Menyusuri Dunia Bawah Tanah Salukang Karang Yang Menakjubkan

Keindahan destinasi wisata alam Indonesia memang tidak perlu diragukan lagi, mulai dari deretan pulau yang menakjubkan dengan hamparan pantai yang indah, diikuti oleh deretan pegunungan serta perbukitan yang akan membuat setiap orang takjub panorama yang ditawarkan, serta tidak ketinggalan hutan yang menghampar luas di seluruh kawasan Indonesia. Tidak hanya keindahan yang dapat dilihat secara langsung, untuk anda yang memiliki jiwa petualang, pasti anda ingin menyusuri dunia bawah laut ataupun alam bawah tanah yang juga akan membuat anda terpesona dengan berbagai macam keindahan yang ia tawarkan.

Mungkin dunia bawah laut sudah sering anda lihat ketika mengunjungi pantai yang ada di daerah anda, tapi bagaimana dengan alam bawah tanah yang juga menawarkan sensasi yang tidak bisa anda lupakan, alam bawah tanah ini sering disebut dengan goa, di Indonesia terdapat banyak goa yang tersebar di seluruh pelosok negeri, tapi salah satu yang terkenal adalah goa yang ada di Provinsi Sulawesi Selatan, tepatnya di Kabupaten Maros yaitu di desa Labuaja. goa ini disebut-sebut sebagai salah satu goa terindah di Indonesia yang juga dikenal dengan sebutan surga alam bawah tanah.

goa ini bernama Goa Salukang Karang, Wisata Salukang Karang terletak di Jalan Poros antara kabupaten Maros dan Kabupaten Bone, anda harus menempuh perjalanan sejauh 25 km dari kota Maros untuk mencapai lokasi ini, perjalanan dapat anda tempuh selama satu setengah jam, dan dari pinggir jalan utama anda harus menyusuri perjalanan selanjutnya sekitar 800 meter hingga mencapai mulut goa. Kedalaman goa ini diperkirakan mencapai 26 km yang berbentuk horizontal dan vertikal. Wisata Salukang Karang berasal dari hasil bentukan batuan karst yang ada di kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Para wisatawan harus menuruni mulut goa sedalam 8 meter dengan menggunakan peralatan caving untuk menjaga keselamatan diri para wisatawan atau cara turun ke mulut goa ini sering juga disebut dengan Rappeling atau turun dengan menggunakan tali. Jika anda belum terbiasa menggunakan alat ini, sebaiknya anda datang ke Wisata Salukang Karang dengan membawa tour guide agar perjalanan anda tidak terlalu menegangkan dan aman dari berbagai macam mara bahaya yang mengintai.

Baca juga:  7 Destinasi Wisata Romantis di Medan

Ketika berada di dalam goa, anda akan disuguhkan dengan berbagai macam ornamen yang begitu indah, seperti stalaktit, stalakmit, mount milk, pilar, mutiara goa hingga gorden. Keindahan panorama Wisata Salukang Karang semakin menakjubkan karena dialirinya Goa Salukang Karang dengan aliran sungai yang jernih yang juga dihuni oleh berbagai macam binatang endemik, seperti ikan buta yang hanya akan anda temui di goa ini. Ikan Buta adalah salah satu jenis ikan yang bisa beradaptasi dan berevolusi menyesuaikan kondisi lingkungannya, bentuk ikan buta ini begitu menarik dengan mulut yang memanjang dan mata yang perlahan-lahan menghilang, bahkan terkadang bagian badan dari ikan buta itu akan terlihat sangat putih sehingga aliran darah yang mengalir pada tubuh ikan akan terlihat dengan jelas.

Panorama Wisata Salukang Karang ini mampu menghipnotis para wisatawan yang ingin berpetualang dengan menelusuri Wisata Salukang Karang bersama rombongan. Termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung, menjadikan Wisata Salukang Karang sebagai salah satu objek wisata yang dilindungi pemerintah, apalagi goa ini menyimpan begitu banyak keindahan yang jika dirusak oleh tangan-tangan jahil akan membuat surga bawah tanah Sulawesi Selatan tidak lagi dikunjungi oleh para wisatawan. Untuk membantu pemerintah melindungi kelestarian Objek Wisata Salukang Karang ini, masyarakat yang ada di sekitar Goa ikut bekerja sama membantu menjaga kelestarian Wisata Salukang Karang dengan membentuk beberapa kelompok yang akan berbagi tugas agar Wisata Salukang Karang tetap dapat dinikmati keindahannya sampai kapanpun.

Jika anda memiliki jiwa petualang dan merasa bosan dengan berbagai destinasi yang telah sering anda kunjungi sebelumnya, menjadikan Wisata Salukang Karang sebagai destinasi wisata alam selanjutnya adalah pilihan yang sangat tepat, selain karena akan menguji adrenalin anda, sensasi yang anda rasakan selama berada di Wisata Salukang Karang juga tidak akan terlupakan, terutama ketika anda disuguhkan dengan berbagai keindahan alam yang tercipta dengan sendirinya tanpa bantuan tangan manusia. Oleh sebab itu, segera rencanakan liburan anda menuju Wisata Salukang Karang bersama rombongan, karena perjalanan ini akan semakin menyenangkan jika ditemani oleh orang-orang terdekat anda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.