Menikmati Pesona Eksotisme Pulau Kayangan di Makassar

Sulawesi Selatan seakan tak ada habisnya tempat untuk dieksplorasi saat liburan tiba. Banyak spot yang tak banyak orang tau, hanya segelintir saja. Rata-rata destinasi wisata yang tak banyak orang tau tersebut memang tidak dimunculkan ke permukaan, ada pula yang memang kurang diminati. Namun terlepas dari itu, pesona wisata di Makassar patut dijelajahi hingga ke pelosok.

Adalah Pulau Kayangan yang merupakan sebuah pulau kecil yang terkenal karena keindahan pantainya, dengan hamparan pasir putih di sepanjang bibir pantai. Pulau ini berbentuk bulat, dan letaknya cukup dekat dengan Kota Makassar, dengan jarak sekitar 3 km.

Tidak ada rumah penduduk di Pulau Kayangan, yang ada hanya resort yang dikelola oleh swasta. Adapun Fasilitas Pulau Kayangan cukup lengkap, seperti: dermaga penyebrangan khusus, restoran, penginapan, panggung hiburan, area bermain khusus anak-anak, anjungan tempat memancing, gedung serba guna, sarana olahraga, dan kolam renang. Di bagian lain, juga terdapat beberapa aquarium yang berisi berbagai macam ikan hias air laut.

Pengunjung dapat berenang di kolam renang dengan menikmati pemandangan Pantai Losari di satu sisi dan laut lepas di sisi lainnya. Pastilah menyenangkan sekali rasanya dapat berenang di sebuah pulau kecil di tengah lautan luas.

Di tempat ini juga disediakan jasa penyewaan alat perlengkapan menyelam dengan harga yang relatif terjangkau. Hal ini memudahkan pengunjung yang menyukai diving atau menyelam, agar tidak usah repot-repot membawa alat perlengkapan menyelam sendiri.

Pulau Kayangan menawarkan beberapa keindahan, seperti: di bagian pesisir barat Pulau Kayangan terhampar laut lepas, warna birunya dapat menenangkan hati yang galau. Sunset di sore hari juga merupakan pemandangan yang sayang untuk dilewatkan. sementara di sebelah timur akan berhadapan langsung dengan Pelabuhan Makassar. Pengunjung dapat menyaksikan aktifitas kapal yang hilir mudik sedang mengantarkan penumpang.

Akses menuju Pulau Kayangan sangatlah mudah. Dari pusat Kota Makassar menuju ke tempat wisata bersejarah Benteng Fort Rotterdam, Benteng ini letaknya masih satu kawasan dengan Pantai Losari. Butuh waktu sekitar 15 menit berlayar dari dermaga penyebrangan khusus Pulau Kayangan menggunakan perahu motor. Adapun Harga Tiket Pulau Kayangan tidaklah mahal, hanya dengan membayar sekitar Rp. 40.000,- pengunjung akan diantar dan dijemput kembali dengan perahu motor sesuai dengan jadwal yang sudah tertera di tiket.

Baca juga:  10 Rekomendasi Tempat Wisata Anak Di Bogor

Pulau Kayangan sudah memancarkan pesona cantiknya dari kejauhan, sehingga anda ingin melaju lebih kencang lagi agar segera sampai ke lokasi. Sambil menikmati perjalanan 15 menit yang terasa lama, pengunjung dapat menyaksikan keindahan Kota Makassar dari tengah laut. Belum lagi keindahan bebatuan karang yang nampak jelas karena kejernihan air laut di sekitar Pulau Khayangan.

Setelah tiba di dermaga, pengunjung akan disuguhkan pasir pantainya yang putih, deburan ombak serta hembusan angin laut. Bermain air di tepi pantai merupakan kegiatan favorit kebanyakan pengunjung. Jika merasa lelah, pengunjung dapat beristirahat di penginapan. Ada baiknya pengunjung sudah memesan kamar terlebih dahulu sebelum berkunjung ke Pulau Kayangan. Harga Penginapan Di Pulau Kayangan berkisar antara Rp. 100.000-300.000. Untuk Nomer Telepon Pulau Kayangan yang bisa dihubungi adalah (0411) 315752.

Untuk urusan perut, pengunjung tidak perlu khawatir. Terdapat beberapa warung makan dan café dengan harga beraneka ragam, dari mulai belasan ribu rupiah hingga ratusan ribu rupiah. Pengunjung tinggal memilih makanan sesuai selera masing-masing. Beberapa warung menjual makanan seperti ikan bakar, bakso ataupun mie rebus. Di Pulau ini juga terdapat restoran diatas laut, meski terlihat seperti dermaga, akan tetapi pemandangan yang disuguhkan sangatlah cantik. Kelap kelip lampu dermaga menambah keindahan Kota Makassar pada malam hari.

Pengunjung juga tidak perlu khawatir soal keamanan. Terdapat satu pos polisi dengan penjagaan 24 jam di Pulau seluas 1 hektar ini. Pengelola pulau terlihat rajin membersihkan sampah yang ada, sehingga pulau tetap bersih meski banyak pengunjung yang datang.

Itu dia ulasan singkat mengenai Pesona Eksotisme Pulau Kayangan di Makassar. Spot ini layak untuk kamu kunjungi bersama teman dan keluarga. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.