Masjid Termegah di Indonesia

Megahnya Bangunan Masjid di Indonesia

Sebagai negara yang memiliki populasi penganut agama islam terbesar di dunia, tak heran jika banyak masjid yang dibangun untuk memfasilitasi umat islam dalam beribadah. Mulai dari masjid dengan arsitektur biasa sampai dengan keunikan dan ciri khas tertentu. Bahkan terdapat pula masjid yang dibangun dengan nilai fantastis dan terlihat begitu megah nan indah. Dibuatnya masjid dengan aneka design dan arsitektur yang menarik tentu bisa meningkatkan semangat dan motivasi umat muslim untuk datang dan beribadah di masjid. Tak jarang beberapa masjid yang megah dan indah juga menjadi tempat untuk wisata religi bagi sebagian masyarakat dari luar kota maupun luar negeri. Kita pun patut bersyukur dan berbangga karena negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan ini memiliki beberapa masjid yang tergolong sebagai masjid termegah di Indonesia.

5 Masjid Termegah dan Terindah di Indonesia

Berikut ini beberapa masjid termegah di Indonesia yang patut untuk dikunjungi untuk beribadah sekaligus untuk wisata religi dengan menyaksikan arsitektur indah dan khasnya:

  1. Masjid Istiqlal Jakarta

Siapa yang tidak mengenal masjid yang letaknya berdekatan dengan Monumen Nasional Jakarta ini. Masjid yang dirancang oleh Fredrerich Silaban ini merupakan masjid termegah dan terbesar se-Asia Tenggara. Arsitektur yang diusung adalah bergaya minimalis dan memiliki perpaduan gaya Indonesia, Timur Tengah, dan Eropa. Masjid ini dapat menampung jamaah dalam jumlah yang besar lebih dari 200.000 jamaah dengan lima lantai dan satu lantai dasar. Masjid Istiqlal selain dijadikan tempat untuk ibadah juga sering digunakan untuk wisata religi, Pusat Pendidikan Agama, dan pusat aktivitas syiar islam. Jangan lupa untuk menyempatkan mampir dan merasakan damainya beribadah di masjid ini ketika jalan-jalan berkunjung ke Monas Jakarta.

  1. Masjid Kubah Emas Dian Al Mahri

Masjid Kubah Emas yang terletak di Limo, Depok ini memang cukup terkenal dengan kemewahan dan kemegahannya. Masjid yang 5 kubahnya berlapis emas dengan tebal 2-3 mm ini menjadi salah satu masjid terindah di Indonesia. Masjid ini memiliki gaya arsitektur Timur Tengah dengan ciri khas kubahnya yang berbentuk menara dan dilengkapi dengan hiasan dengan elemen geometris dan obelisk. Kemegahan masjid ini juga terlihat dari lampu gantung yang dibeli langsung dari Italia yang beratnya 8 ton. Bahkan terdapat hiasan relief yang terbuat dari emas senilai 18 karat pada tempat imam. Lapisan sisa emas atau bahan Prado juga bisa kita temukan di 168 mahkota pilar masjid, hiasan kaligrafi di langit-langit masjid, serta pagar yang terdapat di lantai dua. Tentu akan menjadi pengalaman yang menarik jika bisa melihat langsung masjid berlapis emas yang dibangun oleh Hj. Dian Djuriah Maium Al Rasyid pada tahun 2006 dengan lupas 8.000 meter persegi yang bisa menampung 20.000 jamaah.

Baca juga:  5 Tempat Wisata Anak Di Bandung Paling Recommended 2018
  1. Masjid Raya Baiturrahman, Nangroe Aceh Darussalam

Tentu kita sudah tidak asing lagi dengan satu-satunya masjid dan bangunan yang tetap kokoh berdiri meskipun terkena bencana tsunami besar di tahun 2006 silam. Masjid Raya Baiturrahman yang letaknya di pusat kota Banda Aceh ini menjadi salah satu Situs Sejarah yang dibangun sejak tahun 1612 Masehi atau 1022 H ketika masih dipimpin oleh Sultan Iskandar Muda Mahkota Alam. Arsitektur bangunan masjid ini memiliki keunikan dan nilai seni yang tinggi dengan keindahan ukiran yang menarik serta halamannya yang luas dan terdapat kolam air mancur. Gaya arsitektur Kesultanan Turki Utsmani nampak jelas dari bangunan masjid ini.

  1. Masjid Agung Jawa Tengah

Masjid Agung Jawa Tengah yang diresmikan pada tahun 2006 ini terletak di Kota Semarang, Jawa Tengah. Gaya arsitektur unik yang  memadupadankan arsitektual campuran Jawa, Islam, dan Romawi ini dirancang oleh Ir.H.Ahmad Fanani. Ciri khas arsitektur Jawa terlihat dari atap limas khas yang dilengkapi dengan kubah besar dengan diameter 20 meter ditambah 4 menara setinggi 62 meter ditembah satu menara yang terpisah dari bangunan masjid dan memiliki tinggi 99 meter. Sedangkan gaya khas Romawi terlihat dari 25 pilar di pelataran masjid yang bergaya Koloseum Romawi dengan hiasan kaligrafi yang menyimbolkan 25 nabi dan rasul. Di gerbang masjid ini kita bisa menemukan tulisan dua kalimat syahadat. Kekaguman kita akan ditambah dengan payung raksasa yang diadopsi dari Madinah yang dibuka setiap shalt Jumat, hari Sabtu dan Minggu serta ketika ada acara besar. Masjid ini seringkali dijadikan tempat untuk wisata religius bahkan untuk mengakomodasinya disediakan wisma penginapan yang berkapasitas 23 kamar di mana para peziarah biasa memanfaatkan fasilitas tersebut.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.