Menikmati Keindahan Teluk Ambon yang Memikat Hati dari Puncak Batu Capeo

Kekayaan alam Indonesia tidak perlu anda pertanyakan lagi, mulai dari hasil alam berupa minyak bumi, gas, hingga rempah-rempah tersedia di belahan bumi yang indah ini, Indonesia. Berbicara mengenai rempah-rempah tentu membuat kita teringat pada kisah masa lalu, saat Bangsa Portugis pertama kali menginjakkan kakinya di Indonesia dengan tujuan membeli hasil bumi berupa rempah-rempah yang ada di salah satu kota di wilayah Timur Indonesia. Kota ini kita kenal sekarang sebagai ibukota dari provinsi Maluku, benar sekali, itulah dia Kota Ambon. Sebuah kota penghasil rempah-rempab berkualitas tinggi yang banyak diburu oleh bangsa asing hingga saat ini.

Tidak hanya hasil bumi yang melimpah, Kota Ambon juga terkenal sebagai kota dengan kekayaan wisata baharinya yang menakjubkan. Terdapat puluhan pantai, danau, dan taman lalut yang siap memanjakan anda saat berkunjung ke Kota 1000 pantai tersebut. Salah satu Destinasi Wisata Ambon yang wajib anda kunjungi adalah Teluk Ambon, sebuah Objek Wisata Bahari Ambon yang merupakan sbeuah mahakarya Tuhan yang begitu mempesona. Agar dapat menikmati panorama alam Teluk Ambon ini, anda dapat mendaki sebuah bukit yang berada di Tempat Wisata Batu Capeo, tepatnya di Desa Amahusu, kecamatan Nusaniwe.

Berdasarkan cerita yeng berkembang di tengah-tengah masyarakat, desa tempat Batu Capeo berada adalah saksi bisu bagaimana Belanda mempertahankan kekuasaannya di Tanah Indonesia dari serangan tentara Jepang. Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan Zoechlicht atau yang lebih dikenal dengan lampu sorot yang digunakan oleh tentara Belanda untuk menjatuhkan pesawat tempur tentara Jepang yang berterbangan di langit Maluku. Menyusuri kawasan Tempat Wisata Batu Capeo menjadi tantangan tersendiri untuk anda yang menyukai wisata sejarah yang berpadu indah dengan keindahan alam Ambon yang tiada tara. Namun, anda harus sangat berhati-hati ketika berpetualang di Tempat Wisata Batu Capeo ini, karena daerah tersebut terkenal dengan kondisi geografis yang terjal dan berdinding karang, di sana juga terdapat puluhan pohon-pohon besar yang telah berusia ratusan tahun, pohon-pohon ini seolah-olah ingin menjaga keasrian wilayah Tempat Wisata Batu Capeo dari tangan-tangan jahil yang berusaha merusak keindahan tatanan alam yang sangat menajubkan ini. Pohon-pohon berusia ratusan tahun tersebut tumbuh mulai dari puncak bukit hingga tepi pantai yang ada di bawahnya.

Baca juga:  Coban Putri dan Si Tangan Raksasa

Batu Capeo sendiri memiliki arti batu yang bert-topi, penamaan batu tersebut dengan Capeo didasarkan pada bentuk bebatuan yang unik karena bagian puncak dari Tempat Wisata Batu Capeo melebar ke arah samping hingga menyerupa topi lebar yang sering dikenakan kaum hawa. Kehadiran Tempat Wisata Batu Capeo ini juga tidak lepas dari kisah yang dipercaya oleh masyarakat setempat, mereka meyakini bahwa Batu Capeo adalah batu yang berasal dari topi milik puteri raja dari kerajaan Soya, sebuah negeri yang berada di lereng Gunung Sirimau. Pada suatu waktu topi sang puteri tertiup angin dan jatuh tepat di puncak karang yang sekarang dikenal dengan Batu Capeo. Namun, ketika sang puteri ingin mengambil kembali topi tersebut, topi itu langsung berubah menjadi sebuah batu, enath benar atau tidak cerita ini, tetapi kebedaan kisah yang melegenda di tengah-tengah masyarakat seperti salah satu daya tarik yang memikat hati wisatawan untuk datang berkunjung ke Tempat Wisata Batu Capeo dan mendengarkan lagi kisah yang dipercaya oleh masyarakat tersebut langsung dari sumber aslinya.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya anda meluangkan waktu liburan anda yang berharga dengan mengunjungi satu di antara puluhan destinasi Wisata Ambon yang memukau, yaitu Tempat Wisata Batu Capeo, sebuah Objek Wisata Sejarah Ambon yang dijadikan sebagai spot terbaik untuk menyaksikan keindahan Teluk Ambon yang mempesona. Tetapi, anda harus mempersiapkan stamina dan fisik yang prima jika ingin mengunjungi Destinasi Wisata Alam Ambon tersebut, karena terjalnya perbukitan menuju lokasi berdirinya Batu Capeo akan mmenjadi rintangan yang harus anda lalui. Ajak serta seluruh anggota keluarga anda, untuk menikmati mahakarya Tuhan yang terhampar luas di Tanah Ambon Manise, sebuah kota dengan sejuta objek parwisata yang tidak pernah membosankan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.