Indahnya Pesona Wisata di Lofoten Norwegia

Pesona wisata Lofoten Norwegia memang tidak pernah habis menyuguhkan panorama alam yang sangat menakjubkan serta kaya akan tradisi dan sejarah di desa-desa kecil di sekitarnya. Kita bisa melakukan berbagai macam kegiatan seperti memancing ikan, mencari elang laut atau sekedar mendayung perahu kecil antar pulau. Lofoten terdiri dari pulau-pulau yang melintang menghiasi perairan Laut Norwegia jauh di atas Lingkaran Arktik. Selain itu terdapat pula sebuah padang gurun yang menghadirikan pemandangan gunung yang megah, fyord yang dalam, surfing yang menyapu lantai, serta koloni burung laut.

Wisata sejarah juga bisa kita temukan di sini seperti bangunan sepanjang 83 meter yang dulunya merupakan rumah Viking yang sudah direkonstruksi sebagai museum hidup. Iklim di pulau ini tergolong lebih ringan dibanding bagian dunia lain yang memiliki garis lintang yang sama. Sebagian besar orang menyukai memancing dan wilayah ini dikenal dengan desa-desa nelayan kecil. Daya tarik lainnya adalah cuaca yang berubah dengan cepat dan kondisi cahayanya yang menawan dengan latar belakang gunung dan rumah-rumah pedesaan.

Tidak hanya itu, satwa liar masih bisa kita temukan di sini dan jika kita beruntung kita akan melihat elang laut dan varietas besar spesies burung lainnya selama perjalanan ke Trollfjord. Cahaya aurora yang begitu memikat serta hamparan pantai berpasir putih menambah panorama keindahan tempat wisata Lofoten di Norwegia ini. Kita bisa menaiki perahu yang akan melintasi selat Oyhellsundet ke Trollfjord sekaligus mengujungi perburuan paus pulau Skrova. Jangan lupa untuk menggunakan pakaian hangat dan berlapis karena cuaca di daerah ini sangat dingin.

Sangat disarankan untuk mengikuti paket tur wisata ketika akan melakukan perjalanan di tempat ini dengan minimal sebanyak 5 orang. Tur akan dimulai dari pusat Svolvær sepanjang musim panas dari pukul 09.30, 11.30, dan 14.00 di bulan Agustus dan Rabu – Sabtu pukul 11.30 dari bulan Oktober hingga Juni. Ada kegiatan menarik lainnya yang menjadi daya tarik wisata yaitu bermain gold dengan suasana yang tenang di tepi lautan.

Fasilitas-fasilitas seperti kafe, pro shop, bar, penyewaan peralatan golf, hingga ruang rapat pun tersedia di sini. Untuk menikmati pemandangan nan indah di tempat ini, kita bisa bersepeda dengan santai menelusuri rute dari Svolvær ke Å dan berjalan melewati desa-desa nelayan yang indah sampai menuju ke kota. Menjelajahi Alpen Raftsundet dengan fyord misterius yang dalam dan sempit serta menjulang dengan puncak yang berkilauan tertutup salju, menelusuri laut terbuka untuk menonton burung, mamalia laut dia pantai Atlantik Utara tentu akan menjadi momen liburan yang tidak terlupakan.

Baca juga:  Wisata Edensor

Transportasi dan Akomodasi

Ada banyak moda transportasi yang bisa digunakan untuk menempuh tempat wisata Lofoten Norwegia ini. Jika ingin menggunakan pesawat, beberapa penerbangan rutin dari semua kota besar di Norwegia yaitu bandara Bodo, Harstad/Narvik, Rost Airport, Svolvær Bandara, dan Leknes. Waktu yang ditempuh pun cukup singkat yaitu sekitar 1 jam 30 menit kita sudah sampai di Lofoten. Jika ingin menggunakan mobil, ada beberapa pilihan agar bisa sampai di Lofoten. Pertama, jika tiba dari utara maka terdapat koneksi perahu bebas antara daratan dan Lofoten. Sedangkan jika menggunakan bus umum setiap hari pun tersedia dari Narvik, Bodo, dan Harstad.

Menggunakan kapal laut juga bisa menjadi pilihat dengan menumpang kapal laut penumpang Ekspres yang jadwalnya setiap hari antara Bodo, Svolvær, dan VaerØy. Dan juga terdapat kapal feri dari Bodo ke beberapa tempat di Pulau Lofoten. Dan opsi transportasi terakhir adalah kereta api yang bisa kita naiki dari Stockholm, Kiruna, dan Narvik. Kereta dari Oslo melalui Trondheim dan Fauske ke Bodo pun juga tersedia sebagai alternatif.

Beberapa pilihan penginapan berikut ini bisa jadi alternatif untuk menghabiskan hari-harimu selama liburan di Lofoten:

  1. Svinoya Rorbuer

Penginapan yang lokasinya berada di pusat pelabuhan Svolvær ini memiliki akses jembatan yang bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Terdapat 30 kabin yang dibangun di mana setiap kabin terdiri dari tiga kamar tidur ganda, kamar mandi modern, dan dapur.

  1. Anker Brygge

Anker Brygge merupakan salah satu penginapan terbaik di Lofoten dan letaknya hanya 200 meter dari Svolvær. Sajian makanan lokal yang terletak di resor ini dapat kita nikmati atau bisa juga merasakan suasana bar di dermaga.

  1. Lofoten Vaeroy Brygge

Penginapan ini terdiri dari 13 kamar hotel, dua pondok nelayan besar, 1 apartemen dengan kapasitas 18 tidur dan 5 kamar suite. Selain itu, terdapat pula fasilitas seperti tempat meeting, restoran, dan masih banyak lagi.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.