Explore 5 Objek Wisata Unik Di Sukabumi 2018

Sukabumi merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Kabupaten ini memiliki Wisata Alam Sukabumi yang menakjubkan, seperti: pantai, situs budaya, situs bersejarah, spot foto kekinian, air terjun dan lain sebagainya. Tempat Wisata Di Sukabumi Yang Menyenangkan sangatlah banyak, yang pastinya butuh waktu dan uang yang tidak sedikit, sehingga kami merekomendasi beberapa Daftar Tempat Wisata Di Sukabumi yang cukup unik, jarang ada di tempat lain dan menjadi khas Sukabumi.

1. Situs Purba Megalitik

Situs Purba Megalitik Sukabumi - Objek Wisata Unik Di Sukabumi

Situs Purba Megalitik Sukabumi | Sumber: wikimedia.org

Berlokasi di Margalaksana, Cikakak, Sukabumi. Pada tahun 2008, ditemukan secara tidak sengaja benda-benda purbakala di Situs Purba Megalitik, seperti: pipa rokok, gentong dari tanah, dan mangkuk dari porselen. Terdapat genta dari perunggu dengan ukiran motif India, cawan tempat perhiasan, dan potongan patung dewa Siwa yang ditemukan pada tahun 2007. Situs Purba Megalitik juga menyajikan batu-batu besar purbakala, serta menhir berukuran raksasa yang diperkirakan sebagai pusat kegiatan spiritual manusia di zaman tersebut. Dengan luas kurang lebih 2 hektar, situs ini diperkirakan menjadi situs terluas yang pernah ada di Indonesia. Tidak ada tiket atau biaya masuk, hanya uang lelah seikhlasnya yang dapat diberikan kepada kuncen penjaga situs Purba Megalitik.

2. Kampung Ciptagelar

Berlokasi di Kampung Sukamulya, Desa Sinar Resmi, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi. Kampung Ciptagelar adalah sebuah kampung adat yang memiliki ciri khas dan memegang teguh tradisi leluhur. Masyarakat yang tingga di Kampung Ciptagelar disebut masyarakat kesepuhan. Tiket Masuk Kampung Ciptagelar cukup murah, yakni hanya 5000 rupiah. Masyarakat Kampung Ciptagelar percaya bahwa kegelapan bersifat abadi, sehingga para wisatawan tidak akan menemukan alat penerangan atau lampu di kampung ini. Selain sebagai tempat wisata, Kampung Ciptagelar juga dijadikan sebagai tempat penelitian. Masyarakat sesepuhan juga tidak keberatan asal tidak merusak ornamen yang menjadi aset mereka.

3. Geopark Ciletuh

Merupakan taman batu tua di Ciletuh, Kabupaten Sukabumi, dan sekarang sudah diresmikan menjadi Geopark Nasional dan diakui oleh UNESCO. Geopark Ciletuh mencakup 8 kecamatan, dengan luas 1.261 km2, dan memiliki 50 lebih objek wisata diantaranya, adalah: Tebing Panenjoan, Pantai Palangpang, Curug Cimarinjung, Curug Sodong, Curug Cikanteh, Curug Awang, Curug Tengah, Curug Puncak Manik, Curug Cikaret, Curug Puncak Jeruk, Curug Luhur, Puncak Darma, Konservasi Penyu, Situs Dermaga Belanda, Kampung Batik Purwasedar, Pantai Karang Bolong, Pantai Muara Cikarang dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga:  Menikmati Kelezatan Ramen Halal di Negeri Sakura

4. Bravo Adventure

Bravo Adventure Glamping (Glamourous Camping) adalah perkemahan tenda dengan fasilitas hotel bintang 5 berpadu dengan suasana sejum alam Sukabumi yang asri. Tak hanya camping, Bravo Adventure juga menyediakan berbagai aktifitas outdoor, seperti: bersepeda, rafting, kayaking, War Game Simulation, ATV dan lain-lain. Selain glamping, Bravo Adventure juga menawarkan berbagai paket perjalanan, seperti: Indonesia River Expedition, Indonesia Adventure Tour, Indonesia Island Tour, Indonesia Volcamo Expedition, dan Adventure Around The World. Meski harga yang ditawarkan cukup mahal, akan tetapi hal tersebut sesuai dengan fasilitas yang diberikan. Biaya yang dikeluarkan sudah mencakup makanan, minuman, wifi gratis, kamar mandi, dan layanan kebersihan. Wisatawan akan merasakan sensasi kemping mewah, dan nyaman pemandangan sungai, gunung dan alam hijau lainnya.

5. Gua Buniayu

Berlokasi di Desa Cipicung, Kerta Angsana, Kabupaten Sukabumi. Gua ini memiliki luas sekitar 10 hektar, dan pertama kali disusuri oleh seorang ahli pada tahun 1982. Beberapa keistimewaan yang ada di Gua Buniayu adalah: stalakmit, stalaktit, garundam, flow stone, coloumn, drapery, canopy dan beberapa ornamen lainnya. Ada dua jenis perjalanan yang bisa dinikmati d Gua Buniayu, yakni: penelusuran gua minat umum dan penelusuran gua minat khusus. Pada penelusuran gua minat umum, pengunjung akan mengeksplore gua sejauh 500 meter. Sedangkan penelusuran minat khusus, dibutuhkan stamina yang cukup bagus karena menyusuri gua selama 3-4 jam, dengan menggunakan peralatan khusus. Wisatawan hanya membayar 5000 rupiah untuk tiket masuk gua, sedangkan untuk paket penelusuran gua minat umum dikenakan biaya 20.000 rupiah, adapun paket penelusuran gua minat khusus dikenakan biaya yang lebih mahal yakni 150 ribu rupiah per orang dengan fasilitas peralatan keamanan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.