Mengenang Sang Pemberani Dolan di Tugu Dolan, Nusaniwe Ambon

Kecamatan Nusaniwe sepertinya telah menjelma menjadi salah satu kecamatan favorit yang banyak dikunjungi wisatawan ketika berlibur di Kota Ambon. Banyak sekali objek wisata yang bisa anda datangi di kecamatan Nusaniwe ini, ada tempat wisata taman laut, pantai, pegunungan, dan berbagai macam wisata alam lain yang siap memanjakan anda. Namun, selain itu terdapat beberapa Monumen dan Tugu di kecamatan tersebut, salah satunya adalah Tugu Dolan yang terletak di daerah Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, tepatnya terletak di tanjakan Gereja Rehobot Batu Gantung. Tugu Dolan adalah sebuah tugu yang dibangun oleh pemerintah Australia dengan tujuan untuk mengenang jasa seorang prajurit Australia yang bernama Dolan. Dolan adalah salah seorang prajurit Australia yang mengikuti pertempuran melawan tentara Jepang saat perang dunia ke-2 terjadi di Kota Ambon, karena inilah tugu yang dibangun oleh pemerintah Australia tersebut dinamakan sebagai Tugu Dolan.

Tempat Wisata Tugu Dolan yang didedikasikan untuk mengenang perjuangan dari satu-satunya prajurit Australia yang tinggal bersembunyi dan berusaha untuk membalas serangan tentara Jepang, ia berjuang seorang diri dari tempat persembunyiannya tersebut, walaupun seluruh anggota bataliyon yang berasal dari Australia telah mundur dan meninggalkan daerah perbatasan. Namun, Dolan memilih untuk terus melanjutkan perjuangan yang menyebabkan Dolan ditakuti oleh tentara Jepang yang berada di kawasan tersebut, bahkan Dolan berhasil menembak mati banyak prajurit Jepang yang berkeliaran di Kota Ambon, dan juga merobohkan beberapa artileri milik tentara Jepang yang selama ini meresahkan tentara dari berbagai negara sekutu. Keberadaan seorang tentara bernama Dolan mampu membuat gusar para prajurit Jepang yang saat itu tengah menjadi sebuah negara adikuasa yang berusaha untuk merebut kekuasaan di berbagai negara yang memiliki kekayaan alam yang begitu menakjubkan, salah satunya adalah Indonesia.

Melihat penyerangan yang dilakukan oleh tentara Australia bernama Dolan tersebut, pemimpin tentara Jepang mengutus beberapa anggotanya untuk mencari tahu di mana persembunyian dari sang tentara pemberani itu, setelah diketahui di mana lokasi persembunyiannya, tentara Jepang menyusun strategi agar dapat membunuh tentara Australia tersebut, hingga akhirnya Dolan tewas di tangan para penjajah Jepang. Kekejaman Jepang tidak berhenti di sana, mereka melarang masyarakat yang ada disekitar tempat persembunyian Dolan untuk menguburkan jenazah Dolan sebagai peringatan kepada setiap pejuang yang sedang berusaha menjatuhkan kekuasaan Jepang, bahwa Jepang adalah tentara dengan kekuasaan dan kekuatan yang tidak dapat ditandingi oleh siapapun. Tetapi setelah tentara Jepang pergi, ada salah seorang warga di daerah Kudamati yang berusaha untuk menguburkan jasad dari di bawah sebuah pohon Gandaria, lokasi inilah yang akhirnya menjadi Tempat Wisata Tugu Dolan.

Baca juga:  Tempat Wisata Di Malang Gratis Yang Wajib Dikunjungi

Melihat besarnya perjuangan dan perlawanan yang dilakukan oleh Dolan, pantas kiranya didirikan sebuah tugu untuk mengenang jasa dan keberanian yang ia perlihatkan kepada dunia. Semoga dengan didirikannya Tempat Wisata Tugu Dolan, dapat menjadi pelajaran bagi masyarakat Indonesia yang sedang berwisata di Kota Ambon. Terdapat banyak makna dan hikmah yang dapat dipetik ketika anda mengetahui sejarah kenapa Tempat Wisata Tugu Dolan bisa berdiri, namun pelajaran pertama dan utama yang bisa anda ajarkan kepada anak-anak anda adalah tentang bagaimana keberanian dan jiwa pejuang harus mereka miliki sejak dini, karena perubahan zaman yang semakin tidak terkendali membutuhkan semangat juang yang tinggi serta keberanian untuk melawan dan mempertahankan prinsip kehidupan yang selama ini telah dikunjungi oleh masyarakat Indonesia. Oleh karena itu, menjadikan Tempat Wisata Tugu Dolan sebagai salah satu destinasi wisata yang akan anda kunjungi saat waktu libur tiba adalah suatu keharusan, jangan hanya mengajarkan kehidupan sekarang dan manfaat dari teknologi kepada anak-anak anda, tetapi juga ajarkan kepada mereka kearifan lokal serta sejarah di mana mereka berasal, karena tidak hanya rakyat Indonesia yang berjuang untuk mempertahankan kemerdekaan dan lepas dari tangan penjajah, namun juga banyak orang asing yang berusaha membantu memperoleh kemerdekaan masyarakat Indonesia dari tangan penjajah yang sangat bengis pada saat itu, hingga dikenal sebagai perang dunia ke-2 yang menimbulkan banyak sekali korban jiwa.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.