Mengunjungi Wisata Danau Tempe Yang Mempesona

Setiap pulau di Indonesia memiliki karakteristik tersendiri dari aspek destinasi wisata yang ditawarkan, baik pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua, semuanya memiliki destinasi wisata tersendiri yang berbeda dengan destinasi wisata yang ada di pulau-pulau lainnya. Ketika kita berbicara mengenai Sumatera misalnya, terdapat pegunungan dan lautan yang bisa anda kunjungi, juga anda bisa menikmati panorama Bukit Barisan yang berderet indah sepanjang pulau Sumatera, kemudian jika kita pindah ke Jawa, di pulau ini kita juga bisa menemui berbagai macam destinasi wisata alam salah satunya adalah pegunungan yang berdiri kokoh di beberapa provinsi di Pulau Jawa, dan saat anda mengunjungi Kalimantan, anda akan dibuat terpana dengan kekentalan budaya suku Dayak yang masih dipelihara sampai saat sekarang ini, sedikit beranjak ke pulau Sulawesi, di sini anda juga akan menemui puluhan bahkan ratusan destinasi wisata alam yang akan membuat setiap pengunjungnya terpukau, di antaranya adalah keindahan Danau Tempe yang ada di Sulawesi Selatan.

Danau Tempe telah dijadikan sebagai salah satu objek wisata yang bisa anda kunjungi ketika berada di Sulawesi Selatan, Objek Wisata Danau Tempe ini memilih luas sekitar 13000 hektar yang berada di antara 3 kabupaten, yaitu Kabupaten Wajo, Kabupaten Sidrap dan kabupaten Soppeng. Jika kita biasanya mengunjungi lautan dengan dunia bawah laut yang mempesona, Objek Wisata Danau Tempe akan menawarkan kekayaan ikan air tawar yang melimpah, sehingga sejak zaman dahulu Objek Wisata Danau Tempe terkenal sebagai salah satu danau penghasil ikan air tawar terbesar yang ada di Indonesia bahkan dunia, sehingga tidak sedikit wisatawan yang rela menempuh perjalanan jauh agar bisa melihat langsung keindahan Objek Wisata Danau Tempe dengan kekayaan ikan yang melimpah.

Kayanya Objek Wisata Danau Tempe dengan ikan air tawar tidak lepas dari pengaruh letak geografis dari danau tersebut, karena ternyata danau ini berada tepat diatas lempeng Australia dengan lempeng Eurasia. Di samping itu, ada juga beberapa spesies endemik ikan air tawar yang hanya dapat anda temui di Objek Wisata Danau Tempe ini, spesies endemik ikan air tawar tersebut bahkan telah menjadi komoditi ekspor yang telah memasuki pasar Eropa dan Amerika.

Selain banyaknya ikan air tawar yang ada di Objek Wisata Danau Tempe, ada keunikan dan keindahan lain yang bisa anda nikmati ketika berlibur Objek Wisata Danau Tempe tersebut, yaitu adanya ratusan rumah terapung milik nelayan yang berjajar rapi di tengah danau, uniknya rumah terapung tersebut dihiasi dengan bendera warna-warni. Cobalah untuk menyebrang ke perumahan terapung tersebut, karena di rumah terapung itu anda bisa menyaksikan matahari terbit dan terbenam yang begitu indah, karena matahari dan terbenam di lokasi ini berada di satu posisi yang sama. setelah puas menikmati sinar matahari terbit dan terbenam di rumah terapung, anda bisa berkeliling untuk menjumpai berbagai macam bunga air dan beberapa jenis burung yang jarang anda temui di daerah lain, karena burung-burung tersebut termasuk jenis burung yang selalu berpindah satu benua ke benua lainnya, dan mereka menjadikan Objek Wisata Danau Tempe sebagai tempat persinggahan ketika mengunjungi benua Asia.

Baca juga:  Tempat Wisata di Makassar 2018 yang Wajib Anda Kunjungi

Agar liburan anda semakin menyenangkan, cobalah untuk menginap selama beberapa hari di Objek Wisata Danau Tempe, lalu berkelilinglah dengan menggunakan perahu sambil memancing beberapa ikan air tawar yang akan anda santap bersama rombongan. Jika anda mempunyai waktu liburan di bulan Agustus, sebaiknya anda meluangkan waktu untuk mengunjungi Objek Wisata Danau Tempe ini bersama keluarga, karena di sana anda akan menemui keunikan budaya masyarakat setempat yang hanya ada di bulan Agustus, seperti upacara Maccera Tappareng, sebuah upacara mensucikan danau yang ditandai dengan memotong seekor sapi yang dipimpin langsung oleh ketua nelayan setempat. Acara ini juga menyuguhkan berbagai macam atraksi wisata yang sangat menarik, diantaranya adalah lomba perahu tradisional, lomba perahu hias, adanya ajang pemilihan anak dara atau gadis dan kalluluna atau Pemuda tanah Wajo, selanjutnya juga ada perlombaan menabuh Lesung atau padendang, dan pagelaran musik tradisional serta tari bissu yang dimainkan oleh para waria. Satu suguhan yang sangat menakjubkan tentunya, apalagi jika menyaksikan tari bissu yang disuguhkan oleh para waria, mengingat jumlah waria di Indonesia tidak banyak akibat keberadaan waria yang tidak terlalu mendapat sambutan baik oleh masyarakat Indonesia.

Untuk dapat mencapai Objek Wisata Danau Tempe ini, anda harus melakukan perjalanan kurang lebih selama 6 jam dari Kota Makassar menggunakan kendaraan roda empat, oleh karena itu, jika anda membawa kendaraan pribadi persiapkan kondisi tubuh anda sebaik mungkin dan bawalah berbagai macam kebutuhan yang anda perlukan selama perjalanan, seperti makanan, pakaian, dan jika memungkinkan bawalah sopir pengganti, agar perjalanan anda semakin menyenangkan dan tidak merasa kelelahan ketika sampai di Objek Wisata Danau Tempe.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.