Gunung Api Terfavorit di Indonesia

Indonesia, Surganya Para Pendaki

Bagi pecinta hobi mendaki gunung, tentu tahu dan familiar dengan gunung-gunung yang sering dijadikan destinasi untuk liburan mendaki bersama teman-temannya. Menikmati sunrise di puncak gunung sambil melihat awan dari atas ke bawah bakal menjadi momen yang tidak akan terlupakan. Indonesia sebagai negara kepulauan tidak hanya kaya dengan destinasi wisata alam pantainya saja, namun juga kaya dengan gunung-gunung dengan panorama keindahannya yang begitu mengagumkan termasuk gunung berapi. Tidak hanya gunung yang non aktif yang menjadi destinasi para pendaki, namun gunung-gunung berapi yang masih aktif pun sering menjadi favorit pilihan pendaki untuk liburan karena eksotisme keindahannya. Di gunung kita akan menyaksikan pemandangan yang begitu indah seperti tebing-tebing yang curam, awan yang bergulung-gulung, birunya langit, matahari terbit, serta pemandangan terasering atau kelap-kelip lampu malam dari puncak gunung.

Destinasi Gunung Api Terfavorit di Indonesia

Bagi para pecinta ketinggian jangan sampai melewatkan momen dan kesempatan untuk mendaki gunung api terfavorit di Indonesia ini. Karena dijamin kalian akan takjub dengan keindahan panorama alamnya yang mungkin tidak bisa ditemukan di gunung-gunung lainnya.

  1. Gunung Bromo

Tidak harus menjadi seorang pendaki yang profesional untuk menikmati pemandangan cantik di puncak gunung. Kita yang tidak memiliki pengalaman dan perlengkapan lengkap untuk mendaki pun bisa menikmati keindahan alam di gunung berapi salah satunya Gunung Bromo. Gunung Bromo merupakan salah satu gunung yang menjadi bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan menjadi favorit bagi wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Para wisatawan berbondong-bondong datang ke Gunung Bromo untuk menikmati pemandangan matahari terbit, kawah Gunung Bromo, Bukit Teletubbies, juga pasir berbisik. Fasilitas untuk wisata di tempat ini pun cukup lengkap dan memadai seperti tersedianya penginapan dan juga mobil jeep untuk mengangkut wisatawan ke atas. Bagi yang capek untuk berjalan dari tempat parkir mobil jeep menuju kawah Gunung Bromo pun disediakan kuda yang bisa disewa dan ditunggangi.

  1. Gunung Semeru

Semenjak release-nya film 5 cm, nama Gunung Semeru sangat mencuat dan banyak orang berbondong-bondong datang mendaki gunung ini meskipun belum punya pengalaman naik gunung sebelumnya. Gunung Semeru juga termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru dan merupakan gunung yang paling tinggi di Pulau Jawa. Para pecinta sunrise akan rela bersusah payah mendaki track pasir demi menikmati pemandangan matahari terbit dan awan yang begitu indahnya di atas gunung. Kita pun masih bisa menyaksikan kawah Gunung Semeru yang masih aktif dari atas puncak. Keindahan Gunung Semeru tak hanya puncaknya saja, kita bisa menyaksikan indahnya Danau Ranukumbolo, tanjakan cinta dengan mitosnya, serta oro-oro ombo yang begitu mempesona. Namun, untuk mendaki gunung ini kita harus mempersiapkan peralatan yang benar-benar safety, mental, serta bekal tenaga yang kuat karena untuk sampai ke puncak harus dengan perjuangan yang cukup panjang yang bisa ditempuh selama 5 hari pulang dan pergi.

Baca juga:  Wisata Snorkeling dan Diving Terbaik di Bali
  1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani juga menjadi salah satu gunung berapi aktif yang menjadi primadona di kalangan para pendaki bahkan sempat dijadikan film Romeo di Rinjani. Gunung yang terletak di Pulau Lombok yang merupakan destinasi wisata terfavorit kedua setelah Bali ini menyuguhkan pemandangan yang begitu luar biasa. Bahkan Gunung Rinjani dinobatkan sebagai wisata trekking terbaik di Asia Tenggara. Tak heran jika gunung ini juga banyak dikunjungi oleh para wisatawan mancanegara. Untuk mendaki gunung yang memiliki ketinggian 3.726 mdpl ini kita harus berjuang agar bisa mencapai puncaknya. Perjuangan mendaki pun akan terbayarkan dengan keindahan Danau Segara Anak yang berwarna jernih hijau tosca ini. Jangan lupa untuk mempersiapkan peralatan, mental, serta tenaga yang cukup untuk mendaki gunung ini.

Mendaki gunung memang akan mengajarkan banyak hal karena kita bisa lebih dekat dengan alam sehingga kita akan lebih bijak dalam memaknai hidup. Kita bisa belajar tentang kebersamaan, berbagi, dan merendahkan ego selama mendaki gunung. Semoga informasi mengenai destinasi gunung api terfavorit di Indonesia ini bisa bermanfaat.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.