Mengenal Lebih Dekat Pesona Pantai Muara Kencan

Pantai Muara Kencan. Mendengar namanya saja bisa membuat anda penasaran. Betul? Ya, keunikan nama dari pantai ini menjadi daya tarik tersendiri dan dapat mengundang penasaran siapapun yang mendengar namanya. Wisata Pantai Muara Kencan sendiri merupakan salah satu objek wisata pantai yang berada di daerah Pidodo Kulon, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Indonesia.  Pantai Muara Kencan menawarkan keindahan pantai utara yang terbentang luas dari barat ke timur. Keberadaan pantai ini memang tidak terlalu terkenal di masyarakat, sebab masih kurang promosi dan tempatnya masih kurang terawat. Sepertinya pemerintah setempat harus berperan aktif untuk mempercantik pantai yang memiliki nama unik ini serta mempromosikannya dengan mengadakan beberapa kegiatan kemasyarakatan di pantai ini.

Pantai Muara Kencan memang masih memiliki pengunjung yang tak terlalu ramai. Namun jangan salah, suguhan pemandangan laut lepas di pantai ini cukup membuat siapapun terkagum-kagum. Bila anda ingin mengajak beberapa sahabat anda untuk mengunjungi Pantai Muara Kencan ini, anda bisa menaiki sepeda motor  dan membayar Tiket Masuk Pantai Muara Kencan sebesar Rp.10.000,- saja untuk sepeda motor. Untuk Fasilitas Wisata Pantai Muara Kencan sendiri memang masih minim, mengingat kondisi bibir pantai yang belum sepenuhnya terawat.

Bagi anda yang berniat berkunjung ke pantai ini, ada beberapa fasilitas umum yang bisa anda nikmati, di antaranya ada area parkir yang cukup luas, lalu kemudian ada toilet yang bisa kamu gunakan sebagai ruang ganti. Tak hanya itu, di pantai muara kencan ada fasilitas menarik berupa gardu pandang yang bisa dimanfaatkan untuk menikmati pemandangan laut lepas sambil duduk-duduk santai. Meski beberapa fasilitas tersebut kurang terawat, namun anda masih bisa tetap menikmatinya kok. Selain itu, ada pula musholla yang cukup bersih.

Anda bisa sampai ke lokasi dengan mengikuti Rute Menuju Pantai Muara Kencan dengan memulai perjalanan dari pasar Cepiring. Jika anda baru pertama kali ke daerah ini, jangan malu untuk bertanya dengan warga sekitar, di samping itu anda bisa menggunakan GPS dan Google Maps. Perjalanan anda bisa dimulai dengan mencari lokasi pasar cepiring terlebih dahulu atau pabrik gula. Bila anda dari arah Semarang, setelah lewat dari pasar Cepiring, maka carilah potongan jalan untuk berputar arah, sebab lokasi menuju ke pantai ini berada di kanan jalan. Selanjutnya, setelah anda berputar balik, masuklah jalan pertama setelah melewati lampu merah.  Jika anda masih bingung, jangan khawatir sebab ada papan penunjuk arah, jadi keep calm ya sobat. Jarak antara jalan raya dengan lokasi pantainya adalah sekitar 5 kilometer, cukup ikuti saja jalan yang ada ya sobat, pasti akan sampa. Hal yang terpenting, jangan malu bertanya ya.

Baca juga:  Tempat Hunting Foto di Garut

Medan yang akan anda lalui ketika menuju pantai ini adalah melalui daerah perkampungan penduduk, dengan jalanan yang cukup ramai. Jadi tetap berhati-hati untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. Setelah beberapa saat kemudian anda akan melewati areal persawahan dan pertambakan, nah setelah itu barulan anda akan sampai di lokasi. Tetap ingat, jangan malu bertanya kalau anda masih bingung.

Setelah sampai di lokasi ini anda tidak akan menyaksikan pemandangan yang sama seperti dengan pemandangan pantai lainnya. Jika di pantai lain akan banyak pengunjung yang anda saksikan, maka di pantai ini hanya akan ada beberapa orang saja alias sepi. Ini juga tidak akan berlangsung lama, para pengunjung yang datang hanya bermain sebentar. Hal ini mungkin karena belum banyak fasilitas yang ada di pantai ini.

Kondisi pantai ini tidak terlalu bersih dan banyak sampah berserakan. Sampah ranting pohon hingga sampah plastik berserakan di sini. Di pantai ini anda bisa bermain air, sebab ombak pantai ini tidak terlalu besar. Tapi tetap ya sobat, anda harus selalu harus berhati-hati, karena musibah tidak ada komandonya loh ya.

Selain flora, fauna di pantai ini tidak kalah mencuri perhatian. Banyak burung camar dan pelika bermain di pantai ini sambil mencari makan untuk menyambung keberlangsungan hidup mereka. Kehadiran mereka bisa menjadi tanda kalau masih banyak ikan dan biota laut lainnya yang hidup di laut ini, dan tentunya ini adalah kabar baik untuk kita ya sobat. Di sini masih banyak anda saksikan nelayan yang mencari ikan di tengah laut, ini juga demi menghidupi keluarga.

Jumlah pengunjung pantai ini memang sulit untuk diprediksi, baik untuk hari biasa atau hari libur. Sebab, masih sangat kurang sekali promosi untuk pantai ini, sehingga tidak bisa dipastikan kapan-kapan saja waktu terbaik untuk mengunjungi pantai ini. Namun rasanya bagi anda yang ingin menikmati senja, pantai ini cocok untuk anda kunjungi bersama pasangan atau sahabat.

Sekian dulu sedikit ulasan dan Review Wisata Pantai Muara Kencan yang berlokasi di Kendal ini. Meski kondisi pantai yang kurang diperhatikan, namun tak ada salahnya anda mencoba mengunjungi tempat ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.