Eksplore 7 Curug Tercantik Di Subang

Subang merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat yang dilintasi jalur pantura, sehingga ketika musim liburan beberapa jalur menjadi sangat ramai. Kabupaten Subang tidak terlalu terkenal di Jawa Barat layaknya Bandung dan Bogor, meski begitu Subang menyimpan sejuta pesona alam, salah satunya adalah air terjun atau curug yang beragam, dimana jumlahnya mencapai puluhan. Berikut kami paparkan 7 Curug Di Subang yang paling cantik.

  1. Curug Bentang

Berlokasi di Kampung Bancuy, Desa Sanca, Kecamatan Jalan Cagak, kabupaten Subang. Termasuk curug terbaik karena berukuran 5 meter dan memiliki bentuk yang berundak-undak serta danau kecil dengan air yang super jernih dan dingin sangatlah cocok untuk melapas penat. Belum lagi pemandangan hijau yakni hamparan persawahan di sekitar curug menambah keindahan tempat tersebut. Curug Bentang memiliki beberapa fasilitas, seperti: jalan beraspal, pintu gerbang utama, gazebo, toilet, tempat parkir dan lain sebagainya. biaya yang dikeluarkan cukup murah, yakni 5000 rupiah per orang.

  1. Curug Cibareubeuy

Berlokasi di Desa Cibeusi, dengan ketinggian curug kurang lebih 40 meter, salah satu curug tertinggi di Subang, hingga mengharuskan wisatawan untuk sedikit mendaki, namun di sepanjang perjalanan wisatawan akan disuguhkan dengan pemandangan sawah dan sungai yang memukau, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam. Terdapat sebuah legenda yang menyebutkan, bahwa berendam di Curug Cibareubeuy dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Disekitar curug juga disediakan saung untuk bermalam. Tiket masuk Curug Cibareubeuy adalah 10.000 rupiah per orang.

  1. Curug Kaliangkak

Memiliki ketinggian 6 meter, dengan kedalaman air kurang lebih 2 meter, wisatawan dapat bermain dan berenang di kolam Curug Kaliangkak. Curug Kaliangkak terletak tidak jauh dari Curug Cisalada, karena keduanya masih dalam satu aliran yang sama. Salah satu hal yang unik dari curug ini adalah, airnya yang bisa berubah menjadi warna biru ketika musim kemarau. Namun ketika musim hujan, air tersebut akan berwarna coklat bercampur dengan pasir dan lumpur. Disamping curug ini, terdapat villa pribadi yang bisa disewakan jika wisatawan berniat menginap.

Baca juga:  6 Tempat Wisata Keren Dan Terbaru Di Padang
  1. Curug Masigit

Curug yang terletak di Kasomalang ini menawarkan keindahan air berpadu dengan batu alami yang menakjubkan. Curug ini terletak tidak jauh dari mata air Cimincul, dan sering digunakan warga sebagai tempat memancing. Curug Masigit memiliki 4 tahapan air terjun dan empat kubangan, salah satu curug utama berada di ketinggian 4 meter, dengan kedalam air hingga 7 meter. Curug masigit memiliki arus air yang cukup deras sehingga wisatawan tetap harus berhati-hati ketika berenang.

  1. Curug Ciangin

Berlokasi di Kampung Neglasari, Desa Cibeusi, kecamatan Ciater, Kabupaten Subang, tidak jauh dari lokasi Curug Cibareubeuy. Wisatawan hendaknya berjalan kaki menuju curug tersebut, mengingat jalan yang belum beraspal dan cukup licin ketika musim hujan. Curug Ciangin memiliki dua lantai yang siap memanjakan anda, curug di lantai paling atas memiliki tinggi 4 meter dengan danau kecil dibawahnya dengan kedalaman kurang lebih 3 meter, sedangkan dibagian bawahnya, terdapat Air Terjun Curug Ciangin Kabupaten Subang Jawa Barat yang cukup tinggi dengan danau kecil dibawahnya. Meskipun belum banyak yang mengetahui keberadaan Curug Ciangin, masyarakat disini telah menyediakan saung dan warung sederhana. Untuk biaya masuk Curug Ciangin cukup membayar 5000 rupiah per orang.

  1. Curug Cina

Berlokasi di Desa Curugagung, Kecamatan Sangalaherang, Kabupaten Subang, berjarak sekitar 7 meter dari kota Subang, dengan waktu perjalanan sekitar 2 jam. Menurut sebuah legenda, terdapat seorang pemburu berdarah Tionghoa yang meninggal di tempat tersebut sehingga diberi nama Curug Cina. Curug Cina merupakan satu dari beberapa air terjun di Desa Curugagung, lokasi curug jauh dari pemukiman warga, dan berada ditengah kebun yang cukup tertutup.

  1. Curug Mandala

Berlokasi di Kampung Panaruban, Desa Cicadas, Kecamatan Sagalaherang. Wisatawan dapat melihat pemandangan Kota subang dari lokasi curug ini. untuk sampai kesini, wisatawan harus berjalan menuruni bukit. Cukup membayar 5000 rupiah sudah dapat menikmati Curug Mandala Subang. Lokasi curug ini mudah diakses, dan sudah disediakan warung penjual makanan dengan harga yang cukup terjangkau.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.