Indahnya Pesona Wisata Pantai Tirang Semarang

Berbicara tentang pantai di Indonesia, seperti berbicara kenikmatan kopi. Tak ada habisnya. Banyak surga tersimpan di beberapa lokasi yang menawarkan pemandangan laut yang eksotis. Dan Semarang adalah satu kota yang menyimpan surga-surga tersebut. Banyak pantai yang tersebar di Kota Semarang, mulai dari Pantai Marina, Pantai Maron, Pantai Cipta, dan masih banyak lagi. Salah satu pantai yang cukup menyita perhatian para pelancong yang ingin berburu keindahan laut lepas ialah Pantai Tirang.

Wisata Pantai Tirang Semarang

Wisata Pantai Tirang sendiri merupakan salah satu objek wisata pantai yang berlokasi di desa Tugurejo, kabupaten Semarang, provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Pantai ini adalah salah satu pantai di Semarang yang tidak pernah sepi pengunjung, baik hari biasa apalagi di hari libur. pantai ini memiliki pesona keindahan yang sayang kalau dilewatkan. Bila di satu kesempatan anda berada di Semarang, maka sempatkanlah mengunjungi pantai ini.

Tidak banyak yang tahu latar belakang Sejarah di balik Pantai Tirang ini. Keindahannya yang eksotis ternyata menyimpan sebuah sejarah yang patut diketahui. Di ujung kampung Tapak dahulunya terdapat sebuah pulau kecil yang sering dikenal sebagai ikon kota Semarang. Pulau tersebut bernama Pulau Tirang, namun sangat disayangkan pulau tersebut harus hilang karena terkena dampak abrasi, sehingga beragam jenis flora dan fauna pun ikut lenyap.

Wisata Pantai Tirang memiliki keindahan yang tiada duanya, selain itu perjalanan anda akan semakin menyenangkan sebab penduduk daerah sekitar pantai dikenal sangat ramah terhadap wisatawan. Pantai ini memiliki luas 240,70 hektar. Cukup luas bukan? Hal ini tentu semakin membuat pantai ini menarik dikunjungi sebab luasnya pantai bersanding dengan keindahan alam yang ditawarkan pantai ini. Tak hanya pesona lepas lautnya yang bisa membuat anda terhipnotis, pesona bawah lautnya juga tak kalah eksotis. Di pantai ini anda bisa menikmati indahnya barisan berbagai macam jenis terumbu karang yang terhampar di dunia bawah laut pantai.

Keindahan Pantai Tirang disebut-sebut dapat membius para wisatawan yang berkunjung ke sana. Ombak yang tidak terlalu besar memungkinkan anda bermain air bersama sahabat atau keluarga tercinta anda. Hijaunya pepohonan mangrove di bibir pantai juga turut menambah kecantikan pantai ini. Pada saat sore keindahan panorama sang surya ketika membenamkan diri juga dapat anda nikmati di sini. Pantai ini juga amat cocok dengan anda yang memiliki hobi memancing, sebab di pantai ini terdapat lokasi yang sangat strategis untuk menyalurkan hobi anda tersebut. Jika beruntung umpan kail anda akan dimakan oleh ikan baramundi atau yang juga dikenal dengan ikan kakap putih. Selain ikan baramundi, juga terdapat ikan kedokan atau yang juga dikenal dengan nama ikan dokan yang merupakan salah satu ikan favorit masyarakat setempat.

Baca juga:  Pegunungan Kapur Maros Sebuah Wisata Ajaib Di Indonesia

Pantai Tirang dengan garis pantai yang cukup luas juga memungkinkan anda bermain sepuasnya tanpa takut terkena bebatuan atau karang. Di sini juga terdapat ilalang pada beberapa titik tertentu dan pastinya ini semakin menambah keindahan Pemandangan Pantai Tirang. Selain itu, banyak pula spot yang bisa anda gunakan untuk selfie bersama teman-teman anda. Semua keindahan ini bisa anda nikmati hanya dengan membayar Harga Tiket Masuk Pantai Tirang yang tidak menguras isi kantong, hanya Rp. 5000,- saja.

Ketika berkunjung ke tempat ini, Anda tidak perlu khawatir dengan kenyamanan anda. Pasalnya, terdapat fasilitas yang akan menunjang liburan anda bersama keluarga atau teman-teman anda. Beberapa fasilitas tersebut seperti mushola, area parkir, penginapan, MCK atau kamar mandi, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya. Anda juga tidak perlu khawatir dengan perut yang keroncongan ketika berada di Pantai Tirang. Ada warung-warung yang menyediakan berbagai jenis panganan laut. Olahan ikan kerapu dan ikan kakap biasanya yang paling banyak dibikmati pengunjung.

Untuk mencapai Lokasi Pantai Tirang ini anda tidak usah bingung. Bagi anda wisatawan dari luar kota yang mengendarai motor atau mobil pribadi, ambillah arah bundaran kalibanteng. Kemudian terus lurus hingga anda menemukan kantor samsat, dan terus lurus sampai anda menemukan gerbang Perumahan Graha Padma, susurilah jalan tersebut hingga ke ujung. Anda akan melewati semacam sungai dan tambak ikan, setelah ini pantai Tirang sudah tidak jauh lagi. Bila disimpulkan Rute Ke Pantai Tirang adalah sebagai berikut:

Dari Semarang > bundaran Kalibanteng > kantor samsat online >Perumahan Graha Padma > Pantai Tirang.

Demikianlah ulasan mengenai Pesona Wisata Pantai Tirang. Bagi anda yang akhir-akhir ini cukup sibuk dengan aktifitas kerja, istirahatlah sejenak. Rencanakanlah liburan dan mungkin Pantai Tirang bisa jadi pilihan anda untuk melepas kepenatan dan kejenuhan karena beban kerja yang terlalu padat. Hal yang terpenting tetap menjaga kondisi tubuh anda agar tetap fit saat Mengunjungi Pantai Tirang. Selalu jaga kebersihan pantai ya, jangan jadi orang yang ikut mencemari indah dan bersihnya pantai, sebab bayak habitat laut yang terancam karena itu. Selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.