Mengenal Lebih Dekat Kecantikan Air Terjun Aek Sijorni

Lokasi                                    : Kelurahan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan.

Jam Buka                             : 24 jam

Harga Tiket Masuk           : Rp 15.000/orang

Mendengar nama daerah Tapanuli, kita pasti berfikir tentang makanan atau wisata kulinernya. Namun sebenarnya, selain wisata kuliner, Tapanuli juga menyimpan keindahan alam yang begitu indah untuk dinikmati. Aek Sijorni, misalnya, adalah salah satu Wisata di Tapanuli yang menyajikan keindahan perpaduan antar air terjun yang deras bertingkat dan jajaran pohon kelapa yang bahkan tumbuh ditengah-tengahya. Hmm, menarik bukan? Mari kita simak ulasannya.

Bila anda mencari Wisata di Tapanuli, cobalah berkunjung ke Kelurahan Sayur Matinggi, Tapanuli Selatan, Sumatera Utara. Disana terdapat salah satu air terjun cantik, yakni Air Terjun Jernih Aek Sijorni. Dengan keindahan yang pastinya dapat menghilangkan rasa penat di hari libur anda. Tempat Wisata di Tapanuli ini dapat diakses dari sekitar 30km dari Padang Sidempuan ke arah Mandailing Natal. Dengan jarak sekian, anda dapat menempuhnya dalam waktu sekitar 2 jam. Lokasi ini juga berwaktu tempuh 12 jam dari arah Medan. Waktu tempuh yag sama juga dari Padang atau Pekanbaru.

Diceritakan bahwa nama Aek Sijorni berasal dari bahasa Batak, Aek berarti air dan Sijorni berarti jernih. Aek Sijorni berarti air yang jernih. Dan sesuai dengan namanya, air terjun yang menjadi salah satu lokasi Wisata di Tapanuli ini selalu bening dan jernih. Aek Sijorni adalah air terjun salah satu tempat Wisata di Tapanuli. Terdiri dari dua air terjun kecil yang melintasi tebing miring dengan kandungan kapur. Air terjun ini melintasi batuan-batuan yang melandai dengan indah dan tidak berlumpur, sehingga tidak heran jika Air Terjun Aek Sijorni ini terlihat bening dan jernih.

Untuk masuk ke Aek Sijorni, anda perlu menyeberangi Batang Angkola (Sugai Angkola). Untuk menyeberangi Sungai Angkola ini sudah disediakan jembatan gantung dengan lebar setengah meter dan panjang mencapai sekitar 25 meter.

Baca juga:  Temukan Tempat Hunting Urbex Di Bandung Yang Unik Dan Menarik

Bila anda ingin berenang, di tingkatan pertama Air Terjun Jernih Aek Sijorni memang terdapat kolam yang sengaja dibuat untuk berenang. Memang benar Aek Sijorni ini adalah air terjun yang bertingkat. Pada tingkat pertama yang anda dapati adalah kolam renang, di tingkatan kedua anda akan mendapati sungai beraliran deras dengan kolam yang terbentuk secara alami diujungnya. Ini merupakan salah satu wahana yang paling menarik di Aek Sijorni. Sebelum tingkatan kedua, ada Gua Kecik yang terletak diantara tingkatan Aek Sijorni yang pertama dan kedua. Kemudian di tingkatan ketiga terdapat sungai berliku-liku yang panjang dan indah.

Harga tiket masuk Air Terjun Jernih Aek Sijorni adalah 15.000 rupiah per orang, dengan biaya parkir 5.000 rupiah untuk roda dua. Tidak disarankan menggunakan roda empat, dikarenakan terkadang masih ada pungli yang meminta biaya parkir mobil yang tinggi, mencapai 45 ribu rupiah. Nah, dengan harga tiket 10 ribu, anda dapat menikmati Aek Sijorni dengan fasilitas musholla, kammar ganti, toilet, dan juga terdapat beberapa saung atau gubuk tempat peristirahatan pengunjung.

Di bawah gubuk-gubuk atau saung tersebut terdapat kolam ikan yang memang disediakan disana. bagi anda yang mencari wisata kuliner di tempat ini, tidak ada makanan mewah di Aek Sijorni. Anda bisa menikmati ikan segar dan jajanan dari penjual makanan setempat. Namun makanan sederhana ini akan terasa nikmat bila sambil menikmati pemandangan yang indah di Aek Sijorni.

Demikian ulasan singkat mengenai Wisata Air Terjun Aek Sijorni yang memiliki keindahan eksotis. Semoga dapat menambah referensi tempat wisata yang hendak anda kunjungi. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.