Museum Terbaik di Indonesia

Indonesia Negara yang Kaya

Selain terkenal dengan kekayaan alamnya dari Sabang sampai Merauke, Indonesia juga dikenal sebagai negara yang kaya akan budaya dengan berbagai suku dan bahasa. Negara Indonesia memiliki sejarah yang panjang hingga akhirnya menjadi negara yang merdeka. Kekayaan sejarah bangsa ini juga terangkum apik di dalam museum-museum yang menyimpan bukti-bukti sejarah. Hampir di setiap kota-kota besar memiliki museum dengan ciri khas dan nilai sejarah yang tinggi. Sebagai rakyat yang baik tentu tidak ingin nilai sejarah yang berharga tersebut hilang begitu saja, sehingga penting bagi kita untuk terus mempertahankan nilai sejarah tersebut dengan mempelajarinya. Jika merasa malas membaca buku-buku sejarah, maka berkunjung ke museum-museum bisa menjadi solusi untuk mempelajari sejarah bangsa ini.

Museum-Museum Terbaik di Indonesia

Selain untuk belajar sejarah, museum juga menjadi tempat yang tepat bagi para pejalan yang ingin mengenal kota yang mereka kunjungi. Berikut ini beberapa museum terbaik di Indonesia yang menyimpan nilai sejarah yang tinggi dan wajib untuk dikunjungi:

  1. Museum Pasifika

Museum Pasifika terletak di Pulau Bali dan menyimpan berbagai koleksi terkait dengan suku-suku yang ada di Asia Pasifik. Terdapat 11 paviliun yang harus kita kunjungi jika kita ingin mengetahui secara lengkap apa yang terdapat di dalam museum ini.

  1. Museum Seni Neka

Masih terdapat di Bali, di Ubud kita bisa menemukan Museum Seni Neka yang tercatat sebagai museum terbaik di Indonesia dengan berbagai macam koleksi lukisan yang dimiliki. Museum ini dibangun berkat jasa Suteja Neka yang mengumpulkan lukisan-lukisan tentang Bali. Museum ini cukup unik dan menggambarkan bagaimana Bali dalam bentuk luksisan serta rumah khas Bali yang menaunginya.

  1. Museum Konferensi Asia Afrika

Sesuai dengan namanya, museum ini dulunya merupakan tempat Konferensi Asia Afrika berlangsung. Museum ini berlokasi di Bandung dan berdampingan dengan Gedung Merdeka. Museum yang telah dibuka sejak 25 tahun tersebut akan mengajak kita untuk menyaksikan peristiwa-peristiwa sejarah yang terjadi ketika Konferensi Asia Afrika berlangssung.

  1. Museum House of Sampoerna
Baca juga:  7 Hal Unik Tentang Kota Kelelawar Di Sulawesi Selatan

Jika berlibur ke Surabaya jangan lupa untuk menyempatkan mampir di House of Sampoerna. Museum ini nampak begitu megah dengan fasilitas-fasilitas yang memadai sehingga tak heran jika museum ini masuk ke dalam daftar museum terbaik di Indonesia. Di museum ini kita akan belajar mengenai perjalanan sejarah rokok kretek dengan merek Sampoerna sekligus mengetahui kehidupan pribadi pendirinya yaitu Liem Seeng Tee.

  1. Museum Bank Indonesia

Jika ingin belajar tentang sejarah keuangan, maka Museum Bank Indonesia yang terletak di Jakarta adalah tempat yang tepat. Kita akan mendapatkan beragam informasi terkait sejarah uang, macam-macam uang lengkap dengan alat peraganya. Terdapat pula permainan-permainan yang mendidik dan cocok untuk anak-anak.

  1. Museum Ullen Sentalu

Kota yang terkenal sebagai kota pelajar dan kota wisata ini juga kaya akan museum. Salah satu museum terbaik yang berada di Yogyakarta adalah Museum Ullen Sentalu. Kita akan disuguhkan berbagai informasi yang lengkap dan menarik mengenai sejarah Kota Yogyakarta serta adat istiadat Jawa. Meseum ini sangat menarik untuk dikunjungi dan kita dilarang keras untuk memotret apa yang ada di dalam museum ini.

  1. Museum Affandi

Siapa yang tak kenal Affandi yang merupakan seorang maestro di bidang lukisan. Di museum ini kita akan melihat berbagai macam lukisan koleksi Affandi untuk melihat koleksi karya pelukis yang pernah berkarya hingga ke luar negeri tersebut. Museum ini sangat nyaman untuk dikunjungi karena terdapat pepohonan yang rindang dan sejuk di sekitarnya.

‘Jas Merah’, Jangan Lupakan Sejarah! Sebagai salah satu bentuk kontribusi kita untuk tetap mendukung dan mempertahankan nilai-nilai sejarah yang ada bisa dengan mengunjung museum terbaik di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.