Keelokan Danau Kaolin di Bangka Belitung

Pesona Alam Danau Kaolin

Tidak hanya Bandung, Jawa Barat yang memiliki kawah putih dan bisa dibilang Danau Kaolin merupakan ‘Kawah Putih’-nya Bangka Belitung. Bangka Belitung sendiri terkenal dengan pantainya yang cantik dengan ciri khas batu granitnya seperti yang ada di film ‘Laskar Pelangi’. Ternyata, Bangka Belitung juga memiliki sisi eksotis lainnya berupa sebuah danau yang merupakan fenomena langka yaitu Danau Kaolin yang berwarna biru. Danau Kaolin ini terbentuk dari aktivitas tambang yang sudah tidak dilanjutkan lagi sehingga terbentuklah danau ini. Danau Kaolin pun telah menjelma menjadi sebuah obyek wisata yang sangat diminati masyarakat di sekitarnya maupun wisatawan dari luar daerah. Meskipun hanya sebuah kawasan bekas galian tambang mineral kaolin, ternyata mampu membius para wisatawan dengan keindahan view air birunya yang eksotis.

Fakta Menarik Mengenai Danau Kaolin

Danau Kaolin merupakan sebuah danau yang terletak di Desa Air Raya Tanjung Pandan, Bangka Blitung yang bisa ditempuh dalam waktu 10 menit dari Bandara Tanjung Pandan. Dengan letaknya yang sangat strategis dan mudah dijangkau ini tentu meningkatkan daya tarik bagi para wisatawan. Namun ternyata di balik keindahan dan eksotismenya ternyata membawa dampak yang kurang baik sebelumnya.

Danau Kaolin Bangka Belitung

Danau Kaolin Bangka Belitung | Sumber: blogspot.com

Danau Kaolin Bangka Belitung terbentuk karena adanya kubangan besar hasil penambangan Kaolin atau clay yang merupakan salah satu hasil kekayaan tambang yang berada di Belitung. Hasil tambang tersebut kemudian dijual untuk digunakan sebagai bahan baku pabrik cat, kosmetik, kertas, juga pasta gigi sifat kaolin sendiri adalah halus, putih, dan kuat sehingga memiliki daya hantar listrik dan daya hantar panas yang rendah. Memang keberadaan penambangan tersebut telah membuka banyak lapangan kerja bagi masyarakat sekitar akan tetapi juga berdampak terhadak banyaknya aliran sungai yang rusak.

Tempat ini sangat cocok untuk dijadikan spot foto yang instagramable dengan view background warna air danaunya yang biru tosca. Warna biru di danau ini adalah hasil dari kandungan mineral yang cukup tinggi dari bekas penambangan. Sekilas danau ini layaknya oase di tengah gersangnya area bekas penambangan yang telah rusak akibat eksploitasi penambangan sebelumnya. Selain untuk upload di sosial media, tempat ini juga sangat cocok untuk foto pre wedding maupun post wedding. Bagi para pecinta fotografi tempat tentu akan menjadi spot yang menarik untuk diambil gambarnya.

Baca juga:  7 Destinasi Menarik: Tempat Wisata di Banyuwangi Terbaru 2018

Sedangkan pinggiran danau yang merupakan hamparan tanah bekas galian yang tertumpuk sekilas seperti punggung ular yang besar. Bahkan banyak yang menyebutnya seperti Gunung Bromo mini yang berwarna putih dan mempesona setiap mata yang memandangnya. Ketika Danau Kaolin surut, daratan yang tertutup air akan terlihat seperti gula putih yang bersih. Selain itu terdapat sebuah daratan yang berada di tengah danau yang seakan menghubungkan antar ujung danau.

Meskipun terlihat mirip dengan Danau Kawah Putih yang ada di Ciwidey, tentu saja Danau Kaolin memiliki perbedaan dengan Kawah Putih. Kawah Putih cenderung sarat dengan bau belerang yang menyengat sedangkan di Danau Kaolin kita tidak akan mencium bau belerang sedikit pun karena danau ini tidak terbentuk dari sebuah kawah gunung berapi. Sehingga pengunjung pun akan betah berlama-lama berada di danau ini tanpa harus menutup hidungnya dengan masker. Selain itu, air yang berada di danau ini tergolong aman dan tidak panas. Bahkan banyak warga dan anak-anak yang menggunakan air danau untuk mandi. Sehingga para pengunjung pun bisa bermain dan berenang sambil menikmati air Danau Kaolin yang segar.

Sangat disarankan untuk mengujunjgi Danau Kaolin Bangka Belitung ini ketika pagi atau sore hari karena ketika siang hari cuaca akan sangat panas. Sangat jarang ditemukan pepohonan lebat di tempat wisata ini. Danau Kaolin sendiri belum dikelola oleh siapapun sehingga tidak ada fasilitas umum yang tersedia. Jika ingin menginap, maka Kota Tanjung Pandan adalah pilihan yang paling dekat dan menyediakan berbagai penginapan dan hotel dengan berbagai variasi harga.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.