Menelusuri Pantai Namalatu, Maluku

Pertama kali mengunjungi Kota Ambon, anda pasti akan disarankan untuk mengunjungi Pantai Pintu Kota yang berada tidak jauh dari pusat Kota Ambon, tetapi selain Pantai Pintu Kota yang berjarak 1 jam perjalanan dari pusat Kota Ambon, ada satu lagi pantai yang patut anda kunjungi ketika berada di kota ini, yaitu Pantai Namalatu. Tempat Wisata Pantai Namalatu adalah sebuah pantai yang dijuluki sebagai rajanya pantai di tanah Ambon, bahkan pantai ini telah menjadi bukti perjuangan para atlet sepeda yang sedang mengikuti rangkaian etapet lomba balap sepeda Tour De moluccas beberapa waktu lalu.

Ketika menginjakkan kaki pertama kali di Pantai Namalatu, anda akan disuguhkan dengan pemandangan indah dan teduhnya Laut Banda yang merupakan laut paling dalam di kawasan Indonesia. Di samping itu pantai ini juga terkenal dengan gugusan karang alami yang menghiasi bibir pantai. Keindahan karang tersebut akan semakin terlihat eksotis karena berada di kedalaman laut yang dangkal, sehingga anda tidak perlu menyelam terlalu jauh untuk menikmati gugusan karang.

Tempat Wisata Pantai Namalatu berada di Negeri LatuLahat yang berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Ambon, jarak antara Pantai Namalatu dengan pusat Kota Ambon ini menyebabkan anda hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai lokasi Tempat Wisata Pantai Namalatu. Oleh karena jarak yang tidak terlalu jauh dari pusat Kota membuat anda tidak perlu pusing memikirkan kendaraan apa yang bisa membawa anda ke kawasan Pantai Namalatu. karena banyak terdapat kendaraan umum yang siap sedia mengantarkan anda ke tujuan wisata pilihan tersebut.

Memang, destinasi wisata Ambon yang satu ini belum seterkenal destinasi wisata pantai lainnya yang ada di Kota Ambon, tetapi karena dikelola dengan baik oleh warga sekitar menyebabkan Pantai Namalatu menjadi salah satu pantai yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. Pantai Namalatu telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang dapat memudahkan wisatawan selama berada di pantai tersebut, di antara fasilitas itu adalah deretan warung makanan yang menjual berbagai macam makanan serta jajanan khas daerah Ambon, ada penjual kelapa muda, terdapat Saung yang bisa anda manfaatkan untuk beristirahat, serta lahan parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan anda. Bagi anda yang ingin menginap di kawasan Tempat Wisata Pantai Namalatu, anda dapat menyewa rumah penginapan yang telah disediakan oleh masyarakat sekitar dengan harga yang bersahabat.

Baca juga:  Nikmati Keindahan Taman Ngarai Maaram Bukittinggi

Tetapi sebelum mengunjungi Tempat Wisata Pantai Namalatu ini ada beberapa hal yang harus anda perhatikan, di antaranya adalah waktu berkunjung. Sebagai sebuah destinasi wisata yang belum terkenal, Pantai Namalatu ini hanya dapat anda jangkau dari pagi hingga sore hari menggunakan kendaraan umum, karena ketika matahari sudah mulai tenggelam kendaraan umum pun tidak beroperasi lagi. Selain itu, waktu terbaik untuk mengunjungi Tempat Wisata Pantai Namalatu adalah pada saat pagi hari, terutama bagi anda yang ingin menikmati keindahan matahari terbit dengan ditemani oleh hamparan pasir putih serta birunya air laut. Ada satu lagi yang perlu anda perhatikan, yaitu bagi anda yang hanya ingin berjalan di pinggir Pantai Namalatu, gunakanlah alas kaki selama berjalan menikmati pesona Tempat Wisata Pantai Namalatu, karena daerah pinggir pantai dipenuhi oleh pecahan batu karang berukuran kecil yang juga berwarna putih yang dapat menyebabkan kaki anda terluka.

Sedangkan untuk anda yang menyukai olahraga menyelam, selancar dan snorkeling, maka Tempat Wisata Pantai Namalatu adalah Destinasi Wisata Ambon pilihan yang harus anda kunjungi, karena di objek wisata ini anda dapat menyalurkan hobi olahraga menyelam anda selama yang anda inginkan.

Memang pantas julukan yang diberikan kepada Ambon sebagai sebuah kota yang memiliki 1000 pantai, karena di kota ini terdapat banyak sekali pantai indah yang harus anda kunjungi, ada pantai yang bisa anda kunjungi untuk libur bersama sahabat, pantai yang sangat ramah untuk anak-anak, serta pantai bagi anda yang ingin menikmati keindahan alam yang jauh dari hiruk pikuk ibukota. Segeralah rencanakan liburan anda untuk mengunjungi berbagai macam pantai yang ada di Kota Ambon, terutama wisata Pantai Namalatu, tidak afdol rasanya jika anda berada di Kota Ambon tetapi belum menginjakkan kaki di Tempat Wisata Pantai Namalatu yang eksotis ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.