Kemeriahan Festival Darwin-Ambon Yacht Race

Objek wisata tidak selalu harus berupa aktivitas menikmati keindahan alam yang terhampar luas di berbagai daerah, baik keindahan alam yang ada di daratan Indonesia seperti pegunungan dan kawasan hutan yang menyimpan kekayaan flora dan fauna yang banyak di antara keanekaragaman flora dan fauna itu yang belum teridentifikasi hingga saat ini. Selain itu juga ada pesona bahari Indonesia yang tidak pernah sepi dari kehadiran wisatawan, banyak sekali event bergengsi yang menjadikan salah satu kawasan wisata bahasa sebagai tempat dilangsungkannya event tersebut. Salah satu Objek Wisata Bahari yang berkesempatan menjadi tuan rumah sebuah event besar berskala internasional adalah Pantai Amahusu yang terletak di Desa Amahusu, Kota Ambon, Provinsi Maluku. Event yang diselenggarakan ini bernama Darwin-Ambon Yacht Race atau yang disingkat dengan DAYR.

Event yang rutin diadakan setiap tahun tersebut menjadikan Pantai Amahusu semakin banyak dikunjungi oleh para wisatawan dalam dan luar negeri, terutama wisatawan yang berasal dari Benua tetangga Australia. Setidaknya ada 16  perahu layar yang menghiasa Tempat Wisata Darwin-Ambon Yacht ini. Mereka berlayar mulai dari perairan di Pantai Kota Darwin Australia dan finish di pesisir Pantai Amahusu, Desa Nusaniwe, Ambon. Tempat Wisata Darwin-Ambon Yacht telah berlangsung selama lebih kurang 30 tahun, namun pada tahun 1999 silam, perlombaan yang menjadi salah satu cara membangun komunikasi dan interaksi dengan benua Australia ini terhenti, akibat krisis kemanusiaan yang melanda Ambon pada saat itu.

Tetapi, setelah konflik kemanusiaan tersebut reda dan kondisi kota Ambon sudah tenang, perlombaan yang menjadi ajang silaturrahmi kedua negara ini kembali dilangsungkan. Dilanjutkannya tradisi perlombaan perahu layar yang menjadikan Tempat Wisata Darwin-Ambon Yacht banjir pengunjung memiliki banyak sekali manfaat yang dirasakan oleh kedua negara. Manfaat pertama dapat dirasakan dari makin meningkatnya jumlah wisatawan yang datang berkunjung ke Kawasan Wisata Bahari Indonesia, khususnya Ambon serta wisatawan yang ingin melihat start dari perlombaan tersebut di perairan laut Kota Darwin, Australia. Selain itu, event ini juga dilakukan untuk mempererat hubungan antara dua kota beda negara yang dijuluki sebagai kota kembar, yaitu Kota Darwin dan Kota Ambon. Selama event ini diadakan, hubungan kedua kota boleh dibilang sangat baik, berbagai kerjasama terjalin, tidak hanya dibidang pariwisata, tetapi perekonomian kedua kota juga terkena dampak positif dari event yang dihadiri oleh ratusan pengunjung tersebut.

Baca juga:  Hobi Foto? Kunjungi Tempat Hunting Malam Di Bandung Yang Recommended

Karena jika kita lihat lebih jauh, Kota Ambon dan Kota Darwin atau benua Australia umumnya, memiliki cerita yang saling terkait sejak zaman penjajahan dulu. Sebut saja Tugu Dollan yang ada di salah satu daerah di Kota Ambon, tugu ini merupakan tugu yang dibangun untuk mengenang jasa dari seorang tentara Australia yang bergerilya seorang diri melawan kekejaman tentara Jepang pada saat perang dunia berlangsung. Selain itu, juga ada Makam Pahlawan Persemakmuran yang menjadi sebuah destinasi wisata sejarah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Di Makam Pahlawan Persemakmuran tersebut dimakamkan sekitar 2000 tentara yang gugur saat Perang Dunia ke 2 melawan Jepang. Namun, mayoritas dari tentara yang gugur dan dimakamkan di lokasi Makam Pahlawan Persemakmuran itu adalah tentara yang berasal dari Australia. Sehingga tidak heran jita setiap tahun banyak warga Australia yang datang berkunjung ke Kota Ambon dengan tujuan berziarah ke makam leluhur mereka yang menjadi korban kebiadaban tentara Jepang.

Melihat eratnya hubungan antara kedua Kota tersebut, tidak heran jika Tempat Wisata Darwin-Ambon Yacht begitu menarik perhatian masyarakat Ambon dan wisatawan yang sedang berlibur di kota seribu pantai itu. Oleh karena itu, jangan lewatkan kesempatan untuk menyaksikan event internasional yang berlangsung di Pantai Amahusu ini ketika anda juga sedang berada di sekitar Kota Ambon, karena kesempatan berharga seperti itu tidak akan datang dua kali. Jika anda memang tertarik untuk melihat langsung kemeriahaan dari perlombaan perahu layar antara dua benua ini, tidak ada salahnya anda mengikuti setiap berita yang membicarakan mengenai event tersebut dan langsung sewa penginapan yang berada dekat dengan tempat dilangsungkannya event berkelas internasional ini.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.