Kesegaran Air Tempayan Tua di Puncak Gunung Sirimau

Pesona alam Indonesia tidak hanya terbatas pada wisata bahari saja, namun hampir seluruh jenis keindahan alam dapat anda temui di setiap sudut daerah di Indonesia, pegunungan, hutan, lokasi pemandian, air terjun, laut, pantai, danau, dan berbagai macam objek wisata alam lain yang akan membuat anda terheran-heran dengan pesonanya. Di antara begitu banyak daerah atau wilayah yang berada dalam naungan bendera Merah Putih, Kota Ambon, ibukota dari Provinsi Maluku ternyata menyimpan berbagai kekayaan alam yang menakjubkan. Sering kali disebut sebagai kota seribu pantai menjadikan Kota Ambon sebagai kota dengan wisata bahari yang membuat setiap orang berdecak kagum.

Tetapi, Kota Ambon tidak hanya menyimpan kekayaan bahari saja, terdapat beberapa pegunungan yang menjadi penyangga berdirinya kota ini, sebut saja Gunung Sirimau yang ada di Negeri Soya atau yang sering ditulis dengan Soija. Gunung ini terkenal dengan panorama alamnya yang indah, karena dikelilingi oleh hamparan hijaunya pepohonan. Tetapi di balik itu, ternyata Tempat Wisata Gunung Sirimau juga menjaga dengan baik warisan budaya dan sejarah yang ditinggalkan oleh nenek moyang mereka pada zaman dahulu. Sebut saja gereja protestan yang ada di Negeri Soya Atas, gereja ini terkenal karena bentuknya yang unik dan terletak di lereng sebuah gunung. Menurut berita yang beredar, gereja ini didirikan sekitar tahun 1546, beberapa abad sebelum Indonesia merdeka.

Jika dilihat dari kisah yang beredar di tengah-tengah masyarakat, disebutkan bahwa Tempat Wisata Gunung Sirimau adalah saksi pekembangan Ambon menjadi sebuah kota, karena pada kenyataannya Negeri Soya termasuk salah satu daerah yang berperan besar dalam pembentukan Kota Ambon. Mengunjungi negeri Soya yang berada di lereng Tempat Wisata Gunung Sirimau adalah suatu keharusan saat waltu liburan tiba. Karena setiap wisatawan yang datang berkunjung pasti akan berdecak kagum dan termangu saat menyaksikan keindahan alam dari puncak Tempat Wisata Gunung Sirimau. Di tambah dengan kehadiran rumah-rumah penduduk yang berada di bawah naungan rindangnya pohon-pohon yang terhampar di sepanjang lereng Tempat Wisata Gunung Sirimau.

Baca juga:  Kunjungi Alternatif Terbaik Tempat Wisata Di Bali Selain Pantai

Banyak peninggalan sejarah yang dapat anda saksikan ketika berada di Tempai Wisata Gunung Sirimau ini, salah satu Destinasi Wisata Sejarah Ambon yang ada di negeri Soya adalah Tempayan Tua yang terletak persis di Puncak Gunung Sirimau, atau sekitar satu kilometer dari perumahan penduduk. Membutuhkan sedikit perjuangan agar bisa sampai di puncak Gunung Sirimau tersebut, karena anda harus menaiki ratussan anak tangga yang telah dibangun menuju lokasi Tempayan Tua. Kelelahan adalah hal yang pasti akan anda rasakan ketika harus mendaki ratusan anak tangga yang berjejer rapi di sepanjang lereng Gunung Sirimau hingga puncak Tempat Wisata Gunung Sirimau.

Namun, rasa lelah yang mendera akan langsung menguap saat menapakkan kaki di puncak Gunung Sirimau, pesona alam yang menakjubkan di tambah pemandangan teluk Ambon yang terlihat jelas di puncak tersebut membuat anda lupa telah melalui perjalanan yang cukup berat agar dapat sampai di lokasi tersebut. Selanjutnya anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang berpusat pada sebuah Tempayan Tua yang berbentuk seperti guci dengan permukaannya yang terbuka. Tempayan Tua yang ada di Tempat Wisata Gunung Sirimau ini berisi air jernih yang kono tak pernah kering walaupun saat musim panas. Bahkan, menurut kepercayaan masyarakat sekitar, air yang ada di Tempayan Tua tersebut bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit.

Anda boleh percaya atau tidak dengan cerita yang berkembang, tetapi menjadikan Tempat Wisata Gunung Sirimau sebagai tujuan berlibur bersama orang-orang tercinta adalah suatu hal yang harus anda lakukan, mengingat banyak sekali destinasi wisata sejarah dan panorama alam yang dapat dapat saksikan dari puncak Tempat Wisata Gunung Sirimau.

Banyak cerita yang berkembang, terutama cerita mistis mengenai keberadaan berbagai benda sejarah dan asal mula nama Gunung Sirimau, namun, apapun cerita yang melatarbelakangi Tempat Wisata Gunung Sirimau tersebut, anda tetap harus bangga dengan keindahan alam yang ditawarkan oleh Destinasi Wisata Alam Ambon tersebut, karena banyak wisatawan yang rela menghabiskan liburannya di Destinasi Wisata Alam Ambon ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.