Mengenal 7 Wisata Terbaik di India

Ketika menyebut negara India, yang pertama terlintas di benak kita pasti film-film bollywood yang sering kita tonton. Juga tokoh-tokoh bollywood yang mungkin sebagian besar kita tahu dan kagumi. Namun di luar film-film bollywood yang identik dengan tariannya, India juga menawarkan daya tarik dari sisi wisata.

Bagi sebagian besar traveller Indonesia, India mungkin memang bukan pilihan utama untuk berwisata mancanegara. Tidak seperti Sydney, Paris dan Turki. Namun India juga memiliki tempat wisata yang apik dan menarik untuk dikunjungi. Berikut ini beberapa objek Wisata Terbaik Di India yang harus kamu ketahui:

Ladakh

Ladakh India - Wisata Terbaik di India

Ladakh India | Sumber: fromatravellersdiary.blogspot.in

Di beberapa film Bollywood yang beredar di Indonesia, Ladakh memang sering disebut-sebut. Tak heran bila namanya tidak lagi asing. Salah satunya ialah dalam film ‘3 Idiots’. Ladakh sendiri merupakan wilayah yang didominasi daratan tinggi pegunungan, berada di bagian wilayah pegunungan himalaya dan merupakan tempat tertinggi di dunia. Ladakh bisa juga disebut Wisata Terindah Di India. Di Ladakh, kamu bisa menemukan bukit-bukit menjulang tinggi. Juga kuil-kuil budha yang menjadi tempat peribadatan masyarakat setempat.

Shimla

Di Shimla kamu juga bisa menemukan daratan tinggi. Dari Wisata Alam Di India yakni daratan tinggi Shimla, kamu bisa melihat pemandangan kota, hijaunya tanaman, hingga putihnya pegunungan Himalaya. Kamu juga bisa mengunjungi Summer Hill, Sankat Mochan dan Shimla State Museum.

Taj Mahal

Siapa yang tidak kenal Tajmahal? Hampir semua orang di dunia pasti pernah mendengarnya. Minimal dari drama seri Tajmahal yang tayang di televisi. Tajmahal merupakan sebuah bangunan bersejarah tentang cinta kasih. Bangunan yang kubahnya berbentuk seperti masjid ini konon dipersembahkan Raja Mughal Shah Jahan kepada istrinya yang sangat ia cintai dan meninggal saat melahirkan. Tajmahal ini masuk daftar keajaiban dunia.

Sungai Gangga

Kalau sering nonton film India, pasti sudah tidak asing dengan Sungai Gangga. Pasalnya, sungai ini memang disakralkan oleh umat Hindu India. Sungai dengan panjang 2.525 km ini merupakan sungai terpanjang ke-3 di dunia. Sungai Gangga juga merupakan tempat pemujaan bagi Dewi Gangga. Masyarakat Hindu India juga mempercayai Sungai Gangga sebagai jalan menuju Syurga. Tak heran bila abu sisa pembakaran jenazah dilarung di Sungai Gangga.

Baca juga:  Wisata Pantai Cipta Semarang - Spot Terbaik Untuk Para Pemburu Sunset

Kalau kamu berniat berwisata untuk menemukan keindahan di Sungai Gangga, urungkan niat itu. Karena kamu hanya akan menemukan sungai yang kotor dan tercemar. Sungai Gangga memang merupakan sungai tercemar. Pasalnya, limbah rumah tangga semuanya terbuang ke Sungai suci ini. Belum lagi abu-abu sisa pembakaran Jenazah yang dibuang di sungai ini. Tetapi kalau kamu ke Sungai Gangga ingin melihat aktivitas peribadatan masyarakat setempat, itu merupakan ide yang bagus.

Qutub

Menara Qutub ini ibarat Monas di Jakarta. Merupakan sebuah monumen nasional simbol negara India. Yang unik dari menara ini, arsitekturnya berciri khas Islam. Dimana terdapat ukiran-ukiran rumit yang diambil dari ayat-ayat Al-Qur’an. Tak heran bila diberi nama Qutub.

Benteng Mehrangarh

Wisata Terbaik Di India selanjutnya ialah Benteng Mehrangarh. Merupakan sebuah benteng peninggalan sejarah yang masih berdiri kokoh dan megah. Didirikan pada tahun 1459 oleh Rao Jodha. Berada di kawasan Jodhpur, dimana pada masanya merupakan kawasan ibu kota. Di dalam benteng yg berada di ketinggian 400 meter ini, terdapat istana yang megah dan halaman yang luas. Juga terdapat museum dan ruang pengadilan. Dinding-dindingnya diukir dengan ukuran bernilai seni.

Harmandir Sahib

Harmandir Sahib sebenarnya merupakan sebuah tempat ibadah yang dianggap suci. Namun dalam kurun waktu beberapa tahun ke belakang ini, juga dijadikan sebagai objek wisata. Harmandir Sahib merupakan bangunan kuil yang bagian atasnya terbuat dari emas. Ketika malam hari, akan memantulkan cahaya kuning kemilau. Saat berkunjung ke sini, kamu bebas berfoto asal tetap menjaga kesucian tempat ini seperti menjaga agar tidak ramai, menjaga kesopanan pakaian, menjaga perilaku dan tidak merokok selama berada di sini.

Itulah beragam tempat Wisata Terbaik Di India yang harus kamu kunjungi bila berada di sana. Dijamin nyesel deh kalau sudah di India, tetapi tidak mengunjungi tempat wisata tersebut satupun.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.