Melepas Penat Di Pulau Lanjukang Makassar

Salah satu pulau terbaik yang dimiliki alam Makassar dan menjadi spot wisata favorit turis domestik ialah Pulau Lanjukang. Jika kamu termasuk penikmat keindahan alam dan laut lepas, maka Pulau Lanjukang layak untuk dikunjungi.

Pulau Lanjukang merupakan salah satu bagian kepulauan Spermonde di wilayah Makassar, sekaligus pulau terluar dalam gugusan. Dibandingkan 121 pulau spermonde lainnya, Pulau Lanjukang merupakan yang paling indah, meskipun bentuknya yang paling mungil di antara lainnya. Pulau Lanjukang sering juga disebut dengan “laccukang” atau “lanyukang”. Lanjukang sendiri memiliki arti “lanjutkan”. Dulunya pulau ini sering digunakan oleh para nelayan untuk beristirahat ketika kelelahan menjaring ikan. Pulau Lanjukang merupakan pulau yang letaknya paling jauh. Kira-kira jaraknya 40 km dari Kota Makassar. Pulau mungil ini memiliki luas sekitar 6 ha, yang membentang dari barat daya ke timur laut.

Pulau Lanjukang hanya ditempati oleh 15 anggota keluarga. Adapun jumlah penduduk keseluruhan pulau ini hanya berkisar 50 orang. Masyarakat Pulau Lanjukang cukup unik, dengan ciri-ciri berbadan kecil, bahkan cenderung kerdil, bungkuk, serta memiliki rambut yang jarang. Konon katanya hal ini disebabkan oleh pernikahan sedarah yang dilakukan oleh para leluhur mereka. Meski demikian, mereka merupakan masyarakat yang ramah, mereka bahkan dengan sukarela berbagi makanan, toilet, dan mengobrol dengan para wisatawan.

Bagi penyuka Snorkeling, pengunjung tidak akan menyesal untuk datang dan menikmati keindahan alam di Pulau Lanjukang. Dikarenakan hamparan terumbu karang di pulau ini belum terjamah tangan-tangan jahil manusia. Pengunjung juga lebih bebas Snorkeling Atau Scuba Diving Di Pulau Lanjukang karena ombaknya yang tenang, sehingga lebih mudah menemukan ikan badut maupun lion fish yang berkeliaran di sekitar terumbu karang. Lokasi Snorkeling Di Pulau Lanjukang sangat istimewa. Karena alam bawah lautnya memiliki keindahan yang tidak bisa digambarkan oleh kata-kata. Warna warni terumbu karang, ikan-ikan kecil yang berenang kesana kemari akan memanjakan mata pengunjung yang sedang snorkeling. Lautnya juga tidak terlalu dalam, sekitar 4 hingga 5 meter sehingga sangat cocok untuk pemula.

Pasir putih yang lembut mengelilingi Pulau Lanjukang, berpadu cantik dengan air laut yang berwarna biru toska. Keindahan pasir putih tersebut masih bersih , belum tercemari oleh plastik ataupun segala macam bentuk sampah. Pohon kelapa, pohon pinus dan pohong pisang berjejer menghiasi bibir Pantai di Pulau Lanjukang, sehingga udara di sekitar cukup sejuk dan nyaman. Salah satu hal yang menarik dari Pulau Lanjukkang adalah, terdapat mercusuar tua yang terletak di salah satu sisi pulau. Meskipun mercusuar tersebut sudah tidak berfungsi, akan tetapi tempat tersebut masih menjadi titik terbaik untuk mengabadikan foto.

Baca juga:  Liburan Seru di Universal Studios Singapore

Transportasi menuju Pulau lanjukang memang masih minim dan jarang. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah datang ke Kota Makassar. Setibanya di Bandara Sultan Hasanuddin, kalian bisa melanjutkan perjalanan menggunakan angkutan umum atau taksi menuju Pelabuhan Paotere Makassar. Dari pelabuhan tersebut dapat menyewa kapal kayu, dengan harga sekitar Rp. 1 juta – Rp. 1.5 juta yang dapat memuat 10 hingga 15 orang. Jika dianggap terlalu mahal, kalian bisa berangkat bersama wisatawan lainnya. Butuh waktu sekitar 3 jam untuk sampai ke Pulau Lanjukkang. Tidak ada Tiket Masuk Pulau Lanjukang, pengunjung hanya perlu membayar uang kapal kayu yang telah disebutkan di atas.

Pulau ini masih tergolong sepi, sehingga fasilitas umum seperti listrik masih terbatas. Fasilitas Pulau lanjukang masih minim, hendaknya pengunjung membawa bekal sendiri dari rumah. Listrik di Pulau Lanjukang hanya akan menyala dari jam 17.30-21.00 WITA. Terdapat sumur di tengah pulau yang mampu menyedikan air payau. Jika ingin bermalam, kalian bisa membawa tenda atau menginap di rumah warga. Jangan lupa membawa lotion anti nyamuk agar dapat tidur nyenyak tanpa gangguan. Lebih bagus lagi jika sedang bulan purnama, karena sinar bulan akan menambah keindahan di pulau ini. Jika beruntung, kalian akan melihat ribuan kepiting naik ke darat pada malam hari.

Demikian ulasan mengenai Pesona Pulau Lanjukang. Buat kamu yang ingin sekali mengunjungi pulau ini, maka wajib hukumnya memasukkannya ke list tempat yang wajib dikunjungi. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.