Ketahui 5 Tempat Wisata Instagramable Di Kalideres Jakarta Barat

Ibukota Jakarta terbagi menjadi lima wilayah kotamadya yakni Jakarta Pusat, Utara, Selatan, Timur dan Barat. Kalideres sendiri berada di wilayah Jakarta Barat. Jakarta sudah dikenal sebagai kota metropolitan yang identik dengan macet, politik, serta gedung-gedung pencakar langitnya. Termasuk wilayah Kalideres Jakarta Barat, ditengah padatnya pemukiman penduduk. Padatnya wilayah tidak membuat tempat wisata di Kalideres tergeser. Daripada bosan mengisi liburan hanya berjalan-jalan ke mall. Coba saja isi liburan dengan cara berbeda, yakni berlibur ke lokasi wisata dekat dengan kalideres. Manasaja? Berikut lokasi paling direkomendasikan.

Lokasi Wisata Menarik Di Kalideres

  1. Kota tua Batavia

Saat ini liburan juga jadi ajang berburu foto kekinian untuk megisi sosial media yang dimiliki. Kota tua Batavia jadi lokasi instagramable di Jakarta. Kemegahan bangunan peninggalan sejarah ini mempunyai bentuk arsitektur yang menarik bergaya Eropa. Dulunya lokasi ini merupakan pusat perdagangan di Asia pada abad ke 16. Suasana dikawasan tersebut masih asli dan belum tersentuh renovasi. Selain berfoto, kegiatan seru yang dapat dilakukan adalah mengelilingi kota tua menggunakan sepeda jadul. Semakin memberikan kesan jadul dan gaya Eropa yang kental.

  1. Museum Fatahillah

Wisata museum hingga saat ini selalu dipadati wisatawan. Terlebih lagi museum terbesar di jakarta ini. dibangun pada tahun 1707, awalnya tempat ini jadi sebuah balai kota. Lengkap dengan ruang kantor, ruang pengadilan hingga penjara bawah tanah. Pada tahun 1974 bangunan bergaya abad 17 ini beralih fungsi jadi sebuah museum. Dengan koleksi didalamnya berupa barang arkeologi, mebel antik, keramik, prasasti. Benda-benda kebudayaan Betawi, meriam, patung dll. fasilitas didalam museum sudah lengkap seperti kantin, toko cinderamata, tempat ibadah, ruang pertemuan dan taman.

  1. Toko Merah

Toko merah berada dikawasan kota Tua. sesuai dengan namanya, bangunan toko ini memiliki warna merah. Dulunya gedung ini digunakan sebagai tempat tinggal salah satu gubernur jendral VOC. Nama toko merah sendiri muncul saat seorang keturunan China menggunakan bangunan ini pada tahun 1851. Yang dipergunakan sebagai toko. Sayangnya banyak cerita seram mewarnai toko merah, dan membuat lokasi ini jarang dikunjungi. Padahal ketika memasuki lokasi tersebut, tempatnya cukup terawat dan menarik sebagai spot foto.

  1. Masjid An-Nawier
Baca juga:  5 Tempat Wisata Paling Unik di Penang

Ingin mencari lokasi wisata religi dan sejarah di Jakarta? Masjid An-Nawier jawaban yang paling tepat. dulunya masjid ini jadi pusat penyebaran agama Islam. Bentuk masjid juga sangat unik, karena hasil dari perpaduan budaya asing. Ciri khas masjid An-Nawier adalah tidak memiliki kubah seperti kebanyakan masjid lainnya. tempat ibadah umat Islam ini mampu menampung lebih dari 2000 orang dan terbuka untuk umum. Banyak pengunjung yang ingin memperdalam agama Islam ataupun ingin melihat keindahan arsitekturnya.

  1. Museum Bank Indonesia

Museum BI merupakan museum yang sangat modern, bersih, rapi dan berbeda dengan museum lainnya yang terlihat kurang terawat. penataan sangat rapi dengan pencahayaan menarik dilengkapi ruangan yang ber-AC. Manajemen yang baik adalah kunci menariknya museum BI. Koleksi yang dimiliki berupa uang kertas, uang logam, emas batangan, brankas ataupun benda-benda saksi sejarah Indonesia yang berhubungan dengan uang.

Dari sederet tempat wisata tadi, manakah yang paling ingin kalian kunjungi? meskipun sebagian besar adalah tempat wisata sejarah yang identik membosankan. Tapi kenyataannya jauh dari kata membosankan. Justru unik, menarik dan kekinian. Jadi mulai saat ini sempatkan diri mengunjungi tempat wisata di Kalideres ketika liburan ya.

Diskripsi : tempat wisata di Kalideres sebagian besar memang wisata sejarah, tapi jauh dari kata membosankan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.