Mengarungi Alam Liar Pulau Buru

Berbicara mengenai wisata bahari memang tidak pernah ada habisnya, mulai dari hamparan pasir yang ada di pinggiran pantai yang memanjang di seluruh pesisir Indonesia, hingga berbagai macam biota laut yang siap membuat anda takjub dengan keindahannya. Pantai, laut, dan danau adalah destinasi wisata yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, terutama wisata bahari yang ada di Timur Indonesia. Salah satu provinsi yang memiliki banyak sekali Destinasi Wisata Bahari adalah provinsi Maluku. Di sana terdapat berbagai macam pantai yang memiliki karakteristik tersendiri sehingga tidak ada satu wisatawan pun yang merasa bosan untuk mengunjungi semua pantai yang ada di provinsi tersebut. Selain itu, di Provinsi Maluku juga ada sebuah pulau yang dinamakan dengan Pulau Buru. Di Pulau ini ada satu danau yang disebut sebagai danau terbesar yang ada di Maluku, Danau Rana namanya.

Tempat Wisata Danau Rana, Pulau Buru dianggap oleh masyarakat sekitar sebagai sebuah tempat yang suci sehingga masyarakat sangat menjaga kelestarian danau tersebut. Tempat Wisata Danau Rana, Pulau Buru berada tepat di Kecamatan Air Buaya yang berada sekitar 63 km dari pusat Kota Ambon. Danau Rana dianggap sebagai sebuah tempat suci bukan tanpa alasan, di sekitar danau ini hidup sebuah suku yang disebut dengan suku Rana, mereka percaya bahwa sosok yang mereka yakini sebagai Dewa hidup di “tanggal” gunung dan di danau ” Rana”.

Walaupun dianggap sebagai salah satu tempat suci oleh masyarakat sekitar, pesona yang dipancarkan oleh Tempat Wisata Danau Rana, Pulau Buru tidak dapat dielakkan. Hal ini mengakibatkan masih banyak wisatawan yang datang berkunjung untuk menyaksikan ataupun bersantai ditemani ketenangan air danau yang dipenuhi oleh beragam teratai di atasnya. Bahkan wisatawan juga diperbolehkan untuk mengelilingi danau tersebut dengan menggunakan perahu yang disewakan oleh penduduk sekitar. Agar dapat menyewa perahu itu anda harus membayar biaya sewa sekitar Rp100.000 ditambah seorang pemandu yang akan menemani perjalanan anda mengelilingi Danau Rana, Pulau Buru.

Ketika berada di Tempat Wisata Danau Rana, Pulau Buru, anda dapat menikmati keindahan alam yang ditawarkan oleh Danau Rana dan juga berinteraksi dengan masyarakat suku Rana yang ada di sekitar danau tersebut. Keadaan Danau Ranau yang begitu tenang serta berada di ketinggian menyebabkan danau ini sangat cocok dikunjungi oleh anda yang memiliki jiwa petualang, di antara petualangan yang harus anda jalani adalah mampu membangun interaksi dan komunikasi dengan masyarakat sekitar jika anda ingin bermalam di daerah tersebut, karena sebagai salah satu destinasi wisata yang ada di provinsi Maluku, Tempat Wisata Danau Rana, Pulau Buru ternyata belum dilengkapi dengan fasilitas penginapan yang bisa ada sewa per malamnya.

Baca juga:  Ide Tempat Wisata Di Bogor Puncak Dan Sekitarnya

Begitupun dengan restoran, anda tidak akan menemukan tempat makan yang bisa mengisi kekosongan perut anda selama berwisata di Tempat Wisata Danau Rana, Pulau Buru ini. Karena itu, persiapkan bekal makanan yang anda butuhkan selama berlibur di Tempat Wisata Danau Rana.

Agar dapat sampai di objek wisata ini anda dapat menggunakan salah satu diantara dua jalur. Jalur pertama mengharuskan anda untuk berangkat dari kota Namlea dengan menggunakan speed boat menuju Desa tifu, Kecamatan leksula yang dapat anda tempuh dengan melakukan perjalanan selama 5 jam. Sesampainya di desa tifu, anda kembali harus melanjutkan perjalanan menggunakan truk menuju Desa waelo yang berjarak sekitar 40 km. Setelah menumpang truk tersebut, anda masih belum diperbolehkan untuk beristirahat dan menikmati keindahan Objek Wisata Danau Rana, karena anda masih harus berjalan kaki selama lebih kurang 6 jam menuju Danau Indah tersebut dengan melewati beberapa perkampungan warga asli Pulau Buru.

Nah bagaimana sobat sekalian? tertantang bukan untuk menaklukkan medan yang cukup berat agar dapat sampai di Tempat Wisata Danau Rana, Pulau Buru ini?. Oleh sebab itu, persiapkan semua perbekalan yang anda butuhkan, serta berangkatlah dalam kondisi tubuh yang prima bersama dengan rombongan anda, karena anda akan menempuh perjalan selama satu hari penuh dengan menggunakan berbagai macam kendaraan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.