Menenangkan Pikiran yang Semberawut di Tanjung Marthafhons

Apakah anda pernah mendengar nama salah satu destinasi wisata yang ada di Kota Ambon yang dikenal dengan nama Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons atau yang juga dikenal dengan Tempat Wisata Tanjung Martha Alfons?. Jika belum, tentu anda adalah salah satu wisatawan yang sangat rugi karena belum mengunjungi objek wisata yang sangat indah ini. Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons adalah salah satu destinasi wisata yang ada di seberang kota Ambon, agar dapat sampai ke tempat ini anda harus menyebrang menggunakan Feri atau sampan. Pantai ini berbeda dengan pantai-pantai lainnya yang ada di sekitar pesisir Kota Ambon, karena memiliki pantai yang landai. Selain itu Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons dikelilingi oleh pasir indah yang dilengkapi oleh tepian atau tempat pembatas terbuat dari tembok dengan ketinggian mencapai 1 meter dari pantai. Tembok pembatas inilah yang dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar atau wisatawan yang datang berkunjung ke tempat wisata tersebut untuk memperhatikan suasana teluk yang tenang.

Cobalah untuk berkunjung pada malam minggu atau saat liburan tiba, karena pada saat tersebut, anda dapat menyaksikan keramaian di kawasan Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons yang dipenuhi oleh masyarakat yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan mereka dengan menikmati ketenangan yang ditawarkan oleh tempat wisata tersebut. Ada sedikit sejarah mengenai Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons ini, dahulu pada saat era Orde Baru masih sangat tenang dan aman, lokasi Destinasi Wisata Tanjung Marthafons dikuasai oleh Pertamina, sehingga tidak mengherankan jika di sekitar objek wisata itu terdapat beberapa hunian yang dijadikan sebagai tempat beristirahat para Bos Pertamina yang ada di Kota Ambon, dan juga ada tempat hiburan malam, sebuah tempat hiburan yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lain di sekitar kota Ambon. Namun semua fasilitas yang ada di sekitar pantai tersebut habis dibakar ketika masa krisis sosial yang terjadi beberapa tahun yang lalu, dan kini anda hanya akan menyaksikan puing-puing bekas rumah yang dimiliki oleh para pejabat pertamina itu. Walaupun di sekitar bibir pantai anda akan menemui beberapa bangunan yang sudah tidak terawat lagi, tetapi keindahan pantai yang ditawarkan oleh Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons ini masih sangat indah dan tidak terganggu sama sekali dengan kehadiran bangunan-bangunan yang tidak terawat tersebut, terutama suasana tenang yang akan dirasakan oleh setiap wisatawan yang datang berkunjung ke destinasi wisata Ambon ini.

Baca juga:  Tempat Selfie Di Kota Medan Ini Wajib Anda Datangi

Daya tarik ini dimanfaatkan oleh Dinas Pariwisata Kota Ambon untuk menarik pengunjung datang berwisata ke Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons, salah satu cara yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata adalah dengan mengadakan perlombaan sampan yang diadakan setiap tahun di lokasi tersebut. Sampan yang digunakan pun juga adalah sampan tradisional, sehingga tidak hanya keindahan laut yang bisa dieksplor oleh para wisatawan, tetapi juga kekayaan budaya serta tradisi yang selalu dibanggakan oleh masyarakat Ambon. Melalui acara ini wisatawan bisa mengenal bentuk dari sampan tradisional yang sering digunakan oleh masyarakat sekitar untuk menangkap ikan di lautan.

Di samping itu juga ada kegiatan lain yang selalu digelar di Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons, yaitu penyelaman yang bertujuan untuk mengumpulkan sampah yang bertebaran di kawasan teluk. Kegiatan ini dilakukan sebagai akibat dari diadakannya perlombaan sampan sebelumnya, karena pada perlombaan tersebut banyak sekali wisatawan yang datang berkunjung, juga ada artis yang sengaja didatangkan dari ibu kota. Hal ini mengakibatkan banyak sekali sampah yang bertebaran di seluruh area pantai, karena itu pemerintah kembali mengadakan acara penyelaman secara besar-besaran untuk mengumpulkan sampah, agar sampah-sampah tersebut tidak mengotori dan merusak keindahan dari Tempat Wisata Pantai Tanjung Marthafons, serta menjaga keasrian dan langsungan kehidupan biota laut yang ada di daerah tersebut.

Nah, melihat banyaknya event serta keindahan dan ketenangan yang ditawarkan oleh tempat wisata ini, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak mengajak keluarga serta sahabat untuk berlibur di kawasan tersebut, akses yang mudah dijangkau dari pusat Kota Ambon menjadikan destinasi wisata ini bisa anda jadikan sebagai alternatif liburan akhir pekan untuk anak-anak anda setelah mereka telah belajar tanpa henti di hari-hari sebelumnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.