Explore Keindahan Taman Nasional Bantimurung

Menempatkan Indonesia sebagai salah satu negara yang kaya dengan objek wisata alam adalah suatu hal yang memang pantas untuk dilakukan, mengingat seluruh provinsi di Indonesia, memiliki destinasi wisata yang dapat menarik minat para wisatawan, mulai dari wisatawan lokal hingga mancanegara. Mulai dari pulau Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, bahkan Papua, semuanya memiliki keindahan alam tersendiri yang patut kita kunjungi satu persatu. Jika Papua terkenal dengan raja ampatnya, maka Sulawesi, terutama Sulawesi Selatan, terkenal dengan Taman Nasional Bantimurung yang menjadi salah satu objek wisata alam yang patut anda kunjungi ketika berada di Sulawesi Selatan.

Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung berada di Kecamatan Bantimurung, Kabupaten Maros, Provinsi Sulawesi Selatan. Satu hal yang menjadikan Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung ini diminati oleh para wisatawan, adalah karena keelokan air terjun yang ada di kawasan Taman Nasional Bantimurung terlihat begitu mempesona. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 15 meter dengan lebar yang mencapai 20 meter, inilah ciri khas pertama dari air terjun yang ada di Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung, karena biasanya air terjun yang kita temui hanya memiliki lebar sekitar 3 sampai 4 meter. Selain itu, terdapat sebuah tempat pemandian di bawah guyuran air terjun Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung. Tempat pemandian tersebut terbuat dari batu kapur yang keras, dan landasannya juga tertutup oleh lapisan mineral yang terjadi akibat aliran air yang mengalir selama ratusan tahun.

Keunikan selanjutnya dari air terjun di Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung adalah, tempat mengalirnya air terjun cantik tersebut. ia mengalir di antara tebing-tebing karst, yaitu formasi pegunungan yang terjadi akibat adanya kumpulan batuan kapur, formasi pegunungan ini berhasil menobatkan kawasan karst Bantimurung sebagai kawasan karst terluas kedua di dunia.

Selain air terjun yang menakjubkan, Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung juga menyimpan kekayaan alam lain berupa ratusan Goa yang tersimpan di seluruh kawasan Taman Nasional Bantimurung. Setidaknya ada 268 goa, bahkan ada salah satu gua yang memiliki kedalaman hingga 260 meter, yaitu Goa leang Leaputte, dan goa terpanjang yang ada di Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung adalah goa salukang Kallang dengan panjang mencapai 27 km. Di samping itu, di antara semua Goa yang ada di sana, ada dua Goa yang sangat terkenal, yaitu Goa Mimpi dan Goa Batu, kedua goa ini berada di sebelah kiri air terjun yang dihubungkan dengan sebuah tangga beton setinggi 10 m.

Baca juga:  Satu Lagi Pantai Eksotis di Ambon; Pantai Felawatu

Ternyata, Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung tidak hanya terkenal dengan air terjun dan ratusan goanya, Taman Nasional Bantimurung juga menjadi habitat untuk ribuan kupu-kupu yang berasal dari berbagai macam spesies. Oleh karena itu, saat mengunjungi Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung ajaklah anak-anak untuk ikut serta, agar mereka bisa menikmati alam Sulawesi, serta belajar mencintai alam dan berbagai macam makhluk hidup yang ada di dalamnya.

Objek Wisata Sulawesi Selatan ini terletak di sebelah utara Kota Makassar, yaitu sekitar 50 km dari kota Makassar, dan 20 km dari Bandara Sultan Hasanuddin. Uanya untuk sekedar informasi, Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung, adalah objek wisata yang dipilih sebagai lokasi syuting film Athirah yang ditulis oleh Alberthiene Endah, sebuah film yang menceritakan kehidupan Ibu dari wakil presiden Jusuf Kalla yang begitu tabah menjadi istri keempat dari sang suami.

Di tahun ini, Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung telah menambah 2 wahana baru yang bisa anda nikmati dengan keluarga, yaitu penangkaran kupu-kupu dan jembatan gantung. Penangkaran kupu-kupu dapat anda jadikan sebagai sarana edukasi satwa untuk anak-anak anda, selain itu juga ada spot foto menarik yang bisa anda jadikan sebagai tempat untuk mengabadikan momen liburan anda sama keluarga. Tidak berhenti di sana, ternyata di Taman Nasional Bantimurung juga dibangun dua menara yang berada di antara puncak kubah raksasa, dengan dibangunnya menara tersebut, eksotisme dari objek wisata Taman Nasional Bantimurung semakin tidak terkalahkan.

Nah, tidak ada alasan lagi bagi anda untuk tidak menghabiskan liburan sekolah bersama keluarga di Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung. Selain untuk merileksasi tubuh anda yang telah penat bekerja selama ini, Objek Wisata Taman Nasional Bantimurung juga adalah salah satu Objek Wisata Edukasi yang sangat bagus untuk anak-anak anda. Selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.