Keindahan Wisata Air Terjun Di Tulungagung

Selain terkenal dengan wisata pantainya, Tulungagung juga menyimpan surga tersembunyi berupa keindahan alam berupa air terjun. Panorama jatuhnya air dari atas ke bawah kemudian mengalir ke sungai-sungai di bawahnya dengan dikelilingi hijaunya pepohonan, tentu bisa menjadikan liburanmu jadi lebih menyenangkan. Jangan sampai melewatkan keindahan air terjun yang berada di Tulungagung ini, karena sangat disayangkan jika sampai tak mampir untuk sejenak menikmati sejuknya udara sambil melihat pemandangan air terjun. Berikut ini beberapa tempat wisata air terjun di Tulungagung:

  1. Jurug Tretes

Lokasinya berada di Dusung Kaligede, Kecamatan Pucanglaban, Kabupaten Tulungagung dan masih sangat tersembunyi sehingga masih belum banyak yang mengunjunginya. Kita harus berjuang sedikit menempuh jarak 1 km dengan berjalan kaki dari tempat parkir. Lokasi air terjun ini dekat dengan Pantai Dlodo, jadi tak ada salahnya setelah ke Pantai Dlodo kemudian mampir ke air terjun ini. Air terjun ini nampak seperti kolam berwarna hijau tosca yang dikelilingi tebing dan pepohonan hijau dan mengalir air terjun dari atas tebing. Untuk memasuki air terjun ini, tidak dipungut biaya.

 

  1. Air Terjun Parangkikis

Lokasinya berada di Gambiran, Pagewojo, Tulungagung tepatnya di lereng Gunung Wilis. Akses menuju air terjun ini tidak terlalu sulit dan hanya ditempuh selama 10 menit dari tempat parkir. Airnya begitu jernuh dan hawanya pun sejuk didukung dengan hijaunya pepohonan yang mengelilingi air terjun ini.

 

  1. Coban Kromo

Lokasinya berada di Pelem, Campur Darat, Tulungagung. Kawasan wisata ini bisa ditempuh selama 20 menit dari pusat kota. Air terjunnya tidak terlalu tinggi, namun keindahan alam di sini didukung dengan kejernihan airnya, pemandangan hutan, sawah, dan kota Tulungagung dari ketinggian. Selain itu, tempat ini sangat cocok bagi pemburu sunset karena keindahan matahari terbenan bisa terlihat jelas di sini. Memasuki kawasan wisata ini cukup murah yakni hanya Rp 5.000 saja per orang.

 

  1. Watu Gedong

Lokasinya berada di Sebalor, Bandung, Tulungagung dan tak jauh dari Kali Mas. Selain keindahan air terjunnya, ciri khas lainnya adalah keindahan batu tebing dengan artistiknya yang alami. Air terjun yang mengalir dari sudut tebing batu tidak terlalu tinggi. Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto. Meskipun kawasan wisata Watu Gedong ini belum lama yakni baru pada tahun 2016, namun sudah banyak menyedot perhatian banyak pengunjung. Sebelum memasuki kawasan air terjun, kita akan melewati kawasan desa dengan banyaknya hijaunya pepohonan. Kelebihan lain dari kawasan wisata ini adalah tempat ini masih sangat alami dan terawat bersih.

Baca juga:  2 Tempat Wisata Malam Favorit di Magelang

 

  1. Jurug Tejo

Lokasinya berada di Desa Manding, Kecamatan Pucanglaban, Tulungagung. Tempat ini masih asri dan sangat alami karena lokasinya tersembunyi di balik kabun warga dan hutan sehingga belum banyak yang tahu akses menuju ke tempat ini. Namun, akses menuju tempat ini pun cukup mudah, bahkan sepeda motor pun bisa langsung sampai di dekat air terjun. Gunakan GPS (Gunakan Penduduk Setempat) untuk mengetahui rute menuju Jurug Tejo. Kita bisa menikmati keindahan alam di Jurug Tejo ini sambil berenang. Meskipun air terjunnya tidak terlalu tinggi, kita akan disuguhkan dengan keindahan alam di sampingnya diiringi gemericik air sungai yang mengalir.

 

  1. Air Terjun Lawean

Lokasinya berada di Geger, Sendang, Tulungagung yang memiliki ketinggian sekitar 100 m dengan beberapa cabang. Sama halnya seperti Air Terjun Parangkikis, air terjun ini juga terletak di lereng Gunung Wilis. Untuk menuju air terjun ini harus berjuang selama kurang lebih 3 jam dengan berjalan kaki. Sebelum sampai di air terjun, kita akan disuguhkan dengan pemandangan hutan pinus dan hutan mahoni yang rimbun, serta sungai yang bersumber dari Air Terjun Lawean.

 

  1. Air Terjun Alas Kandung

Lokasinya berada di Tanen, Rejotangan, Tulungagung tepatnya di wilayah pinggiran hutan. Akses menuju ke tempat ini cukup sulit namun sudah dapat dijangkau kendaraan. Air terjun ini memiliki 3 tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi, paling tinggi 15 meter. Kedalaman air terjun ini cukup dalam sekitar 4-8 meter dengan kejernihan airnya yang berwarna hijau tosca. Untuk memasuki kawasan wisata ini pun tidak dipungut biaya tiket masuk, hanya cukup membayar biaya parkir sebesar Rp 3.000 saja.

Jangan lupa untuk tidak membuang sampah sembarangan di manapun kalian berlibur apalagi jika di tempat wisata alam seperti air terjun ini. Semoga ulasan ini bermanfaat dan membuat kalian tertarik untuk menikmati keindahan alam air terjun di Tulungagung.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.