Fakta Menarik Pulau Mauritius Afrika

Nama Mauritius mungkin cukup asing terdengar di telinga. Negara yang berada di Afrika ini adalah salah satu negara kepulauan yang memiliki pemandangan tak kalah dengan pulau-pulau indah lainnya di dunia. Jangan heran jika banyak pula para wisatawan seluruh dunia yang ramai menyinggahi pulau ini. Beberapa Fakta Menarik Pulau Mauritius tentunya akan menjadi perhatian anda bila anda mengetahuinya, salah satunya adalah Pulau Mauritius ini merupakan negara yang tidak bertentara, karena tidak memiliki tentara sehingga untuk keamanan dan militernya pulau ini berada di bawah kepemimpinan Komisaris Polisi.

Anda pernah mendengar burung Dodo? Asing pula bukan di telinga? Nah, burung ini merupakan salah satu hewan endemik dan hewan nasional di negara ini, namun keberadaannya sudah sangat lama punah. Karena dagingnya yang enak dan sangat mudah diburu, menjadikan burung ini punah hanya dalam waktu singkat, sekitar delapan tahun setelah ditemukan oleh manusia.

Fakta menarik lainnya tentang pulau ini adalah terdapat bunga Trochetia Boutoniana atau sering juga disebut dengan bunga Bouble d’Oreille yang merupakan bunga andemik di pulau Mauritius. Bunga ini dapat tumbuh hingga mencapai tinggi 3 meter. Banyaknya monyet yang sering memakan biji bunga ini menjadikan bunga ini sulit untuk tumbuh di alam, dan juga bunga ini hanya mekar pada bulan Juni sampai bulan Oktober.

Pulau ini merupakan pulau tak berpenghuni saat pertama kali ditemukan, bahkan bisa dikatakan sebagai rumah para burung Dodo. Sejarah menyatakan seorang pelaut dari Arab bernama Dina Arobi adalah orang yang pertama kali mengunjungi pulau Mauritius. Itu terjadi sekitar abad ke 5 hingga abad ke 15 M. Selanjutnya pada tahun 1507 orang Portugis pun datang, kemudian disusul oleh orang Belanda.

Baca juga:  Uniknya Pulau La Digue Afrika

Namun saat ini pulau Mauritius menempati urutan ke 17 sebagai tempat terpadat di Afrika. Untuk kategori negara berkembang, pulau ini menjadi salah satu tempat yang mempunyai rata-rata harapan hidup yang cukup tinggi. Sebagai salah tempat terpadat tentunya pulau ini tak lepas dari masalah terutama masalah pemerataan penduduk. Sekitar 40 %  dari penduduk yang lebih memilih menetap di ibukota Port Louis.

Beberapa pantai terbaik dunia yang sering dijadikan lokasi untuk berbulan madu berada di negara ini, seperti pantai Grand Bay, Belle Mare, Blue Bay, Pereybere, Flic eb Flac serta Tamarin.

Fakta menarik lainnya tetang bahasa resmi yang digunakan di negara ini adalah bahasa Inggris, namun bahasa Perancislah yang lebih banyak digunakan, karena pada tahun 1715 pulau ini memang menjadi bagian dari koloni Perancis. Saat itu pulau ini bernama pulau Isle de France, namun setelah Inggris mengambil alih pada tahun 1810 pulau ini resmi menjadi negara merdeka yang masuk persemakmuran Inggris pada 12 Maret 1968.

Pulau ini juga mempunyai 2 warisan dunia yang diakui oleh PBB sejak 24 April 1968, yaitu Le Mornw Cultural Landscape atau Le Morne Branat yang merupakan sebuah semenanjung di bagian selatan pulau Mauritius.  Tempat ini dulu pernah dijadikan tempat pelarian para budak.  Dan ada Aapravasi Ghat yang merupakan sebuah kompleks bangunan di daerah Port Louis. Tempat ini dulu adalah semacam kantor imigrasi tahun 1849 sampai tahun 1923, hampir setengah para imigran adalah orang Indian.

Demikian beberapa Fakta Seputar Pulau Mauritius. Semoga sedikit informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.