Indahnya Pantai Ide Sorowako, Sebuah Pantai Di Desa Terpencil

Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua daerah di Indonesia dihuni oleh banyak penduduk, terdapat beberapa daerah dengan jumlah penduduk yang tidak lebih dari 100 kepala keluarga, salah satu desa dengan jumlah penduduk sedikit tersebut adalah Sorowako, sebuah desa yang ada di kecamatan Nuha, Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan. Desa Sorowako berada di ketinggian lebih kurang 1388 mdpl, cuaca di desa ini cukup dingin terutama pada malam hari. Awalnya Desa Sorowako hanya mempunyai satu desa utama, tapi sekarang telah berkembang menjadi 3 desa akibat berdirinya perusahaan PT Vale internasional nickel Company yang yang tentu saja membutuhkan banyak karyawan, sehingga desa ini semakin dipadati oleh para pendatang yang bekerja sebagai karyawan di perusahaan tersebut. Kondisi ini mengakibatkan 70% dari penduduk di Desa Sorowako adalah pendatang, sedangkan tiga puluh persen penduduk asli yang telah menetap lama di Desa Sorowako merupakan penduduk Sulawesi Selatan yang menggunakan bahasa Padoe, sebuah bahasa yang berasal dari negeri tanah Daeng sendiri.

Di desa ini terdapat tiga buah danau yang cukup terkenal, yaitu danau matano, mahalona, dan danau towuti, uniknya ketiga danau ini dihubungkan oleh sungai larona yang bermuara ke Malili ibukota Kabupaten Luwu Timur. Selain ketiga danau ini, ternyata Desa Sorowako juga menyimpan sebuah pantai indah yang disebut dengan pantai ide. Objek Wisata Pantai Ide Sorowako dapat menjadi salah satu diantara banyak alternatif liburan anda di akhir pekan, karena pesona keindahan alam yang ditawarkan oleh Wisata Pantai Sorowako tidak kalah dibandingkan dengan pantai lainnya yang ada di Sulawesi Selatan. Apalagi jika melihat kota Sorowako yang berada di ketinggian lebih dari 1300 meter diatas permukaan laut serta dikelilingi oleh perbukitan. Tentu jarang anda temui sebuah pantai yang berada di ketinggian lebih dari 1000 meter diatas permukaan laut. Kelestarian alam yang masih sangat terjaga di sekitar Objek Wisata Pantai Ide Sorowako menjadikan anda bisa menikmati sejuknya udara yang jauh dari polusi.

Penamaan objek wisata pantai ini dengan nama pantai ide, ternyata tidak jauh dari makna kata ide itu sendiri. Sebelum menjadi sebuah objek wisata, pantai ini adalah tempat yang digunakan oleh karyawan perusahaan di atas untuk berkumpul mencari ide-ide kreatif yang akan mereka kembangkan, ide ini dapat berbentuk fotografi, rekreasi, perlombaan, bahkan ide untuk mencari bentuk kencan terbaik di antara sesama karyawan. Jika kita berpikir bahwa Objek Wisata Pantai Ide Sorowako sama dengan pantai-pantai lainnya yang sering kita kunjungi, pemikiran anda ini ternyata salah besar, karena Objek Wisata Pantai Ide Sorowako memiliki sumber air yang berasal dari Danau Matano, sebuah danau terkenal di Indonesia.

Baca juga:  Taman Kota Hijau, Taman Singha Merjosari Malang

Ketika berada di Objek Wisata Pantai Ide Sorowako, tidak ada salahnya anda untuk mengunjungi beberapa destinasi wisata alam lain yang berada di sekitar Objek Wisata Pantai Ide Sorowako. Setidaknya ada 4 destinasi wisata alam yang ada di sekitar Objek Wisata Pantai Ide Sorowako, pertama air terjun mata buntu, yaitu sebuah air terjun yang keluar dari batu yang bergelembung, objek wisata ini dapat anda tempuh dengan melakukan perjalanan selama 30 menit dengan menyusuri perkebunan dan persawahan yang sebagian jalannya belum beraspal. Kedua, Bukit buto atau yang lebih dikenal oleh masyarakat sekitar dengan sebutan Bukit Poci, yaitu sebuah destinasi wisata alam yang bisa membuat anda menyaksikan seluruh pemandangan Sorowako dari ketinggian, mulai dari hamparan perkebunan, perumahan, hingga danau yang ada di kawasan Sorowako. Ketiga, mata air Bora Bora, penamaan mata air ini dengan sebutan mata air Bora Bora tidak terlepas dari mitos yang berkembang di tengah-tengah masyarakat, yaitu jika anda menyebutkan kata Bora maka air kolam di mata air ini akan menciptakan gelembung, percaya atau tidak silakan anda buktikan sendiri. Keempat Mining Park yaitu sebuah lokasi yang dimanfaatkan untuk tempat menyimpan berbagai koleksi mobil operator khas daerah tambang, mobil-mobil ini dijalankan oleh operator yang mayoritas di antara mereka adalah wanita, dan di lokasi ini anda juga bisa menjumpai anoa, seekor hewan khas Pulau Sulawesi.

Ternyata banyak sekali destinasi wisata alam yang bisa anda kunjungi ketika berada di Sorowako, jika anda ingin menikmati wisata bahari, maka kunjungilah Objek Wisata Pantai Ide Sorowako, setelah itu berkelilinglah ke berbagai destinasi wisata alam lain yang akan sangat sayang sekali jika anda lewatkan.

 

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.