Keunikan Wisata Pantai Cahaya yang Bikin Baper

The Sea Pantai Cahaya, begitulah Pantai Cahaya dikenal. Wisata pantai yang satu ini merupakan obyek wisata baru kabupaten Kendal. Lokasi Pantai Cahaya berada di desa Sendang Sikucing, Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia. Pantai ini menawarkan banyak keindahan yang mungkin belum anda temukan di pantai lainnya.

Perancangan dan penataan pantai ini menjadikannya sebagai salah satu tempat wisata favorit. Bangunan dan taman ditata sedemikian rupa sehingga selaras dengan keadaan lingkungan, sehingga memiliki kesan alami. Keadaan ini menjadi sangat lengkap dengan hembusan angin laut yang yang menghadirkan hawa sejuk. Ini sesuai dengan tujuan awal pembangunan wisata pantai ini, wisata yang bisa dinikmati dan cocok untuk semua kalangan.

Pihak pengelola pantai ini menyediakan banyak fasilitas yang bisa anda nikmati saat berkunjung ke pantai ini. Berbagai fasilitas ini mulai dari keindahan rekreasi pantai, wahana permainan anak, pentas dan treatment lumba-lumba, dan bahkan kebun binatang mini. Uniknya lagi disini terdapat Kolam Ajaib yang menjadi ciri khas Pantai Cahaya ini. Di kola mini siapapun bisa mengapung dengan nyaman, rileks, dan tenang. Pada kolam ajaib tersebut terdapat sebuah balkon, dimana balkon ini menjadi tempat favorit pengunjung untuk menikmati sunset saat sore datang. Banyaknya Fasilitas Pantai Cahaya membuat pantai ini tidak pernah sepi pengunjung, baik dihari biasa apalagi di hari libur.

Salah satu yang sangat menarik perhatian pengunjung adalah keberadaan si cerdik lumba-lumba. Saat berkunjung, anda bisa menyaksikan Pentas Lumba-Lumba Pantai Cahaya, berenang bersama, terapi lumba-lumba, dan juga melihat secara dekat kehidupannya. Ini setali tiga uang dengan PT. Wersut Seguni Indonesia (WSI) yang merupakan lembaga pengelola tempat ini. PT ini bergerak dalam pengelolaan konservasi satwa dan tumbuhan yang berkonsentrasi pada lumba-lumba. PT. WSI diklaim sebagai lembaga pertama di Indonesia yang bergerak di bidang penangkaran lumba-lumba dan didirikan pada tahun 1999.

Fasilitas Pantai Cahaya

Seperti yang sudah disebutkan di ats tadi, bahwa pantai ini menyediakan banyak sekali fasilitas untuk para pengunjung. Pihak pengelola menyediakan wahana yang cukup banyak untuk anak-anak. Mulai dari Water King yang menyediakan kolam renang yang cocok untuk semua usia dan dilengkapi dengan guyuran air dari ember raksasa (waterboom). Selain itu juga terdapat kolam tanding Air Terjun Niagara, dan yang tidak kalah menariknya sensai mengapung di kolam ajaib pantai cahaya. Disini juga menyediakan kamar bilas yang lengkap dengan shower, kamar ganti, hingga loker sebagai tempat menyimpan barang anda.

Area parkir di Wisata Pantai Cahaya ini cukup luas. Disini juga ada toko yang menjual perlengkapan renang dan juga menyediakan jasa penyewaan perlengkapan renang, taxi cahaya, kios-kios yang menyediakan berbagai jajanan, kamar mandi bola, perahu kuno, kereta mini, panggung hiburan theatron, restoran dengan menu khas pantai, gazebo, dan juga terdapat Anjungan Pantai Cahaya.

Baca juga:  Destinasi Liburan Paling Murah di Indonesia

Harga Tiket Masuk Pantai Cahaya

Memasuki kawasan pantai cahaya anda kan dikenakan tiket Rp. 30.000,- per-orang, dan ini sudah termasuk dengan kolam renang dan wahana pentas lumba-lumba. Terdapat juga tawarn paket untuk rombongan dengan minimal 25 orang, membayar Rp. 30.000,- per-orang dengan fasilitas sesuai keinginan.

Harga ini belum termasuk utntuk biaya kolam renang Water King. Jika ingin memasuki Water King maka anda harus memabayar Rp. 25.000,- untuk satu orang. Untuk melihat atraksi lumba-lumba anda harus membayar Rp. 25.000,- untuk satu orang. Jadwal atraksi lumba-lumba dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul 15.00 WIB dengan durasi 1 jam saja. Sedangkan dalam satu hari bisa digelar 4 kali atraksi dengan kuota penonton hingga 800 orang.

Bila anda ingin menyewa saung dan loker, maka anda akan dikenakan biaya sebesar Rp.50.000,-. Bila anda ingin menyewa panggung theatron, maka anda akan dikenakan biaya Rp.1000,- per-jamnya. Jika anda ingin mnyewa tribun dholpin, anda akan dikenakan biaya Rp.2.000.000,- untuk satu jam. Sound system disewakan dengan harga Rp.200.000,- untuk satu jam.

Tersedia juga berbagai paket rombongan yang disesuaikan dengan fasilitas yang diberikan. Paket 1 dengan membayar Rp.20.000,- untuk satu orang, minimal rombongan 25 orang, dengan fasilitas bisa masuk dan menonton pentas lumba-lumba. Paket 2 dengan membayar Rp.25.000,- untuk satu orang, minimal rombongan 25 orang, dengan fasilitas bisa masuk dan menikmati kolam renang. Paket 3 dengan membayar Rp.31.500,- untuk satu orang, minimal rombongan 25 orang, dengan fasilitas bisa masuk dan menikmati pentas lumba-lumba serta menikmati kolam renang.

Lokasi

Lokasi Pantai Cahay berada di desa Sendang Kucing, Rowosari, Kendal, Jawa Tengah, Indonesia. Anda bisa menjangkau obyek wisata ini dengan menggunakan mobil pribadi. Jika anda berasal dari Semarang, maka bisa langsung menuju barat arah Kendal dengan melewati Kaliwungu.

Jika anda sudah sampai di Kendal, lanjutkanlah perjalanan menuju Lebo, setelah itu anda akan samapai di Rowosari. Nah, dari Rowosari akan ada petunjuk yang mengarah ke Pantai Cahaya. Petunjuk tersebut ada disetiap pohon yang berada di jalan yang mengarah ke pantai cahaya, dan perjalanan ini kan melewati pemukiman warga.Jarak tempuh menuju pantai cahaya berkisar lebih kurang 1 jam 30 menit, dengan kondisi jalan yang masih berbatu dan berpasir.

Demikian sedikit ulasan mengenai Keunikan Wisata Pantai Cahaya yang bisa anda dapatkan. Ingat selalu bahwa dengan melestarikan alam sekitar berarti kita secara tidak langsung ikut serta membangun kekayaan alam kita. Tetaplah menjaga kekayaan alam agar anak cucu kita juga dapat menikmatinya. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.