan sebagai alasnya.

Baca juga:  Objek Wisata Malam di Batam yang Sedang Hits di Tahun 2018

Karena titian ini berada tepat di bibir ngarai, maka pemandangan langsung ngarai Sianok jadi pesona dan daya tarik berbeda. sangat sayang bila kita tidak mengabadikan foto atau berselfie di jembatan indah tersebut. Berselfie dengan latar belakang Ngarai Sianok pasti membuat hasil foto lebih keren dan kekinian.

Lokasi Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Sudah terbayang bukan keindahan dan keseruan berwisata ke taman Ngarai Maaram ini? Lokasi taman sendiri sangat strategis. Berada di jalan Setia Budi, Kayu Kubu, Guguk Panjang, Bukittinggi, Sumatera Barat. Taman ini sudah buka dari jam 7 pagi. Nah kalian yang ingin jogging atau jalan-jalan pagi, taman Ngarai Maaram dapat jadi pilihan tepat. Lantas berapakah tiket masuk tempat wisata menarik ini? ternyata masuk taman tidak dipungut biaya apapun alias gratis.

Sangat pas sebagai solusi tempat liburan murah di Bukittinggi bukan? Hanya saja bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi roda dua dikenakan biaya parkir 2 ribu. Sedangkan kendaraan roda empat 5 ribu.

Tips Liburan Ke Taman Ngarai Maaram

Sebelum liburan, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.

–      Lokasi taman yang luas, mengharuskan kalian mempunyai stamina prima sebelum menjelajah taman tersebut.

–      Ketika ingin berlama-lama disini, sebaiknya membawa tikar atau alas duduk sendiri. hanya untuk berjaga-jaga saja. memang ada tempat bersantai baik yang beratap atau tidak, tapi sebagai jaga-jaga saat lokasi ramai. Dan pengunjungnya bukan hanya manusia.

–      Saat berselfi atau membawa makanan maupun minuman harap berhati-hati. Karena banyak monyet berkeliaran disekitar ngarai.

Masalah fasilitas terdapat toilet dan dekat dengan masjid. Tapi masjidnya hanya buka ketika waktu-waktu shalat saja. Liburan semakin lengkap dan nyaman bukan? Sangat wajib berkunjung ke taman Ngarai Maaram Bukittinggi ini ketika berada di Sumatera Barat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.