Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler

Liburan Para Traveler

Di zaman milenial seperti sekarang ini, liburan selain menjadi suatu kebutuhan juga diperlukan untuk eksistensi dan gaya hidup. Sehingga saat ini semakin banyak bermunculan para traveler dan backpacker pemula yang juga ingin merasakan sensasi liburan ke tempat-tempat yang jauh. Perencanaan dan persiapan yang matang sebelum melakukan perjalanan sangat penting dilakukan agar waktu yang kita keluarkan untuk berlibur tidak sia-sia dan kita bisa menikmati perjalanan yang menyenangkan. Sayangnya, banyak traveler yang melakukan kesalahan karena kurangnya perencanaan dan persiapan yang matang dan kebanyakan adalah traveler pemula. Kesalahan-kesalahan tersebut sebaiknya dihindari dan diatasi sehingga liburan yang kita lakukan lebih efektif, efisien, dan berkualitas serta lebih menyenangkan tanpa harus memikirkan masalah selama perjalanan.

Kesalahan yang Sering Dilakukan Traveler Pemula

Berikut ini beberapa kesalahan traveler yang sering dilakukan karena kurangnya perencanaan dan persiapan yang matang untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi:

  1. Perbaharui paspor dan dokumen yang diperlukan

Paspor dan visa merupakan dokumen penting yang harus ada jika kita ingin melakukan perjalanan ke luar negeri. Paspor pun memiliki batas waktu tertentu tidak seperti E-KTP yang berlaku sampai seumur hidup. Sehingga kita harus sesegera mungkin memperbaharui paspor jika masa berlakunya sudah hampir habis. Jangan sampai rencana perjalanan sudah disiapkan dengan matang, tiket transportasi dan akomodasi sudah dibeli namun pada akhirnya gagal berangkat lantaran paspor dan visa yang dimiliki sudah habis masa berlakunya.

  1. Tidak melakukan riset atau review travel blog

Melakukan riset dan mencara informasi tempat wisata yang akan dituju melalui travel blog sangat penting dilakukan agar memiliki referensi dalam merencanakan perjalanan. Banyak para traveler yang juga berkecimpung sebagai blogger mau membagikan informasi mengenai pengalaman perjalanannya di suatu tempat secara gratis. Untuk mencari informasi tempat wisata yang ingin dituju pun cukup mudah hanya dengan memasukkan keyword melalui search engine Google. Selain untuk mencari referensi, melakukan riset sebelum merencanakan perjalanan dapat membuat kita lebih detail dan tahu persiapan pakaian atau perlengkapan apa saja yang harus dibawa. Setidaknya tidak ada cerita salah kostum.

Baca juga:  6 Tips Travelling Saat Hamil Agar Aman
  1. Tidak melakukan konfirmasi ulang di tempat penyewaan

Melakukan perjalanan ke luar kota maupun luar negeri seringkali membuat kita mau tidak mau harus menyewa kendaraan di tempat wisata yang akan dituju agar lebih puas jalan-jalannya. Meskipun sudah memesan di tempat penyewaan sepeda motor maupun mobil jauh-jauh hari, jangan lupa untuk mengkonfirmasi ulang agar lebih pasti dan koordinasi dengan rental kendaraan bisa lebih baik. Pastikan konfirmasi ulang dilakukan sebelum berangkat ke tempat wisata tujuan agar tidak panik ketika tiba-tiba pihak rental melakukan kesalahan seperti lupa dan kendaraan yang disewa justru diberikan ke penyewa lain.

  1. Terlalu banyak barang bawaan

Membuat list barang apa saja yang akan dibawa sangat penting dilakukan agar ketika berangkat traveling kita tidak over packing. Seringkali para traveler pemula terutama inginnya membawa banyak barang dan berlebihan sehingga sudah kerepotan terlebih dahulu ketika berangkat. Padahal ketika melakukan traveling yang terpenting adalah barang-barang yang dibutuhkan saja dan penting serta secukupnya sehingga tidak berlebihan. Buat list barang bawaan yang penting-penting terlebih dahulu seperti dokumen, pakaian secukupnya, obat-obatan, hingga perlengkapan smartphone yang diperlukan.

  1. Lupa mengurus provider telepon

Mungkin terdengar sepele namun ketika jalan-jalan ke luar negeri hal ini sangat penting dilakukan agar jangan sampai ketika di negara orang kita tidak bisa menggunakan smartphone. Kesalahan traveler yang ini sering dilakukan karena faktor lupa sehingga ketika sudah di negara orang baru panik karena smartphone-nya belum dicek di provider dan tidak bisa digunakan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.