Menjadi Saksi Keindahan Gua Hukurila yang Tersembunyi

Semua daerah, baik kabupaten ataupun kota yang ada di Indonesia memiliki destinasi wisata unggulan yang menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Begitupun dengan provinsi Maluku, sebuah provinsi yang ada di wilayah Timur Indonesia ini mempunyai potensi pariwisata yang diunggulkan, yaitu wisata bahari. Setidaknya ada 36 titik Wisata Bahari Maluku yang bisa menjadi alternatif liburan anda bersama keluarga. Memang, selama ini Maluku terkenal dengan keindahan laut dan pantainya yang bisa membuat setiap wisatawan yang datang berkunjung terpesona dengan Mahakarya Tuhan yang dilukis di seluruh pesisir Maluku, apalagi Maluku adalah provinsi yang berhadapan langsung dengan Laut Banda, sebuah laut terdalam yang ada di Indonesia.

Setiap pantai yang ada di Maluku, khususnya di Kota Ambon memiliki ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan pantai-pantai lain, pantai ini dinamakan dengan Pantai Hukurila. Pantai Hukurilah adalah sebuah Destinasi Wisata Bahari Maluku yang berada tepat di wilayah Selatan Maluku. Masih sedikit wisatawan yang mengetahui keberadaan Pantai Hukurila walaupun jarak antara Pantai Hukurila dengan kota Ambon hanya sekitar 15 km saja. Walaupun tidak seterkenal Pantai Pintu Kota, namun keindahan dari Pantai Hukurila tidak perlu diragukan lagi, apalagi jika berbicara mengenai keindahan dunia bawah lain yang disembunyikan oleh Pantai Hukurila.

Destinasi Wisata Bahari Ambon yang terletak di Desa Hukurila, Kecamatan Leitimur Selatan memiliki sebuah gua yang berada di bawah laut, yang juga dikenal dengan sebutan Gua Hukurila. Tempat Wisata Gua Hukurila mendiami kawasan bawah laut Pantai Hukurila ini berhubungan langsung dengan laut Banda, Tempat Wisata Gua Hukurila adalah surga bagi para pecinta diving, karena sensasi yang ditawarkan oleh gua ini sangatlah menyenangkan dan pantai dikatakan sebagai spot diving terbaik yang ada di Ambon. Di Tempat Wisata Gua Hukurila terdapat berbagai jenis terumbu karang yang bisa anda nikmati keindahannya saat menyusru Gua Hukurila bersama sahabat anda yang juga pecinta olahraga diving. Terumbu karang yang berwarna warni tersebut juga menjadi rumah untuk beberapa spesies ikan, sehingga kesunyian yang anda rasakan saat pertama kali menceburkan diri ke perairan Pantai Hukurila akan langsung hilang dengan hadirnya beragam jenis ikan yang tetap merenang bebas walaupun anda telah berada didekatnya.

Baca juga:  Indahnya Padang Rumput Pink di Dunia

Tetapi, keindahan tersebut baru bisa anda nikmati ketika telah berada di kedalaman 20 meter di bawah permukaan laut, karena terumbu karang yang menawan dan gerombolan berbagai spesies ikan ternyata lebih menyukai berkumpul di bagian tengah Tempat Wisata Gua Hukurila. Selama menyusuri Gua Hukurila, anda jangan khawatir akan tersesat di Destinasi Wisata Bawah Laut Ambon tersebut, karena terdapat sebuah lubang besar dan dua lubang kecil yang bisa anda manfaatkan sebagai jalan keluar setelah puas berkeliling di Gua Hukurila, sebuah surga bawah laut yang disembunyikan oleh lautan Pantai Hukurila dari khalayak ramai. Seolah-olah gua ini hanya diperuntukkan untuk mereka yang sangat mencintai dunia bawah laut, terutama bagi mereka yang menyukai olahraga menyelam.

Memang, di Tempat Wisata Gua Hukurila terdapat banyak sekali jenis terumbu karang, namun yang paling banyak anda temui adalah terumbu karang jenis Acropora, yang hidup mulai dari kedalaman 3 meter hingga 15 meter. Sedangkan untuk spesies ikan yang banyak berkembang di perairan Pantai Hukurila ini, didominasi oleh ikan jenis Lions Fish (spesies ikan yang menjadi daya tarik utama wisatawan saat menyelam di laut Pantai Hukurila), juga ada ikan badut atau yang lebih dikenal oleh masyarakat luas dengan sebutan ikan nemo. Selain itu, anda akan dibuat takjub dengan deretan soft coral yang akan menemani pengalaman menyelam anda di Tempat Wisata Gua Hukurila. Melihat besarnya potensi pariwisata yang dimiliki oleh Tempat Wisata Pantai Hukurila, akan sangat sayang sekali jika Destinasi Wisata Bahari Ambon ini tidak dirawat dengan baik oleh pihak terkait dan maysarakat sekitar. Padahal jika telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dibutuhkan oleh wisatawan, tentu Pantai Hukurila dengan pesona Gua Bawah Lautnya akan mampu menarik wisawatan untuk datang berkunjung menikmati keindahan alam Ambon dari sudut yang berbeda.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.