Indahnya Arsitektur Masjid Termegah di Dunia

Agama islam merupakan agama yang memiliki pemeluk paling banyak di dunia. Tak heran banyak masjid-masjid dengan arsitektur yang biasa sampai unik bisa kita temukan di mana-mana. Bahkan ada beberapa masjid yang sengaja dibangun dengan arsitektur yang indah dengan ornamen berbahan emas dan material bangunan yang menghabiskan biaya sangat banyak. Tentu hal tersebut menjadi kebanggaan tersendiri bagi umat islam karena memiliki bangunan mewah sebagai tempat ibadahnya. Berbagai negara di belahan dunia ini membangun masjidnya dengan ciri khas dan arsitektur yang memiliki keunikan tersendiri. Sehingga selain menjadi tempat ibadah, masjid-masjid kini juga menjelma sebagai tempat wisata religi. Seiring dengan perkembangan zaman, masjid-masjid dibangun dengan membawa representasi arsitektur tentang islam dan muslim. Berkunjung menjelajah masjid-masjid di seluruh dunia dengan arsitekturnya yang khas tentu akan menjadi pengalaman yang mengesankan apalagi jika berkunjung ke masjid termegah di dunia.

Masjid Termegah di Dunia

Berikut ini beberapa masjid termegah di dunia yang memiliki ciri khas arsitektur yang sangat menakjubkan sehingga ramai orang berkunjung ke masjid-masjid ini.

  1. Masjidil Haram, Mekah

Setiap umat muslim pasti mendambakan bisa datang untuk melaksanakan ibadah haji dan umroh di tempat ini. Tidak salah lagi, Masjidil Haram merupakan masjid paling besar, paling megah, dan paling tekenal di dunia yang tepatnya berada di kota Mekkah, Arab Saudi. Masjidil Haram memilki luas 400.800 meter persegi yang mengelilingi situs suci umat Islam yaitu Ka’bah. Masjid ini bisa menampung hingga 4 juta orang ketia musim haji. Masjid ini digunakan untuk ibadah shalat dan tawaf dan tidak pernah sepi selama 24 jam karena ramai orang-orang berduyun menyambangi kota suci ini. Tidak seperti masjid-masjid lainnya yang biasanya terdapat pemisah antara laki-laki dan perempuan, di Masjidil Haram tidak dipisahkan jamaah pria dan wanitanya dalam beribadah.

  1. Masjid Dome of The Rock, Yerussalem

Masjid yang terletak di daerah konflik Israel dan Palestina ini terletak di kompleks Al Haram Asy Syarif atau disebut juga Masjid Al-Aqsa. Masjid ini dibangun pada masa Khalifah Umayyah di tahun 691 hingga 715 Masehi. Masjid Dome of The Rock memiliki ciri khas kubah batu dan bangunan ini disebut-sebut sebagai pelopor penggunaan kubah berbentuk setengah bola. Ciri khas masjid ini adalah interior dan eksteriornya yang memiliki hiasan mosaik, marmer, dan plakat logam serta kaligrafi di sepanjang sisinya. Bahkan masjid ini juga dilapisi emas serta langit-langit segi delapan dihiasi ukiran kayu Ottoman.

Baca juga:  4 Destinasi Menarik Wisata Lombok Dekat Bandara
  1. Masjid Sheikh Zayed Grand, Abu Dhabi

Abu Dhabi yang terkenal dengan segala kemewahannya ini juga memiliki sebuah masjid yang sangat megah dan paling terkenal di Uni Emirat Arab yaitu Sheikh Zayed Grand Mosque. Masjid ini memiliki luas hingga 12 hektar dan mampu menampung hingga 40.000 jamaah serta dibangun pada tahun 1966 – 2007. Arsitektur masjid ini mengusung ciri khas gaya bangunan Arab, Mughal, Persia, dan Maroko dengan warna putih dan keemasannya. Sedangkan interior masjid ini dipenuhi dengan hiasan yang sangat detail dari atap hingga ke lantai maupun dinding masjid.

  1. Hassan II Mosque, Maroko

Masjid ini merupakan salah satu masjid termegah dan terbesar ke-7 di dunia. Masjid yang berdiri di sebuah tanjung yang mengarah ke Samudra Atlantik yang terletak di Casablanca, Maroko ini memiliki ciri khas lantai kaca di aula gedungnya. Selain itu, menara masjid Maroko telah dinobatkan sebagai menara tertinggi di dunia dengan ketinggiannya yang mencapai 210 meter dalam 60 lantai. Terdapat pula cahaya atau laser yang diarahkan ke Mekkah dengan Ka’bah sebagai pusat kiblat umat muslim di seluruh dunia. Masjid ini mampu menampung hingga 105.000 jamaah.

  1. Faisal Mosque, Islamabad

Masjid Faisal merupakan salah satu masjid termegah di dunia yang letaknya di Islamabad, Pakistan. Posisi geografisnya terletak di ujung utara kota Islamabad dan di kaki Bukit Margalla yang merupakan kaki bukit paling barat di Pegunungan Himalaya. Kita pun bisa menyaksikan pemandangan yang berlatar belakang Bukit Margalla yang begitu indahnya. Masjid ini memiliki arsitektur unik yang tidak seperti masjid-masjid lainnya yang memiliki kubah. Namun, terdapat 4 menara menjulang tinggi yang mengelilingi masjid ini. Masjid yang memiliki luas 5.000 meter persegi ini bisa menampung hingga 10.000 jamaah.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.