Eksotisme Pantai Tamban Malang Selatan

Malang Selatan seringkali dikenal oleh kalangan traveler karena barisan pantai selatannya yang sangat eksotis. Beberapa diantaranya sudah banyak dikenal oleh wisatawan asing sementara sebagian yang lain perlahan mulai menunjukkan pesonanya. Pantai Tamban adalah salah satu dari berbagai Tempat Wisata Pantai di Malang mungkin tak banyak wisatawan yang tahu. Namun Wisata Pantai Tamban sebetulnya tidak berbeda jauh pesonanya ketimbang Pantai Sendang Biru. Hal ini dikarenakan kedua pantai tersebut sama-sama menghadap Pulau Sempu.

Lokasi Pantai Tamban sendiri terletak di Dusun Tambakrejo, Ds. Tambakrejo, Kec. Sumbermanjing Wetan, Kab. Malang, Jawa Timur. Untuk Rute Menuju Pantai Tamban, bila kamu dari arah Malang, kamu bisa melewati rute jalan menuju Wisata Pantai Sendang Biru sampai kamu dapati petunjuk arah ke kiri yang langsung menuju Pantai Tamban. Lokasinya lumayan jauh, mengingat lokasinya yang memang berada di Malang Selatan. Untuk bisa sampai ke lokasi menggunakan kendaraan bermotor membutuhkan setidaknya waktu sekitar 3 jam perjalanan.

Pantai Tamban Malang Selatan

Pantai Tamban Malang Selatan | Sumber: ngalam.co

Sebagian rute menuju ke Pantai Tamban sudah diaspal dan dapat dilalui kendaraan bermotor tanpa hambatan berarti. Hanya ada beberapa jalan yang meliuk-liuk dan sesekali naik turun, namun tidak terlalu curam. Meskipun tersedia penunjuk jalan, Rute Menuju Pantai Tamban memang sedikit membingungkan. Oleh karenanya, pastikan untuk mengingat ancer-ancer jalannya agar tidak bingung saat pulang.

Wisata Pantai Tamban memang tidak termasuk Wisata Pantai Malang Selatan yang dipadati pengunjung, namun demikian suasana pantai yang tenang serta serta hamparan pasir putih kecoklatan di bibir pantai menambah kesan eksotis pantai ini. Dari bibir pantai kamu bakal disuguhkan pemandangan indah laut lepas pantai selatan dan berikut beberapa bagian Pulau Sempu. Di sekitar pantai juga tersedia lokasi khusus snorkeling dan berenang dengan suhu air yang cukup hangat.

Nah, buat kamu yang ingin berkeliling pantai ataupun ingin mampir di Pulau Sempu, kamu bisa menyewa perahu nelayan yang mengapung di bibir pantai. Dengan berkeliling di sekitar pantai, kamu bisa lebih puas menghabiskan waktu liburan bersama keluarga dan sahabat. Namun tetap hati-hati ya saat berkeliling. Mengingat laut yang ada di Pantai Tamban terhubung langsung dengan Samudera Hindia, maka bisa dipastikan gelombang ombaknya bakal sedikit lebih besar dari pantai kebanyakan yang lepas pantainya tidak terhubung dengan samudera.

Baca juga:  Tempat Wisata Menarik di Kyoto

Ada satu lagi pesona tersembunyi dari Pantai Tamban, tepatnya berada di sebelah timur pantai, yakni ada muara bernama Kedung Ijo yang cukup besar dengan aliran air yang bening dan segar. Namun untuk dapat menikmati spot ini kamu harus rela berjalan menaiki bukit. Buat kamu yang hobi memancing, kamu bisa memancing dari atas tebing. Aliran air yang berasal dari Kedung menyisir tebing dan menyulap tumpukan bebatuan besar menjadi pecahan bebatuan yang agak kecil akibat abrasi. Tersebarnya banyak bebatuan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selesai sebelah timur, kamu bisa beralih ke sebelah utara kedung, di sana ada semacam kolam besar yang bisa kamu manfaatkan untuk berenang.

Sejarah Pantai Tamban sendiri berawal dari cerita tiga kyai. Kata Tamban dalam bahasa jawa berarti obat (tombo). Penamaan pantai ini sendiri berawal dari saat ada tiga orang kyai yang membabat hutan di dekat Pantai Tamban untuk pertama kali dan pantai ini dijadikan sebagai sumber minum dan obat bagi ketiganya pada tahun 1880-an. Saat sedang membabat hutan ketiga kyai tersebut merasa kelelahan dan haus, lalu mereka bertigapun meminum air laut karena tidak menemukan air tawar dimanapun. Oleh sebab itulah mereka menjuluki air pantai sebagai “air tamban”.

Tak hanya pesona pantainya yang memiliki daya tarik, Pantai Tamban juga menyimpan kekayaan kuliner yang khas. Di sekitar pantai ada beberapa warung yang menyediakan menu makanan dengan menu andalan berupa ikan bakar. Tersedia pula akomodasi bagi wisatawan yang ingin berlama-lama di pantai. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, jangan lupa untuk membawa oleh-oleh ikan segar untuk keluarga di rumah. Semoga bermanfaat dan semangat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.