Mematahkan Misteri Pulau Dutungan

Sulawesi Selatan sepertinya memang sebuah provinsi yang harus kita kunjungi ketika waktu liburan datang, karena destinasi wisata tidak hanya terfokus di Kota Makassar saja, jika kita sedikit melanjutkan perjalanan ke Kabupaten Barru, maka kita akan mendapati sebuah pulau yang begitu eksotis, panorama alam yang ditawarkan oleh pulau ini akan membuat siapapun yang memandangnya terpana. Pulau cantik ini dinamai dengan Pulau Dutungan sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh pasir putih yang begitu indah. Objek Wisata Pulau Dutungan tepat berada di antara Kabupaten Barru dan Kabupaten Pare-pare, yaitu di daerah Palanro, Kecamatan Mallusetasi, Kabupaten Barru, Provinsi Sulawesi Selatan. Tetapi, sebelum memasuki Objek Wisata Pulau Dutungan ini, anda akan mendengar cerita dari masyarakat sekitar mengenai Pulau Dutungan yang terkenal angker dan keras, menurut cerita yang beredar di tengah-tengah masyarakat, Objek Wisata Pulau Dutungan dihuni oleh banyak makhluk halus. Namun anda tidak perlu khawatir, karena jika niat kita memang datang hanya untuk berwisata dan berlibur tanpa ada maksud lainnya, tentu perjalanan anda akan aman-aman saja tanpa ada gangguan.

Objek Wisata Pulau Dutungan dapat ditempuh dari Kota Makassar dengan melakukan perjalanan selama 4,5 jam, karena jarak yang harus anda lewati adalah sekitar 130 km, tetapi jika anda berasal dari Kota Barru, anda hanya membutuhkan waktu untuk mencapai Objek Wisata Pulau Dutungan selama 1,5 jam, dan jarak tempuh akan semakin dipersingkat, jika anda berasal dari Kabupaten Pare-pare, karena hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk mencapai Tanjung Indah, sebuah dermaga yang menghubungkan antara pare-pare dan Pulau Dutungan.

Dari Dermaga Tanjung indah, anda harus menyeberang ke Pulau Dutungan selama 30 menit dengan menyewa perahu yang ada di dermaga tersebut, biaya sewa yang harus anda keluarkan adalah sekitar Rp 50.000 per orang. Ketika telah sampai di Pulau Dutungan, anda akan dimanjakan dengan kawasan kebun yang penuh dengan ilalang, juga udara segar yang berasal dari kawasan hutan jati, serta di bagian pinggir pantai anda akan dimanjakan dengan deretan pohon bakau yang akan menemani anda saat bermain di pasir putih yang mengelilingi Objek Wisata Pulau Dutungan. Akan lebih baik jika anda berkunjung ke Objek Wisata Pulau Dutungan selama beberapa hari, karena di pulau ini telah disediakan fasilitas penginapan dengan harga yang bisa anda tawar sesuai dengan budget yang tersedia, selain itu juga ada Cafe yang menyediakan berbagai macam makanan dan snack yang akan menemani perjalanan anda mengelilingi Objek Wisata Pulau Dutungan.

Baca juga:  Tips Travelling ke Myanmar

Ketika telah puas menyusuri Objek Wisata Pulau Dutungan dan menikmati keindahan pasir putih yang mengelilinginya, sekarang saatnya bagi anda untuk menikmati keindahan dunia bawah laut yang ada di Pulau Dutungan, tidak perlu takut dengan cuaca panas di pulau tersebut, karena banyaknya tumbuhan bakau yang tumbuh dengan rimbunnya, menyebabkan anda dapat berenang di beberapa bagian Pulau, ditemani oleh semilir angin pantai yang berhembus. Setelah itu, bagi anda yang memiliki jiwa petualang cobalah explore bagian belakang Pulau Dutungan, karena di sana terdapat batuan cadas yang sangat seru untuk ditelusuri, dan juga terdapat gua tersembunyi di sela-sela bebatuan. Kegiatan di Objek Wisata Pulau Dutungan akan semakin asyik karena anda dibebaskan untuk memancing mencari ikan di sekitar dermaga, tetapi anda harus berhati-hati saat memilih ikan yang akan Anda olah sebagai makanan, karena ada beberapa ikan yang dijaga kelestariannya sehingga tidak boleh dikonsumsi.

Objek Wisata Pulau Dutungan telah dikelola secara profesional oleh masyarakat setempat, sehingga pulau ini telah dilengkapi dengan berbagai macam fasilitas yang akan membuat wisatawan betah berlama-lama berada di pulau tersebut, jadi tunggu apa lagi, anda tidak perlu menyiapkan berbagai macam keperluan yang akan merepotkan anda selama di perjalanan, cukup membawa beberapa helai pakaian dan kebutuhan yang sangat penting, Selain itu, anda dapat menemukan berbagai barang yang anda butuhkan di Objek Wisata Pulau Dutungan ini. Selamat berlibur dan menikmati keindahan panorama laut yang akan membuat anda takjub.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.