Makam Pahlawan Persemakmuran, Bukti Tingginya Toleransi Rakyat Indonesia

Masih jelas terbayang dalam benak kita, konflik kemanusiaan yang terjadi di Kota Ambon pada tahun 1999 silam, konflik yang memakan banyak korban tersebut seolah menjadi sebuah aib yang membuat air mata menetes jatuh saat mengenag kejadian di tahun itu. Bahkan pada 2009 didirikan sebuah Gong Perdamaian di salah satu taman di pusat kota Ambon, Gong Perdamaian yang diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono ini menjadi pengingat bahwa keanekaragaman yang ada di Indonesia harus dimanfaakan sebagai kekayaan bangsa yang harus dijaga bukan untuk di musuhi.

Selain Gong Perdamaian tersebut, terdapar satu lagi Objek Wisata Sejarah Kota Ambon yang melambangkan tingginya toleransi rakyat Indonesia, yaitu Makam Persemakmuran yang ada di desa Tantui Kapaha. Makam yang telah menjadi salah satu destinasi wisata sejarah Ambon tersebut banyak dikunjungi oleh wisatawan yang sedang berlibur di Kota seribu pantai ini. Sambil menikmati keindahan pantai yang berpadu dengan birunya air laut yang memancarkan pesona gradasi warna biru dan hijau saat matahari menerpa, banyak di antara wisatawan yang memanfaatkan kesempatan berlibur di Kota Pantai ini dengan mengunjungi Destinasi Wisata Sejarah Ambon yang didedikasikan sebagai penghargaan terhadap para pejuang sekutu yang gugur saat terjadi Perang Dunia Kedua melawan Jepang.

Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran menyimpan setidaknya 2000 jenazah tentara sekutu yang gugur setelah berjuang sekuat tenaga melawan kebengisan tentara Jepang yang ingin menguasai beberapa negara, salah satunya Indonesia. Tentara-tentara yang dimakamkan di Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran ini banyak berasal dari Australia, Belanda, dan New Zeland. Bahkan pada setiap tanggal 25 April dijadikan sebagai hari untuk memperingati perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang yang gugur di Tanah Ambon ini. Pada tanggal itu pula banyak berdatangan masyarakat Australia yang sengaja datang ke Ambon untuk berziarah ke makam keluarga dan sahabat mereka di Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran.

Jika dilihat dari pinggir jalan, mungkin anda akan beranggapan bahwa Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran itu hanya sebuah taman kota yang dikelilingi oleh hamparan rumput hijau serta dihiasi dengan beberapa bunga yang tertapa rapi. Apalagi, di tengah taman tersebut berdiri kokoh dua buah pohon besar nan rindang, sehingga menambah kesan teduh layaknya sebuah taman yang ada di berbagai tempat. Tetapi, ketika anda melangkahkan kaki memasuki area yang anda sebut sebagai taman tersebut, maka anda akan melihat dereta batu nisan yang berjejer dengan rapi memenuhi area taman. Tepat di pintu masuk Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran terpampang jelas sebuah monumen yang bertuliskan “…. Kebanyakan yang dimakamkan di sini adalah tentara dari Australia, sedangkan yang lainnya berasal dari Belanda, Inggris, India, Kanada, dan Selandia Baru”, namun monumen ini tidak ditulis dalam bahasa Indonesia, melainkan menggunakan Bahasa Inggris, karena mayoritas pengunjung yang datang untuk berziarah berasal dari negara tetangga kita, Australia.

Baca juga:  Museum Terbaik di Indonesia

Melihat banyaknya turis asing yang sengaja datang ke Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran itu, menjadikan pemerintah semakin berusaha menjaga dan merawat area makan dan menjadikannya sebagai salah satu Destinasi Wisata Sejarah Kota Ambon yang bisa menarik banyak wisatawan untuk datang berkunjung atau wisatawan asing yang sengaja datang untuk mencari makan leluhur yang blm pernah mereka jumpai sebelumnya. Karena memang tidak sedikit, wisatawan dari Australia dan Selandia Baru yang akhirnya menemukan makam leluhur mereka di Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran yang berada di Kota Ambon ini.

Sebagai sebuah Destinasi Sejarah yang menyimpan banyak cerita masa lalu, sudah sepantasnya kita ikut memperkenalkan Objek Wisata Sejarah Ambon tersebut ke masyarakat banyak melalui akun media sosial yang kita miliki. Dengan mengunggah moment saat berada di Tempat Wisata Pahlawan Persemakmuran, anda telah menjadi penyambung tangan pemerintah dalam menarik minat wisatawan untuk datang berkunjung ke Kota seribu pantai, Ambon Manise yang ada di wilayah Timur Indonesia. Di samping itu, Tempat Wisata Makam Pahlawan Persemakmuran yang berada di pusat kota juga memudahkan masyarakat untuk mengunjungi daerah wisata tersebut saat libur akhir pekan bersama keluarga tercinta, dengan tujuan memperkenalkan sejarah bangsa kepada anak keturunan mereka.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.