Keindahan Hutan Kota Malabar, Sebuah Hutan di Tengah Kota

Pernahkah terbayangkan oleh anda, bisa menikmati suasana hutan yang rindang, penuh dengan kicauan burung serta semilir angin yang menenangkan saat anda berada di tengah-tengah perkotaan?. Mungkin tidak, karena selama ini kawasan hutan selalu berada di pinggir kota, bahkan hanya bisa kita jumpai di area pegunungan dan perbukitan atau dataran tinggi, tidak mungkin rasanya melihat hutan yang rindang di tengah-tengah kota. Namun keraguan dan pertanyaan anda akan dijawab tuntas dengan kehadiran Hutan Kota Malabar, salah satu obyek Wisata di Malang yang menawarkan sensasi berada di tengah hutan dengan pepohonan yang rindang, namun tetap bisa melihat lalu lalang kendaraan yang tiada henti.

Pada awalnya area ini hanyalah sebuah lahan terbuka yang dipenuhi oleh pepohonan rindang, masyarakat sekitar membiarkan pepohonan di sana tumbuh dengan suburnya, hingga banyak terdapat pohon-pohon besar yang menjulang tinggi. Rindangnya pepohonan namun tidak mendapat perhatian dan perawatan yang serius dari pemerintah menjadikan tempat ini sedikit menakutkan saat dilewati, juga kondisi hutan yang gelap pada malam hari membuat kawasan disekitar tersebut rawan akan tindak kejahatan, seperti pencurian, tempat mesum, tempat sembunyi para pecandu narkoba, dan sebagainya.

Hutan Kota Malabar Malang

Sumber: esokharinanti.com

Tetapi pada tahun 2013, pemerintah beserta jajarannya memulai proses revitalisasi Hutan Kota Malabar dengan melakukan perbaikan di berbagai aspek. Masyarakat dan mahasiswa pun turut serta dalam kegiatan ini dengan menggalakkan manfaat menanam pohon kepada para pengunjung dan warga Kota Malang. Dengan partisipasi aktif dari berbagai elemen masyarakat tersebut, sekarang Hutan Kota Malabar telah memiliki 1500 pohon beraneka ragam yang menjadikan Hutan Kota Malabar semakin rindang.

Hutan Kota Malabar terletak di Jl Malabar, kelurahan Oro-Oro Dowo, Kota Malang, bersebelahan dengan Pasar Oro-Oro Dowo. Ada dua pintu utama yang bisa anda manfaatkan untuk memasuki kawasan ini, yaitu pintu pertama yang berada di pertigaan Jl Malabar dan Merbabu, dan pintu kedua dekat Pasar Oro-Oro Dowo di Jl Guntur dan Muria.

Kawasan Hutan Kota Malabar ini banyak dijadikan tempat bersantai dan berolahraga oleh masyarakat sekitar, adanya jalanan Paving yang mengitari seluruh kawasan hutan membuat pengunjung nyaman berada di Hutan Kota Malabar tersebut. Penyediaan jalanan paving ini ditujukan untuk membantu pemerintah dalam menjaga tumbuh kembang setiap pohon di sana, karena jika tidak dibangun jalanan seperti itu, dikhawatirkan para pengunjung akan menginjak pepohonan yang ada, baik secara sengaja ataupun tidak.

Baca juga:  Rekomendasi Wisata Alam Hokkaido

Salah satu fungsi hutan adalah sebagai tempat resapan air, Hutan Kota Malabar pun demikian adanya. Di bagian belakang hutan ada kolam resapan air yang cukup besar, tetapi kolam ini tidak terlalu terawat hingga menimbulkan sedikit kesan menyeramkan. Selain itu, di beberapa bagian hutan terdapat plasa, bukan pusat perbelanjaan ya, tetapi plasa adalah sebutan untuk bundaran yang berfungsi sebagai titik temu untuk para pengunjung. Jika anda lelah mengelilingi taman atau ingin istirahat setelah berjongging di area ini, pemerintah telah menyediakan bangku-bangku taman untuk anda. Di sana anda bisa duduk santai menikmati keasrian alam sambil melepas penat setelah cukup lama berolahraga. Walaupun berupa hutan, Wisata di Malang ini telah dilengkapi dengan puluhan lampu taman, hal ini menjadikan Hutan Kota Malabar tidak lagi menyeramkan pada malam hari dan meminimalisir tindak kejahatan yang sering terjadi.

Selain berbagai kelebihan di atas, Hutan Kota Malabar juga pas dijadikan sebagai pusat Wisata Edukasi untuk anak-anak anda. Ajaklah mereka bermain di Hutan ini sambil mengajarkan berbagai jenis tanaman yang ada, karena setiap pepohonan di Hutan Kota Malabar dilengkapi dengan keterangan menarik yang bisa anda pelajari bersama anak-anak anda jadi waktu istirahat akhir pekan anda bisa lebih bermanfaat, selain bisa bersantai bersama keluarga, olahraga bareng, juga bisa menanamkan pengatahuan mengenai tumbuh-tumbuhan pada mereka, dan yang paling penting bisa menanamkan rasa cinta pada tanaman semenjak dini.

Bagaimana sahabat? Tidak mustahil bukan menemukan Hutan di tengah-tengah perkotaan?. Jadi anda tidak perlu jauh-jauh lagi ke daerah pegunungan untuk menikmati damainya suasana Hutan, cukup datang ke Hutan Kota Malabar dan rasakan sensasinya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.