Monumen Martha Christina Tiahahu, Objek Wisata Sejarah Maluku yang Menakjubkan

Tak terhitung jumlahnya pahlawan Indonesia yang berjuang begitu keras merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan penjajah, mulai dari Sabang hingga Merauke mereka bersatu padu menembus pertahanan dan melawan setiap serangan yang dilancarkan oleh penjajah yang berambisi untuk menguasai negara tercinta kita Indonesia. Hebatnya perjuangan yang dilakukan oleh para penjuang, mengakibatkan banyak di antara para pejuang itu yang dijadikan sebagai ikon sebuah daerah, salah satunya adalah Martha Tiahahu, seorang pejuang wanita dari Maluku.

Nama aslinya adalah Martha Christina Tiahahu seorang perempuan yang lahir pada tahun 1851 Pulau Nusalaut, Maluku Tengah. Ia adalah seorang perempuan yang memiliki kemauan keras dan sangat pemberani, sejak kecil hingga remaja, Martha Christina Tiahahu tak pernah absen mengikuti kegiatan ayahnya Paulus Tiahahu, seperti mengikuti rapat perencanaan perang, karena ternyata ayah dari Martha Christina Tiahahu adalah seorang pejuang Maluku. Dari sang ayah inilah darah pejuang mengalir deras ke dalam tubuh dan jiwa Martha Christina Tiahahu.

Pahlawan wanita Maluku, Martha Tiahahu ini terus berjuang walaupun telah ditangkap dan diasingkan ke pulau Jawa oleh para penjajah Belanda, tanpa ada rasa takut, ia terus bergerilya bersama para pejuang hingga akhirnya pada suatu waktu ketika ia ditangkap oleh penjajah Belanda, Martha melakukan aksi mogok makan hingga jatuh sakit, perjuangan yang tiada henti ditambah dengan kondisi tubuh yang sudah tidak prima lagi menyebabkan pejuang wanita Maluku ini menghembuskan nafas terakhir pada tahun 1818 di atas kapal perang Eversten milik Belanda.

Perjuangan yang diperlihatkan oleh Martha Tiahahu ternyata menjadi inspirasi oleh banyak wanita Indonesia, hingga akhirnya Indonesia meraih kemerdekaan pada tahun 1945. Untuk mengenang jasa dari pejuang wanita Maluku, Martha Christina Tiahahu, maka pada tahun 1969 pemerintah Indonesia memberikan gelar kepada Martha Tiahahu sebagai pahlawan nasional berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia pada tanggal 20 Mei 1969, ia dijuluki sebagai mutiara dari timur dan pemerintah mendirikan sebuah monumen dari perunggu yang menjulang hingga 26 kaki di daerah Karang Panjang Ambon. lokasi didirikannya monumen ini telah menjadi sebuah Objek Wisata Maluku yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Tempat Wisata Monumen Patung Martha Christina Tiahahu, berada di daerah dataran tinggi yang dapat ditempuh sekitar 10 menit dari pusat Kota Ambon, Tempat Wisata Monumen Patung Martha Christina Tiahahu sengaja dibangun di pusat Kota Ambon yang bersebelahan dengan kantor DPRD Provinsi Maluku, tepat berada di depan rumah dinas wakil Gubernur Maluku. Patung Martha Christina Tiahahu dibangun dengan menghadap ke Laut Banda untuk mengenang jasanya yang gigih dan tak pernah menyerah untuk berjuang melawan penjajah Belanda. Monumen ini seperti mengisyaratkan “Jangan pernah berani kalian (Para Penjajah) menginjakkan kaki ke Tanah Airku tercinta, Indonesia”.

Baca juga:  5 Tempat Hunting Di Bali Terbaik Yang Wajib Dikunjungi

Sebagai sebuah Objek Wisata Maluku Terbaik yang banyak didatangi oleh pengunjung, tentu anda tidak ingin melewatkan momen ketika berada di Tempat Wisata Monumen Patung Martha Christina Tiahahu ini, di Objek Wisata Maluku tersebut anda dapat mengambil foto dari berbagai spot yang berbeda, selain menjadikan patung Martha Christina Tiahahu sebagai background dari foto yang anda abadikan, di lokasi ini anda juga dapat melihat kota Ambon dengan jelas, apalagi pada malam hari akan terlihat keindahan kota yang dihiasi oleh cahaya lampu kota Ambon.

Tempat Wisata Monumen Patung Martha Christina Tiahahu adalah salah satu Objek Wisata Maluku yang begitu digemari oleh para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara, bahkan ada turis menyebut lokasi ini sebagai Rio de Janeironya Indonesia, karena keindahan lokasi penempatan Monumen Patung Martha Tiahahu yang begitu strategis. Nah, tunggu apalagi, kita sebagai masyarakat Indonesia tentu tidak ingin kalah dari para turis mancanegara yang telah menikmati keindahan Kota Ambon dari lokasi berdirinya Monumen Patung Martha Christina tiahahu, sempatkan waktu anda ketika berada di Kota Ambon untuk mengunjungi monumen bersejarah ini, selain dapat mengenang serta mengambil hikmah dari perjalanan para pejuang masa lalu, anda juga dapat menikmati keindahan Kota Ambon dari dataran tinggi yang akan memanjakan mata setiap pengunjung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.