Menyusuri Habitat Asli Kera Langka, Kera Macaca Maura

Surganya destinasi wisata adalah salah satu nama yang dinobatkan untuk negara tercinta kita Indonesia, seluruh provinsi yang berada dibawah naungan bendera Republik Indonesia adalah provinsi yang menyimpan jutaan keindahan alam yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, tidak hanya wisatawan yang berasal dari Indonesia sendiri, bahkan wisatawan yang jauh berada di luar negeri sana juga sering menyempatkan waktu mereka untuk melihat betapa indahnya Negara kita Indonesia. Berada di iklim tropis, menjadikan Indonesia kaya akan pegunungan, hutan, bukit, bahkan laut dengan pantainya yang tak bisa dibayangkan keindahannya, tetapi di antara semua destinasi wisata tersebut, terdapat salah satu wisata yang harus anda kunjungi sebagai pecinta flora dan fauna endemik Indonesia, yaitu Wisata Cagar Alam Karaenta yang ada di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Objek Wisata Cagar Alam Karaenta merupakan sebuah hutan yang dilindungi karena banyaknya spesies flora dan fauna yang tumbuh berkembang dengan subur di hutan tersebut. Flora dan fauna yang berkembang di Objek Wisata Cagar Alam Karaenta banyak digunakan untuk penelitian ilmiah, karena memang terdapat banyak sekali flora dan fauna langka di hutan tersebut, selain itu Objek Wisata Cagar Alam Karaenta juga dimanfaatkan untuk mempertahankan cadangan air bawah tanah daerah sekitarnya.

Destinasi Wisata Cagar Alam ini sangat bagus untuk para pecinta flora dan fauna, di Objek Wisata Cagar Alam Karaenta anda akan berinteraksi langsung dengan Kera Macaca Maura yang merupakan jenis kera langka yang hanya ada di Objek Wisata Cagar Alam Karaenta, Sulawesi Selatan. Jenis ini telah ditetapkan sebagai salah hewan yang harus dilindungi karena jumlahnya yang semakin sedikit dan hampir punah. Kera ini memiliki ciri-ciri berwarna hitam dan tidak memiliki ekor, karena termasuk jenis satwa yang dilindungi, kera ini tergolong sebagai kera liar yang ketika mendengar sedikit suara yang berbeda dari biasanya, akan lari bersembunyi di dalam hutan. Sebab itulah, banyak sekali pengunjung yang kecewa karena tidak bisa berinteraksi langsung dengan kera langka tersebut. Tetapi jika anda benar-benar ingin melihat dengan mata kepala sendiri satwa langka ini, mintalah bantuan pawang atau polisi hutan yang disebut dengan jagawana, karena mereka bisa memanggil Kera Macaca Maura yang bernama Haro dengan beberapa trik khusus.

Baca juga:  Menikmati Pesona Eksotisme Pulau Kayangan di Makassar

Selain menyaksikan kera langka yang hidup di habitat Cagar Alam Karaenta, anda juga bisa menikmati kesegaran dan sejuknya udara di Objek Wisata Cagar Alam Karaenta tersebut. Karena cagar alam ini termasuk salah satu cagar alam yang dilindungi dan tidak banyak manusia yang bisa menjamahnya, banyak tumbuhan yang ada di Objek Wisata Cagar Alam Karaenta tumbuh subur dan menjulang tinggi, sehingga walaupun kita berada di sana pada siang hari, suasana yang akan mengiringi perjalanan anda seperti ketika anda berjalan di hutan pada malam hari, hal ini disebabkan oleh rimbunnya pepohonan yang ada di hutan tersebut.

Setelah puas mengelilingi hutan dan melihat kera langka Indonesia, anda dapat menyusuri sebuah goa yang memiliki panjang hingga 2200 meter, di dalam gaa tersebut anda akan menemukan berbagai macam jenis lumut yang menjadikan Objek Wisata Cagar Alam Karaenta semakin eksotis dan menimbulkan rasa nyaman serta tenang pada setiap pengunjung. Agar bisa masuk ke Objek Wisata Cagar Alam Karaenta ini anda harus pergi ke pusat Kota Maros terlebih dahulu, lalu melanjutkan perjalanan selama lebih kurang satu jam melewati kecamatan Cenrana kabupaten Maros, jangan malu bertanya jika anda tidak mengetahui jalan menuju lokasi tersebut, karena daerah yang masih asri ini akan membuat anda bingung dan sulit menemukan Objek Wisata Cagar Alam Karaenta.

Mengunjungi Objek Wisata Cagar Alam Karaenta sangat baik bagi anda yang selama ini tinggal di perkotaan yang dikelilingi oleh hiruk-pikuk dan kebisingan Ibukota yang tidak pernah berhenti. Berada seharian di Objek Wisata Cagar Alam Karaenta akan menimbulkan sensasi ketenangan yang membuat stress andamenurun secara drastis, apalagi jika anda pergi ke objek wisata tersebut bersama dengan sahabat-sahabat anda sehingga perjalanan akan semakin menyenangkan. Tetapi ketika anda memilih mengunjungi destinasi wisata alam ini, jangan pernah meninggalkan sampah yang anda bawa di lokasi hutan, karena hal tersebut akan merusak keindahan serta keaslian hutan yang telah dilindungi ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.