Damainya Berperahu di Waduk Selorejo Malang

Rutinitas yang tiada henti selalu menjadi tekanan tersendiri untuk para workaholic, mulai dari senin hingga jum’at tak henti menjalankan beragam aktifitas yang seolah tak ada habisnya, ditambah dengan padatnya arus lalu lintas yang menyebabkan anda harus berperang, berjuang melawan kemacetan setiap hari. Dengan berbagai tekanan ini, waktu liburan akhir pekan menjelma menjadi sebuah kesenangan yang selalu dinanti. Bahkan anda telah merancang jauh-jauh sebelumnya apa yang akan anda lakukan akhir minggu ini dan kemana akan anda langkahkan kaki bersama keluarga di hari tanpa pekerjaan tersebut. Tentu anda tidak ingin waktu berharga anda terbuang sia-sia dan tidak memberikan suntikan semangat baru untuk anda.

Malang, sebuah Kota di Jawa Timur dapat menjadi pilihan anda. Jawa Timur sangat terkenal dengan Destinasi Wisata Kerennya, mulai dari Wisata Alam Jawa Timur, Wisata di Malang yang sangat bervariatif, dan beragam Wisata Budaya Malang, Religi ataupun Wisata Sejarah Malang. Wisata Alam Malang menjadi salah satu wisata yang paling banyak diminati, salah satunya adalah Wisata Waduk Selorejo.

Wisata Waduk Selorejo Malang

Sumber: photomalang.com

Waduk Selorejo merupakan sebuah waduk yang terletak di daerah Ngantang, Malang. Saat mendengar kata waduk, mungkin sebagian anda berpikir, kenapa waduk bisa menjadi Obyek Wisata Malang? Apa indahnya Waduk Selorejo hingga recommended untuk dikunjungi? Jangan salah guys, jika anda seorang Traveller Indonesia, anda tentu tidak heran dengan berbagai Wisata Alam Jawa Timur yang menakjubkan, seperti Gunung Semeru, Bromo, Pantai-Pantainya, Kawah Ijen, dan sebagainya. Nah, Waduk di Malang inipun sama, buka sekedar waduk biasa, tapi Waduk Selorejo adalah waduk yang dikelilingi oleh panorama pegunungan yang eksotis. Berada di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut, menjadikan Waduk Selorejo dikelilingi oleh 3 gunung yang cukup besar, yaitu Gunung Kelud, Anjasmoro, dan Gunung Kawi.

Banyak pengunjung, baik lokal maupun pengunjung yang berasal dari luar Jawa Timur, datang ke Waduk Selorejo sekedar untuk melepas penat setelah sekian lama sibuk beraktifitas. Berdiri di pinggir waduk, menikmati ketenangan aliran air dengan hamparan pegunungan akan membuat anda terlena dan betah berlama-lama berada di sana. Tidak cukup sampai di sana, candu terhadap keindahan pemandangan ini bisa anda dapatkan juga dengan menyewa perahu yang ada dan mulai berkeliling ke semua area Waduk Selorejo.

Baca juga:  Bersantai Di Surga Bahari Yang Eksotis, Pantai Apparalang Bulukumba

Sebenarnya Waduk Selorejo dibangun dengan tujuan untuk menampung aliran Sungai Konto dan Sungai Kwayangan agar tidak terjadi banjir. Selanjutnya untuk memanfaatkan tampungan air yang jernih dan berlimpah, lokasi ini dijadikan tempat budidaya ikan, PLTA, dan saluran irigasi bagi penduduk sekitar. Waduk Selorejo mulai didirikan pada tahun 1963-1970. Pada tanggal 22 Desember 1970, Presiden kedua Indonesia, Bapak Soeharto datang dan langsung meresmikan Waduk Selorejo ini.

Sebagai sebuah Obyek Wisata Malang yang banyak dikunjungi, Waduk Selorejo telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas Wisata Air pada umumnya, seperti toilet umum, lahan parkir, penyewaan perahu, warung makan, gazebo, dan berbagai fasilitas lain yang anda butuhkan. Di samping itu, untuk anda yang ingin mengabadikan moment saat berada di Waduk Selorejo, anda dapat mengambil foto-foto dari berbagai spot menarik dan menjadikan Waduk Selorejo sebagai latar foto yang sangat cantik.

Untuk akses ke Lokasi Wisata Waduk ini sendiri tidaklah sulit, dengan jarak sekitar 60 km dari Surabaya, anda dapat mengambil rute Surabaya-Krian-Mojo Agung-Ngoro-Ngantang-Pujon, dan terakhir Sulorejo. Waduk Selorejo dapat anda kunjungi setiap hari mulai dari pukul 08.00-16.00 WIB dengan membayar tiket masuk sebesar Rp. 7.000,- per orang. Itulah ulasan singkat mengenai Waduk Selorejo, salah satu Destinasi Wisata di Malang yang bisa anda kunjungi di akhir pekan bersama keluarga anda. Selalu ingat untuk menjadi keindahan lingkungan ya guys, jangan buang sampah sembarangan.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.