Mengenang Perjuangan Pembebasan Papua di Tugu Trikora, Ambon

Ambon adalah salah satu di antara banyak kota dan kabupaten yang menghasilkan banyak sekali pejuang kenamaan Indonesia, salah satu pejuang asal Ambon Manise yang begitu terkenal hingga saat ini adalah Kapiten Pattimura yang sosoknya diabadikan dalam sebuah monumen di pusat Kota Ambon. Selain itu, ternyata Kota Ambon juga mendirikan banyak sekolah monuman yang dibangun untuk mengenang jasa dari pahlwan-pahlawan yang berjuang mempertahankan tanah leluhur mereka, serta monumen-monumen yang sengan didirkan untuk mengenang berbagai macam kejadian bersejarah yang berlangsung di Kota Ambon.

Terdapat salah satu monumen atau tugu yang berada tepat di jantung kota Ambon, tugu ini dikenal dengan nama Tugu Trikora Ambon yang berada di pertemuan antara empat jalan raya, yaitu Jl. A.M. Sangaji, Jl. Diponegoro, Jl. Dr. Soetomo, dan Jl. Said Perintah. Tugu tersebut sangat dijaga oleh pemerintah setempat, karena Tempat Wisata Tugu Trikora menyimpan cerita sejarah yang sangat bermakna. Penamaan tugu tersebut dengan Trikora berdasarkan pada perjuangan rakyat Ambon selama dua tahun berturut-turut untuk menggabungkan wilayah Papua bagian Barat sebagai salah satu wilayah yang bernaung dalam Kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Trikora merupakan akronim atau singkatan dari Tri Komando Rakyat atau tiga komando rakyat, kejadian ini berawal pada 19 Desember 1961, saat persiden pertama Republik Indonesia, yaitu Bapak Soekarno mengumumkan pelaksanaan Trikora di Alun-Alun Utara Yogyakarta.

Dalam komando yang disampaikan oleh Presiden Pertama RI tersebut, di tetapkanlah Mayor jendral Soeharto sebagai panglima yang akan bertugas memimpin operasi militer di daerah Papua Barat, dengan misi mengajak Papua Barat kembali menjadi bagian Negera Republik Indonesia. Operasi militir ini merupakan salah satu operasi militer tersebar setelah kemerdekaan Indonesia pada tahun 1945 silam, operasi yang berlangsung selama dua tahun tersebut menjadikan Kota Ambon sebagai salah satu markas pasukan, karena Kota Ambon merupakan salah satu kota yang terletak dekat dengan Papua.

Dengan berdirinya markas pasukan operasi militer pembebasan papua Barat di Ambon, menjadikan masyarakat Ambon dapat menyaksikan langsung bagaimana gigihnya para pasukan elit pemerintah dalam menjalankan misi yang dibebankan kepada mereka. Untuk mengenang kegigihan dan semangat juang yang tak kenal menyerah dari pasukan pembebasan Papua barat inilah, muncul ide dari pemerintah Ambon pada tahun-tahun berikutnya untuk mendirikan Tugu Trikora di jantung Kota Ambon. Hingga saat ini Tugu Trikora telah menjadi salah satu icon Kota Ambon dan ditetapkan sebagai salah satu Destinasi Wisata Sejarah Ambon yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan, baik yang berasal dari masyarakat Ambon sendiri ataupun wisatawan yang sedang menghabiskan liburan di Kota Ambon Manise tersebut.

Baca juga:  Tips Travelling Hemat ke Singapura

Kehadiran Tempat Wisata Tugu Trikora ini mengingatkan kita pada kondisi rakyat Papua saat ini yang masih banyak berada di bawah garis kemiskinan karena sedikit sekali akses yang bisa mereka manfaatkan untuk mengenyam pendidikan terutama bagi rakyat Papua yang tinggal di pedalaman dan memilih untuk melestarikan adat istiadat serta kebiasaan nenek moyang mereka hingga saat ini. Namun, banyak juga rakyat Papua yang telah berbaur dan merasakan berbagai kemajuan teknologi dan pendidikan, mereka berani menngambil resiko merantau keluar Papua agar nanti dapat kembali ke Tanah Papua untuk menjadikan tanah kelahiran mereka menjadi salah satu daerah yang patut diperhitungkan oleh masyarakat luas. Salah satu keberhasilan masyarakat papua adalah dengan tetap menjaga kelestarian alam dan berbagai kekayaan alam yang tersimpan di tanah Papua. Keindahan alam papua tentu tidak perlu anda ragukan lagi.

Berbicara mengenai Papua memang tidak ada habisnya, banyak sekali bukti sejarah yang mengingatkan kita betapa kerasnya perjuangan pasukan pembebasan Papua pada beberapa puluh tahun yang lalu, agar rakyat di kepulauan timu Indonesia ini dapat menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari Negera Indonesia. Salah satunya adalah monumen yang ada di pusat kota Ambon ini, Tugu Trikora yang telah memiliki fungsi lain yaitu sebagai destinasi wisata sejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan, hingga tempat ini dikenal dengan Tempat Wisata Tugu Trikora.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.