Inilah Wisata Lombok Dekat Mataram yang Harus Kamu Kunjungi

Objek wisata Lombok merupakan salah satu tujuan wisata yang sangat terkenal hingga ke mancanegara. Karena merupakan salah satu pulau yang kaya akan potensi alam yang dapat dimanfaatkan sebagai objek wisata.Berbicara tempat wisata Lombok maka kita tidak boleh melewatkan Kota Mataram. Yang merupakan salah satu akses jalan menuju berbagai objek wisata di Lombok.Mataram sebagai ibu kota provinsi Nusa Tenggara Barat memang tidak lepas dari potensi wisata pula.

Kalau kita teringat akan sejarah Mataram merupakan salah satu wilayah kerajaan Hindu di Indonesia. Tak heran kalau di Mataram terdapat beberapa peninggalan kerajaan atau agama Hindu yang cukup terkenal. Namun pada perkembangannya agama Hindu di dasar oleh kehadiran agama Islam. Sehingga juga ada pula beberapa objek wisata bernuansa Islami. Untuk kamu yang menuju Lombok tetapi masih singgah di Mataram, bisa mencoba berkunjung ke objek Wisata Lombok dekat Mataram berikut ini.

Pura Meru

Pura Meru merupakan pusat peribadatan agama Hindu di Lombok. Saat ini pura Meru masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah. Lokasi pura Meru terletak di kecamatan Cakranegara Mataram. Dibangun pada tahun 1720 oleh Anak Agung Ngurah Karangasem. Salah satu bangunan Pura Meru ini terdiri dari 11 tingkat yang melambangkan Pura Dewa Syiwa. Arsitektur bangunan pura Meru merupakan perpaduan antara arsitektur Jawa kuno dan arsitektur Lombok kuno.

Kalau kamu ingin mencari oleh-oleh pasca berwisata ke pura Meru dapat berkunjung ke pasar Cakranegara. !Disana kamu dapat menemukan jajanan atau makanan khas Mataram dan Lombok sekaligus mencari oleh-oleh.

Taman Udayana

Merupakan ruang terbuka hijau yang dimanfaatkan sebagai pusat objek wisata kuliner oleh pemerintah setempat.Kamu bisa cuci mata karena banyak sekali tumbuhan hijau di taman Udayana ini. Ada banyak sekali tempat rindang untuk bersantai bersama teman atau keluarga. Tentu saja sambil lalu menikmati makanan wisata kuliner di taman ini. Taman Udayana ini menyediakan menu berbagai kuliner khas Lombok. Ada banyak sekali penjual makanan khas Lombok di sana. Pilih sesuai selera dan nikmati di sekitar taman dengan nuansa sejuk dan rindang.

Baca juga:  Pesona Malam di Wisata Tugu Talawi Sawahlunto

Kota Tua Ampenan

Kalau kamu ingin melihat potret kota Mataram tempo dulu, bisa mengunjungi Kota Tua Ampenan ini. Kota tua yang satu ini berada di pinggir Selat Lombok. Sehingga menghadirkan pemandangan yang memadukan antara Selat Lombok dan bangunan tua peninggalan Belanda. Pada awalnya di sekitar kota tua ini merupakan pelabuhan utama Menuju Pulau Lombok pada zaman Belanda. Tetapi karena gelombang laut besar di Selat Lombok, pelabuhan ini ditutup. Banyak bangunan yang ditinggalkan penghuninya. Muncullah kota tua yang menjadi salah satu objek Wisata Lombok Dekat Mataram yang cukup menarik. Ada banyak sekali spot foto dengan latar belakang retro di lokasi wisata ini.

Pura Taman Air Mayura

Merupakan pura yang menjadi saksi perjalanan kerajaan Hindu di Mataram. Istilah Mayura sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang artinya burung merak. Menurut cerita masyarakat setempat pada zaman dahulu pura Taman Air mayura ini dipenuhi oleh ular. Sehingga didatangkan lah burung merak untuk mengusir ular ular tersebut. Barulah pura ini bisa digunakan oleh masyarakat untuk beribadah. Sama-sama terletak di kecamatan Cakranegara, ini juga dibangun oleh Anak Agung Ngurah Karangasem.

Itulah beberapa objek wisata Lombok Dekat Mataram yang wajib kamu singgahi. Karena semuanya berada di dalam kota Mataram kamu bisa mengunjungi semua objek wisata tersebut hanya dalam satu hari.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.