Menikmati Pesona Desa Wisata Kaliurang Timur

Menjamurnya objek wisata minat khusus seperti desa wisata juga turut hadir di Kaliurang Timur tepatnya di desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Banyak wisatawan yang datang ke desa wisata Kaliurang Timur ini karena ingin merasakan sesuatu yang berbeda dari aktivitas dan rutinitas sehari-hari sehingga desa wisata ini tak hanya ramai ketika hari libur, bahkan hari biasa pun cukup ramai pengunjung.

Salah satu desa wisata unggulan di Yogyakarta ini memiliki daya tarik di bidang agrowisata seperti perkebunan, peternakan kambing etawa, adventure tracking atau jeep wisata, dan juga potensi kesenian seperti campur sari, hadroh, dan lain sebagainya.

Desa Wisata Kaliurang Timur

Sumber: desawisatasleman.wordpress.com

Ketika memasuki kawasan wisata ini, para pengunjung akan disambut oleh tarian punokawan yang diperankan warga setempat. Desa ini juga memberdayakan para lansia untuk ikut terlibat ke dalam kelompok kesenian tersebut, jadi tidak hanya anak-anak muda saja yang aktif mengembangkan potensi desa wisata ini.

Desa Wisata Kaliurang Timur ini pada awalnya terlahir sebagai dampak dari awan panas gunung merapi. Kawasan ini menyajikan konsep wisata alam sekaligus merekam aspek kronik historis yang menjadi saksi bisu keganasan awan panas.

Selain itu, desa wisata ini juga memiliki daya tarik dalam aspek ekonomi, sosial budaya, hingga adat istiadat sebagai tata dan pola kehidupan masyarakat hingga akhirnya menjadi magnet tersendiri bagi para wisatawan. Kemegahan bukit dan hamparan hijau dataran tinggi sekaligus memperkuat aspek nilai dan histori terbentuknya wisata ini sehingga pengunjung bisa menikmati refleksi kemegahan Gunung Merapi.

Desa Wisata Kaliurang Timur ini dilengkapi 30 rumah homestay dengan kapasitas untuk menampung 300 orang. Tentu hal ini menjadi daya tarik bagi pelaku bisnis misalnya untuk mengadakan event-event kantor. Kita juga bisa belajar melukis di desa wisata ini karena terdapat sanggar lukis yang bisa diakses para wisatawan.

Baca juga:  6 Destinasi Liburan Terbaik Selama Ramadhan

Fasilitas yang terdapat di desa wisata ini juga cukup lengkap seperti toilet umum, tempat pertemuan atau meeting room, pusat jajanan tradisional dan kuliner khas daerah, mushola, rumah makan, dan tentu saja penginapan yang homey dan nyaman.

Kita bisa berkunjung ke desa wisata ini tanpa khawatir atau ribut menentukan hari, karena Desa Wisata Kaliurang Timur ini buka setiap hari dari jam 09.00 – 18.00. Setiap sudut di desa wisata membuat kita takjub karena kita bisa melihat pemandangan alam yang asri dan merasakan udara pegunungan yang sejuk. Untuk mencoba memacu adrenalin, kita juga bisa mencoba jeep dan berkeliling mengikuti rute lava tour.

Tak sulit menuju Desa Wisata Kaliurang Timur ini karena tempatnya cukup mudah diakses kendaraan. Apabila menggunakan kendaraan pribadi, kita bisa menempuhnya kurang lebih selama 1 jam dari pusat Kota Yogyakarta dan tak perlu khawatir tersesat karena di era teknologi yang serba canggih ini sudah ada google maps bukan? Atau kita juga bisa menggunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) dengan bertanya ke penduduk untuk menuju desa wisata ini. Akan tetapi jika terpaksa harus menggunakan kendaraan umum, kita bisa naik bus trayek Jogja-Kaliurang dan turun di terminal bus Kota Sleman. Setelah itu kita bisa menuju Desa wisata Kaliurang Timur ini dengan menggunakan ojek.

Sebelum menuju desa wisata ini, kita juga harus mempersiapkan keperluan dan kebutuhan kita dengan sebaik-baiknya supaya liburan kita bisa lebih tenang dan menyenangkan. Jika menginap jangan lupa membawa baju ganti, perlengkapan mandi, bekal makanan atau cemilan, obat-obatan pribadi, air minum, dan tentu saja yang tak boleh ketinggalan adalah kamera karena untuk mengabadikan momen bersama teman yang lain bukan? Jangan sampai-sampai momen-momen indah ketika berlibur terlewatkan begitu saja.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.