Mengunjungi Surga Tersembunyi Pulau Samalona Di Sulawesi Selatan

Deretan pulau dari Sabang hingga Merauke menjadikan Nusantara sebagai sebuah negara maritim yang tidak terkalahkan oleh negara lainnya, terutama dari segi destinasi wisata alam yang ditawarkan, serta kekayaan biota laut yang begitu mengagumkan. Banyak pulau yang dijadikan sebagai destinasi wisata oleh para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun yang berasal dari negara lain. Destinasi Wisata Alam berupa pantai dan pulau banyak terdapat di daerah Indonesia bagian timur, salah satunya adalah pulau Samalona yang berada di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Nama Pulau Samalona memang tidak sama dengan Pulau Bali dan Lombok, tetapi keindahan alam yang tersimpan di Pulau ini tidak kalah jika dibandingkan dengan pulau terkenal lain di Indonesia. Objek Wisata Pulau Samalona adalah sebuah kawasan yang terletak dekat dengan Kota Makassar, tepatnya di sebelah barat daya Provinsi Sulawesi Selatan, yaitu di kecamatan Wajo. Akses yang dapat anda lalui agar sampai di Objek Wisata Pulau Samalona ini tidaklah begitu sulit, jika anda berasal dari Kota Makassar, anda hanya perlu menyewa perahu boat yang ada di dermaga Kota Makassar dan menyeberang ke pulau Samalona yang berjarak hanya 2 km dari dermaga, dermaga penyeberangan ini terletak tidak terlalu jauh dari Pantai Losari, namun jika anda ingin menyebrang ke pulau Samalona, anda harus mengantri terlebih dahulu, karena Dermaga ini termasuk dermaga yang ramai dikunjungi oleh masyarakat sekitar. Karena itu, jika anda ingin menghabiskan lebih lama di Pulau Samalona berangkatlah pada pagi hari, atau jika ingin menginap di Pulau Samalona menyeberanglah di sore hari bersama dengan rombongan anda.

Tarif yang ditetapkan oleh petugas penyeberangan untuk menyewa sebuah perahu cukup bervariasi, mulai dari Rp 350.000 hingga Rp 500.000 tergantung kesepakatan anda dengan pemilik perahu, cobalah melakukan penawaran sebaik mungkin dan membuat berbagai macam kesepakatan yang anda butuhkan, seperti berapa lama anda akan berada di Pulau Samalona dan kapan anda harus dijemput untuk kembali ke kota Makassar. Satu hal lagi, jika anda ingin mengunjungi atau menginap di Pulau Samalona janganlah berangkat sendirian, ajaklah beberapa teman anda, atau cobalah berteman dengan penumpang lain sehingga biaya sewa yang harus anda bayar tidak terlalu mahal, karena satu perahu bisa menampung hingga 8 orang.

Menyeberang ke Pulau Samalona dapat anda tempuh dengan perjalanan selama 30 sampai 40 menit, sepanjang perjalanan tersebut anda akan dimanjakan dengan keindahan panorama laut, dan jika beruntung, anda bisa melihat atraksi dari ikan-ikan yang ada di lautan tersebut. Di kejauhan anda akan melihat Objek Wisata Pulau Samalona, sebuah pulau yang dikelilingi oleh hamparan pasir putih dengan air lautnya yang begitu jernih, sehingga siapapun yang datang berkunjung ke obyek wisata Pulau Samalona akan tergoda untuk menikmati kesegaran air laut yang ditawarkan. Kegiatan pertama yang harus anda lakukan ketika sampai di Objek Wisata Pulau Samalona adalah snorkeling, karena dunia bawah laut yang ditawarkan oleh Pulau Samalona adalah sebuah pemandangan yang sayang sekali untuk dilewatkan, tetapi jika anda tidak membawa perlengkapan snorkeling sendiri, tidak perlu khawatir karena pengelola wisata di sini telah menyediakan tempat penyewaan peralatan snorkeling yang bisa anda sewa dengan membayar sekitar Rp 100.000. Dengan luas yang hanya sekitar 2 hektar menjadikan anda tidak terlalu sulit untuk mengelilingi dan menjelajahi semua isi Pulau Samalona.

Baca juga:  10 Tempat Wisata Terbaik Di Hongkong Yang Menarik

Saat berada di bawah laut Pulau Samalona, anda akan dibuat terpesona dengan banyaknya biota laut dan ikan-ikan yang berenang kian kemari, mayoritas ikan di di Pulau Samalona ini berukuran kecil dan memiliki beragam warna menarik yang bermain di sekitar terumbu karang, Bahkan, anda juga bisa melihat atraksi kuda laut yang berenang mengikuti gerakan ikan. namun untuk anda yang tidak ingin snorkeling, anda tetap bisa menikmati panorama bawah laut Pulau Samalona karena air laut yang begitu jernih membantu anda melihat bagian dasar pulau tersebut, terutama jika laut sedang tidak pasang. Tetapi jika anda berjalan di tempat yang agak dangkal, anda harus sangat berhati-hati karena di Objek Wisata Pulau Samalona terdapat banyak bulu babi yang akan membahayakan kesehatan anda.

Setelah seharian snorkeling dan mengelilingi dunia bawah laut yang ada di Objek Wisata Pulau Samalona, sebelum kembali ke kota Makassar alangkah baiknya anda duduk di hamparan pasir putih untuk menikmati keindahan panorama laut yang begitu menakjubkan, rebahkanlah tubuh anda di atas pasir putih yang halus sambil ditemani oleh beberapa makanan ringan, dan akan sangat menyenangkan jika anda mengunjungi Pulau Samalona bersama orang-orang yang anda cintai. Mengajak serta keluarga ke pulau Samalona adalah hal yang harus anda lakukan, apa lagi pihak pengelola Objek Wisata Pulau Samalona, telah melengkapi objek wisata ini dengan berbagai macam fasilitas seperti gazebo, mushola, tempat menjual makanan dan minuman, serta toilet bersih, dan juga telah ada homestay yang dapat anda sewa dengan harga terjangkau, yaitu sekitar Rp 250.000 hingga Rp 500.000 per malam, tergantung kualitas homestay yang anda inginkan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.