Daftar Tempat Wisata di Tulungagung Terbaru dan Hits 2018

Tulungagung adalah salah satu kota dengan tingkat penduduk sedang di Indonesia. Kota ini sekarang mulai mangalami perkembangan yang cukup signifikan terutama dari segi infrastruktur dan pariwisata. Ia berada di provinsi Jawa Timur sebelah selatan dekat dengan samudra Hindia. Sumber penghasilan terbesar yang bisa menjadikan kota ini dikenal di Indonesia adalah marmer. Gunung kapur yang terletak di bagian selatan kota Tulungagung telah menjadi sumber pendapatan utama penduduk yang tinggal di daerah tersebut. Para penduduk mengubah marmer itu menjadi berbagai jenis perabotan rumah tangga yang sangat menarik sampai diekspor ke mancanegara.Tempat Wisata Tulungagung Terbaru 2018

Bila kita melihat di peta, Tulungagung-Surabaya berjarak 154 kilometer. Bentuk geografis kota ini adalah kombinasi antara pegunungan dan dataran rendah. Daerah perkotaan yang menjadi pusat pemerintahan terletak di dataran rendah. Selama beberapa tahun terakhir, pemerintah terus mengembangkan sektor pariwisata, sehingga bila anda berkunjung ke kota Tulungagung anda akan menemukan banyak tempat wisata baru yang menarik bagi anda dan keluarga.

Anda bisa menikmati pantai dengan nuansa yang berbeda-beda, pesona air terjun, danau, pegunungan, waduk, waterpark, goa, candi, taman wisata dan masih banyak lagi. Bila anda dari luar kota dan ingin berlama-lama di Tulungagung, anda tidak perlu khawatir karena telah ada banyak penginapan yang bisa memenuhi kebutuhan anda mulai penginapan biasa, hotel bintang 1 sampai hotel bintang 4. Berikut ini daftar tempat wisata di Tulungagung terbaru dan hits 2018 yang bisa anda kunjungi bersama keluarga dan teman-teman.

Wisata Alam Tulungagung

1. Gunung Budheg

Gunung Budheg Wisata Tulungagung Terbaru 2018

Gunung Budheg Tulungagung | Sumber: kacamatawisata.blogspot.co.id

Wisata alam Tulungagung yang akan saya bahas pertama adalah gunung Budheg. Tempat ini diberi nama gunung budheg karena ada sejarah atau cerita legenda masyarakat Tulungagung tentang gunung ini. Anda bisa membaca cerita legenda asal usul gunung budheg di artikel kami yang lain.

Selain dikenal dengan nama gunung budheg, masyarakat Tulungagung juga menyebut gunung ini dengan nama gunung Cikrak. Bila anda telah mencapai puncak yang terjal dari gunung ini, sebenarnya anda telah berada pada ketinggian 585 meter diatas permukaan laut. Gunung Budheg terletak di Desa Tanggung, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung. Bila anda sekarang berada di alon-alon Tulungagung, anda berjalan lurus ke arah selatan melewati jalan Pangeran Diponegoro, jalan Ki Mangun Sarkoro dan Jalan Raya Boyolangu. Gunung ini sangat cocok digunakan oleh pendaki pemula karena tingkat kecuraman dan ketinggian yang cocok bagi pendaki pemula. Setelah beberapa jam anda mendaki gunung ini sampai puncak, rasa lelah anda akan terbayarkan karena anda bisa menikmati pemandangan indah kota Tulungagung. Bila anda mendirikan perkemahan di puncak gunung, anda bahkan bisa melihat keindahan matahari terbit dan matahari tenggelam.

2. Pantai Popoh

Pantai Popoh Tempat Wisata Tulungagung Terbaru 2018

Pantai Popoh Tulungagung | Sumber: ombonejagad.com

Pantai popoh merupakan salah satu tempat wisata yang khas dan menarik di Kabupaten Tulungagung, tepatnya di Jalan Raya Pantai Prigi, Watulimo, Besole, Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai popoh memiliki ombak yang cukup besar dengan tebing hijau dan keindahan alam yang mampu membuat orang terpana akan kecantikannya. Pantai ini terdiri atas dua bagian , yaitu bagian timur dan barat. Pantai bagian barat ini yang biasanya dibuat berlayar perahu-perahu wisata dan nelayan, karena ombaknya yang lebih kecil dan lebih landai dibandingkan dengan kawasan pantai bagian timur. Anda pun dapat merasakan serunya naik perahu di pantai ini dengan menyewa sebesar Rp. 10.000 per 20 orang.

Daya tarik lain dari pantai ini sehingga membuat wisatawan ingin mengunjunginya adalah adanya penampilan budaya berupa tarian untuk upacara tradisional. Upacara tersebut diadakan di Pendopo Agung Popoh, yaitu pendopo di daerah Pantai Popoh. Anda pun dapat membeli cinderamata buatan dari penduduk setempat di toko-toko di kawasan pantai ini. Untuk tiket masuk, Anda tidak perlu khawatir karena tempat wisata ini hanya mematok harga Rp. 3.000 per orang.

3. Pantai Sine

Pantai Sine Tulungagung - Tempat Wisata di Tulungagung

Pantai Sine Tulungagung | Sumber: kitaina.id

Pantai lain di Kabupaten TulungAgung yang tidak kalah cantik adalah Pantai Sine. Pantai ini terletak di desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Kabupaten Tulungagung, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Pantai ini memiliki pemandangan yang mampu membius wisatawan untuk terus berlama-lama disini. Dengan ombak yang tidak terlalu besar, pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air.

Daya tarik lain dari pantai ini sehingga membuat wisatawan ingin mengunjunginya adalah adanya penampilan budaya lokal seperti seni wayang Kulit dan berbagai ritual adat lainnya seperti larung sesaji yang diyakini mampu mengusir mala petaka atau hal buruk lainnya. Jika Anda ingin melihat seni wayang kulit ini, Anda dapat berkunjung ke pantai saat bulan suro, karena seni ini diadakan setiap tanggal satu suro.

4. Pantai Coro

Pantai Coro Tulungagung - Tempat Wisata di Tulungagung

Pantai Coro Tulungagung | Sumber: info.okeygan.com

Pantai Coro menjadi salah satu pantai terindah yang masih asri dan tersembunyi di Kabupaten Tulung Agung. Lokasi tepatnya pantai ini adalah di Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini menyuguhkan pemandangan laut putih, bersih, dan keindahan alam yang mempesona dan masih asri serta sepi.

Untuk sampai ke pantai ini Anda harus berjalan sejauh kurang lebih 2 km melewati jalan yang terjal, licin, dan bebatuan. Namun perjalanan Anda tentunya akan terbayarkan setelah Anda sampai di kawasan pantai coro yang indah dengan deburan ombak yang membelai kulit Anda. Pantai ini masih terbilang baru ditemukan, sehingga fasilitas yang ada pun kurang memadai, seperti pada toilet yang masih terbuat dari terpal.

5. Pantai Sidem

Pantai Sidem Tulungagung - Tempat Wisata di Tulungagung

Pantai Sidem Tulungagung | Sumber: kotatulungagung.wordpress.com

Pantai Sidem adalah pantai yang tidak kalah indahnya dengan pantai-pantai yang lain di Kabupaten Tulung Agung. Pantai ini berlokasi di Desa Besole, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pesona dari pantai ini adalah adanya pasir putih yang luas dan membentang ratusan meter. Pantai ini juga memiliki butiran pasir yang lembut dan putih dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar.

Selain itu, bagi pengunjung Anda juga dapat menikmati berperahu ria di kawasan pantai ini, karena banyaknya perahu nelayan yang mengapung di sisi sebelah timur.  Untuk perjalanan menuju pantai ini sendiri membutuhkan waktu kurang lebih satu jam dengan mengendari kendaraan dari Kabupaten Tulung Agung. Perjalanan yang berjarak kurang lebih 30 km ini memiliki akses jalan yang mudah dengan pesona keindahan alam di sepanjang perjalanannya.

6. Pantai Sanggar

Pantai Sanggar Tulungagung - Tempat Wisata di Tulungagung

Pantai Sanggar Tulungagung | Sumber: youtube.com

Kabupaten Tulung Agung memang memiliki aneka objek wisata pantai yang khas dan indah, salah satunya adalah pantai Sanggar. Pantai ini termasuk ke dalam salah satu pantai terindah di Kabupaten Tulung Agung. Pantai ini berlokasi di Desa Jengglungharjo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini menyuguhkan pemandangan laut putih, bersih, nan mempesona dan keindahan alam yang masih asri serta sepi.

Bagi Anda yang suka berpetualang untuk menjajaki keindahan alam, pantai ini sangat cocok sebagai tempat destinasi Anda. Karena apa? Untuk sampai ke pantai ini Anda harus berjalan melewati jalan yang tidak mudah diakses. Namun perjalanan Anda tentunya akan terbayarkan setelah Anda sampai di kawasan pantai Sanggar yang indah dan asri ini.

7. Pantai Ngalur

Pantai Ngalur Tulungagung - Tempat Wisata di Tulungagung

Pantai Ngalur Tulungagung | Sumber: beldexintravel.blogspot.com

Pantai Ngalur merupakan wisata pantai selanjutnya yang harus Anda kunjungi jika Anda berwisata ke Kabupaten Tulung Agung. Pantai ini berlokasi Desa Jengglungharjo, Kecamatan  Tulungagung, Kabupaten Tuluanggung, Jawa Timur, Indonesia. Pesona dari pantai ini adalah adanya pasir putih, air laut yang jernih dengan suasana alam yang masih asri.

Di pantai ini pula Anda diperbolehkan untuk mendirikan base camp untuk menginap di malam hari. Seperti layaknya pantai Sanggar, untuk ke pantai Ngalur ini juga membutuhkan cukup pengorbanan, yaitu Anda harus berjalan melewati jalan yang tidak mudah diakses. Namun perjalanan Anda tentunya akan terbayarkan setelah Anda sampai di kawasan pantai Ngalur yang indah dan masih asri ini.

8. Pantai Brumbun

Pantai Brumbun Tulungagung - Tempat Wisata di Tulungagung

Pantai Brumbun Tulungagung | Sumber: youtube.com

Pantai Brumbun adalah salah satu pantai yang sangat indah dan khas di KabupatenTulung Agung. Lokasi pantai ini tepatnya berada di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Dari pusat Kota Tulungagung. Pantai ini berjarak kurang lebih 22,5 Km untuk sampai ke lokasi pantai dengan jalan yang cukup terjal dan sulit.

Namun, perjalanan Anda tidak akan sia-sia karena terbayarkan dengan pemandangan sepadan yang akan Anda dapatkan. Pantai ini memiliki pesona pasir yang bewarna abu – abuan cenderung hitam dengan pemandangan alam yang masih alami nan hijau. Pantai ini cocok untuk bermain air, karena memiliki ombak yang tidak terlalu besar.

9. Air Terjun Alas Kandung

Tempat wisata lain yang baru di Tulung Agung adalah wisata air terjun Alas Kandung atau Air Terjun Kandung. Air terjun ini berlokasi di pinggir Alas Kandung, tepatnya di Desa Tanen, Kecamatan Rejotangan, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.

Air terjun ini sangat mempesona dengan air yang jernih, dengan genangan air yang tidak terlalu dalam, guyuran air yang cukup lebar, dan adanya bebatuan yang dapat Anda manfaatkan untuk terjun ke dalam air jernih. Pastinya pantai ini sangat cocok bagi Anda untuk bermain air dan merasakan guyuran air nan lembut dan tidak terlalu deras, ditambah dengan pemandangan alam yang masih asri di sekitar air terjun.

10. Goa Pasir

Goa pasir terletak di Desa Junjung , Kecamatan Sumbergempol , Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.Gua ini cukup unik karena hanya memiliki mulut goa yang menghadap ke timur laut. Ukuran lubang doa tersebut adalah panjang 430 cm, lebar 190cm dan dalam ceruk 150 cm. Goa ini dulunya adalah tempat pertapaan yang banyak ditemukan relief, arca Ganesha, dan patung Dwarapala peninggalan pada masa kerajaan Majapahit. Jika Anda berkunjung kesini, maka Anda juga akan menemukan makam kuno yang di depannya ada beberapa umpak, arca, miniatur bangunan, padma, dan batu-batu kuno yang bentuknya sudah tidak utuh. Makam ini oleh penduduk setempat diberi nama makam Mbah Bodho.

11. Bukit Bonsai Watu Lawang

Bukit Bonsai Watu Lawang atau ada yang menyebutnya  Tumpakwaru dan Bukit Suharto, merupakan bukit yang terletak di Bukit ini terletak di Desa Sumberjati, Kademangan, Kab. Blitar, Jawa Timur, Indonesia.  Dalam sejarahnya, bukit ini pernah dibangun bangunan-bangunan megah untuk Presiden Suharto pada tahun 1989.

Pesona dari bukit ini adalah adanya sejumlah photo booth unik yang berada di kawasan ini. Diantaranya adalah perahu, balon udara, bunga, hingga bulan sabit, dan berbagai bentuk unik lainnya. Pesona lainnya adalah bukit ini dapat dijadikan spot melihat bintang yang sangat bagus saat malam hari, karena tempatnya yang lapang, minim polusi dan pepohonan. Untuk fasilitas, di bukit bonsai ini juga menyediakan toilet serta warung makan.

12. Pantai Sioro

Pantai Sioro merupakan salah satu pantai yang sangat indah dan khas di Kabupaten Tulung Agung. Lokasi pantai ini tepatnya berada di Desa Ngrejo, Kecamatan Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung. Untuk sampai ke lokasi pantai dengan jalan yang cukup terjal dan sulit serta membutuhkan waktu yang cukup lama.

Namun, perjalanan Anda tidak akan sia-sia karena terbayarkan dengan pemandangan sepadan yang akan Anda dapatkan. Pantai ini memiliki pesona pantai dan karang dengan pemandangan alam yang masih asri dan bersih. Pantai ini tidak cocok untuk bermain air, karena memiliki ombak yang cukup besar dan angin yang cukup kencang.

13. Gunung Pegat

Gunung pegat terletak di pegunungan kapur Desa Sawo, Kecamatan Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Pegat menjadi destinasi yang sangat cocok bagi Anda penyuka olahraga ekstrim. Karena apa? Di gunung ini telah disediakan Lokasi jalur pemanjatan tebing Gunung Pegat yang berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota.

Jalur pemanjatan yang ada berjumlah 5 jalur, dengan ketinggian yang berbeda-beda dari 20 meter hingga 50 meter dari dasar tebing. Trek pemanjatan Gunung Pegat ini terbilang cukup sulit, dengan kontur tebing dari batuan kapur yang membuat trek menjadi licin khususnya saat musim hujan. Sehingga bagi Anda yang ingin mencoba memanjat, usahakan memperhatikan kondisi cuaca di daerah tersebut.

14. Gunung Bolo

Gunung Bolo berlokasi di Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Gunung Bolo biasa disebut dengan Giri Bolo. Giri Bolo merupakan tempat destinasi wisata yang di dalamnya terdapat wisata Gunung Bolo. Tempat ini berlokasi di Desa Bolorejo, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.

Gunung yang memiliki tinggi 200 m ini memiliki pemandangan sangat indah ditambah dengan inovasi-inovasi berupa fasilitas dari pemerintah, gunung ini dapat berubah menjadi lokasi wisata. Fasilitas yang diberikan diantaranya adalah spot foto dan gardu pandang. Gunung ini berfungsi sebagai lokasi pemakaman khususnya warga Tionghoa. Jika Anda berkunjung ke gunung ini, dari puncak gunung akan terlihat sawah, hutan dan Gunung Wilis yang menjulang tinggi.

15. Pantai Sawah Ombo

Pantai Sawah Ombo berlokasi di Desa Wonokoyo, Kecamatan  Tanggunggunung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai Sawah Ombo Tulungagung ini memiliki lokasi yang sangat dekat dengan pantai Brumbun dengan jarak kurang lebih sekitar 2 kilometer. Meskipun masih kurang terkenal dibandingkan dengan pantai Brumbun, namun pantai ini tidak kalah cantiknya dengan keindahan alam yang masih asri, air kebiru-biruan, dan pasir putih.

Pantai ini sangat cocok bagi Anda yang ingin bermain air, karena pantai ini memiliki ombak yang tenang. Keunikan dari pantai yang satu ini adalah adanya “gembrosan” di bagian selatan kawasan pantai Sawah Ombo.  “gembrosan” yaitu kondisi dimana celah-celah disekitaran batu karang ini akan menyeburkan air yang disebabkan oleh hantaman ombak laut.

16. Tugu Durian Park

Tugu Durian Park berlokasi di Desa Tugu Kecamatan Sendang Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.  Asal pembangunan taman ini adalah di daerah Tugu dan kawasan Kecamatan Sendang terkenal dengan buah duriannya.

Tugu ini diresmikan pada 29 Juni 2017 dan selalu melakukan penyempurnaan fasilitas pendukung hingga sekarang. Pesona dari tugu ini adalah tempatnya yang sejuk di pegunungan dengan pemandangan alam yang masih asri. Fasilitas yang disediakan diantaranya taman bunga, kolam renang, dan makanan khas pedesaan. Untuk tiket masuk sendiri tidak terlalu mahal cukup membayar Rp 15.000 per orang.

17. Pantai Dadap

Pantai Dadap berlokasi di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Untuk sampai ke lokasi pantai dengan jalan yang cukup terjal dan sulit serta membutuhkan waktu yang cukup lama. Namun, perjalanan Anda tidak akan sia-sia karena terbayarkan dengan pemandangan sepadan yang akan Anda dapatkan.

Pantai ini memiliki pesona pantai dan karang dengan pemandangan alam yang masih asri dan bersih. Pantai ini tidak cocok untuk bermain air, karena memiliki ombak yang cukup besar dan angin yang cukup kencang. Untuk tiket masuk Anda hanya perlu membayar Rp. 5.000, biaya ini sebenarnya adalah untuk pantai Popoh dan Reco Sewu yang satu lokasi dengan pantai Dadap.

18. Pantai Patuk Gebang

Pantai Patuk Gebang terletak di kecamatan Tanggung Gunung, Kabupaten Tulung Agung, Jawa Timur, Indonesia. Pesona dari pantai ini adalah deburan ombak yang cukup besar, dengan air bersih perpaduan warna biru dan putih, serta pemandangan alam yang hijau dan tebing-tebing yang bisa dinaiki. Pantai ini meskipun sangat indah, tapi masih minim pengunjung, karena tempatnya yang belum terlalu terekspos, sehingga menyebabkan pantai ini masih alami, sangat tenang dan sepi.

19. Air Terjun Coban Kromo

Salah satu air terjun di Kabupaten Tulungagung adalah Air Terjun Coban Kromo. Lokasi tepatnya di area hutan milik Perhutani wilayah KPH Blitar yaitu di Pelem, Campur Darat, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Air terjun ini dapt ditempuh sekitar 20 menit dari pusat kota.

Pesona dari wisata ini adalah pemandangan alam disekeliling air terjun yang indah berupa hutan, sawah, dan melihat kota Tulungagung dari ketinggian. Pantai ini pun juga menjadi tempat yang asyik untuk mandi dan berendam untuk menikmati sensasi pijat air terjun. Untuk tiket masuk air terjun ini adalah sebesar Rp 5.000 per orang.

20. Pantai Gerangan

Pantai Gerangan berada di Dusun Wonokoyo, Desa Ngrejo, Kabupaten Tulunagung, Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Pantai ini berjarak sekitar 30 km dari pusat kota. Pesona pantai ini adalah adanya pemandangan alam yang indah, pasir putih perpaduan hitam dengan deburan ombak yang cukup tenang, serta suasana yang asri. Setiap pengunjung biasanya akan betah berlama-lama di pantai ini karena ketenangan dan keramahtamahan dari penduduk sekitar. Fasilitas di area pantai gerangan ini dapat dikatakan lengkap, arena sudah ada MCK, tempat berteduh, warung, dan area parkir.

Baca juga:  Hobi Foto? Kunjungi Tempat Hunting Malam Di Bandung Yang Recommended

21. Paralayang Gunung Pegat

Gunung pegat terletak di pegunungan kapur Desa Sawo Kecamatan Campurdarat, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia.Gunung Pegat menjadi destinasi yang sangat cocok bagi Anda penyuka olahraga ekstrim. Karena apa? Di gunung ini telah disediakan Lokasi jalur pemanjatan tebing Gunung Pegat yang berjarak sekitar 30 kilometer dari pusat kota.

Jalur pemanjatan yang ada berjumlah 5 jalur, dengan ketinggian yang berbeda-beda dari 20 meter hingga 50 meter dari dasar tebing. Trek pemanjatan Gunung Pegat ini terbilang cukup sulit, dengan kontur tebing dari batuan kapur yang membuat trek menjadi licin khususnya saat musim hujan. Sehingga bagi Anda yang ingin mencoba memanjat, usahakan memperhatikan kondisi cuaca di daerah tersebut.

22. Bukit Banyu Mulok

Bukit Banyu Mulok terletak di sebelah kanan Pantai Coro, atau lebih tepatnya di Desa Besole, Kecamatan Besuki, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Banyu Mulok jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia adalah air yang naik. Nama tersebut sesuai, karena pantai ini bertemu langsung dengan samudera hindia sehingga ombaknya sangat besar dan mampu naik ke atas saat menghantam tebing. Pesona dari bukit ini adalah keindahan hamparan laut, hamparan padang rumput, dan perbukitan serta adanya pelangi saat ombak naik ke atas bukit.

Waktu terbaik jika Anda ingin mengunjungi wisata Bukit Bayu Mulok ini adalah saat siang menjelang sore hari, yaitu untuk melihat ombak yang sedang besar-besarnya untuk melihat pemandangan ombak yang naik ke atas dan terkadang muncul pelangi. Bukit ini juga menjadi spot untuk melihat sunrise di pagi hari. Atau Anda juga dapat mendirikan tenda untuk bermalam di Bukit Banyu Mulok. Bisa dibayangkan bukan cantiknya seperti apa? Melihat dan menikmati keindahan miliyaran bintang yang menghiasi angkasa ditambah dengan suara indahnya desiran ombak dan belaian angin malam di alam bebas.

Wisata Buatan Tulungagung

1. Bendungan Wonorejo

Bendungan atau waduk Wonorejo juga merupakan objek wisata yang wajib banget Anda kunjungi jika Anda berkunjung ke Kabupaten Tulung Agung. Bendungan ini terletak di Desa Wonorejo, Kecamatan Pagerwojo, Kabupaten Tulung Agung, Jawa Timur, Indonesia. Bendungan ini dijuluki dengan Ranukumboloya Tulung Agung.

Apakah Anda tahu bendungan ini merupakan bendungan terluas se Indonesia bahkan se Asia Tenggara. Bendungan ini memiliki luas permukaan air mencapai 3,85 juta meter persegi, sementara volume air mencapai 6,05 juta meter kubik. Dengan memanfaatkan luas dan volume air yang sangat besar, sehingga bendungan ini berfungsi sebagai pembangkit tenaga listrik, irigasi, perikanan, olah raga dan tempat rekreasi atau wisata.

Sebagai tempat wisata, bendungan ini memiliki taman bermain, area memancing, penginapan, speed boat, dan sarana hiburan lainnya. Selain sebagai bendungan terluas, bendungan ini juga memiliki pemandangan alam yang mampu menyita perhatian banyak wisatawan untuk berkunjung. Suasana yang sangat sejuk dan asri bendungan bewarna biru serta sawah yang terhampar dan deretan pepohonan di sekeliling bendungan membuat bendungan ini menjadi bendungan terluas dan menakjubkan.

2. Jambooland Waterpark

Jambooland Waterpark merupakan salah satu wahana wisata yang menarik dan indah di Kabupaten Tulung Agung. Wahana wisata ini berlokasi di jalan raya Srabah Nomor 1, Karang anom, Kabupaten Tulung Agung, Jawa Tmur, Indonesia. sebagaimana namanya pantai ini memiliki wahana bermain air yang dikelilingi dengan taman serta keindahan alam yang menawan ala di puncak. Jambooland Waterpark menyediakan berbagai fasilitas, seperti area parkir, toilet, wahana air, gazebo, roller car, dan food court. Untuk masuk ke wahana wisata ini Anda hanya membayar sekitar Rp. 35.000.

3. Splash Waterpark

Salah satu wahana wisata yang menarik dan indah di Kabupaten Tulung Agung adalah Splash Waterpark. Wahana wisata ini berlokasi di Desa Bendilwungu, Kecamatan Sumbergempol , Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Wahana wisata ini memiliki 3 kolam renang dengan kedalaman yang berbeda-beda, yaitu setengah meter untuk anak-anak, dan untuk dewasa 1 meter.

Banyak fasilitas menarik yang akan Anda dapatkan saat Anda berkunjung ke wahana wisata ini, diantaranya adalah adanya waterboom, ember tumpah, aquarium besar, race slide, slide circle, taman bermain, dan juga food court. Kunjungan ke Splash Waterpark ini tentunya akan membuat liburan Anda dan keluarga semakin seru dan menarik. Untuk masuk ke wahana wisata ini Anda hanya membayar sekitar Rp. 10.000.

4. Taman Wisata Kali Ngrowo

Salah satu tempat wisata baru di Kabupaten Tulungagung yaitu Taman Kali Ngrowo, objek wisata yang satu ini selalu ramai dikunjungi wisatawan local maupun luar daerah.  Keindahan wisata di Taman Kali Ngowo ini dapat menjadi pengobat rasa lelah kita yang disebabkan oleh aktifitas bekerja seharian.

Taman Kali Ngrowo ini tepatnya  berada di pinggir sungai Ngrowo Lembu peteng, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Di Taman Kali Ngrowo ini telah disediakan berbagai macam fasilitas agar pengunjung dapat menikmati suasana dari sungai Ngrowo.

Fasilitas yang disediakan diantaranya adalah taman bermain, area parkir, kios oleh-oleh, warung makan, gazebo, lintasan skateboard, kafe, dan fasilitas menarik lainnya. Taman ini memiliki pohon-pohon yang begitu rindang di pingiran kota, sehinggga lokasi ini selalu ramai dikunjung oleh pengunjung. Beberapa kegiatan yang dapat Anda lakukan di taman wisata ini adalah seperti ngopi, nongkrong, berolahraga, berfoto,  ataupun sekedar menikmati wisata malam di taman ini.

5. Kampung Susu Dinasty

Kampung Susu Dinasty Tulungagung merupakan salah satu wisata edukasi yang berasal dari Usaha Kecil Menengah (UKM) Kreatif di desa Sidem, kecamatan Gondang, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Dalam sejarahnya sebelum menjadi wisata edukasi pada tahun 2015, kawasan ini adalah tempat peternakan sapi perah.

Jika Anda berkunjung ke wisata edukasi ini Anda akan diajarkan cara merawat hewan ternak, pemerasan dan pengolahan susu sapi modern, cara membuat makanan hewan yang higienis, serta pengolahan biogas yang berasal dari kotoran hewan. Tempat wisata yang memadukan aspek edukasi, kuliner serta peternakan ini mematok harga per orang sekitar Rp. 30,000 hingga Rp. 50.000 per orang untuk dapat belajar dan menikmati semua fasilitas yang ditawarkan.

6. Wisata Negeri Dongeng

Jawa Timur memiliki tempat wisata yang seru dan asyik khususnya bagi Anda penyuka foto dengan background yang menarik yaitu Wisata Negeri Dongeng. Wisata ini menyediakan berbagai lukisan 3D didalam ruangan hingga miniatur landmark dari negara lain seperti Piramida dari Mesir, Menara Pizza dari italia, patung liberty Amerika, borobudur dari Jawa Tengah dan lain sebagainya. Di kawasan wisata ini juga terdapat kebun belimbing dan gazebo duduk untuk bersantai. Selain itu, terdapat juga wahana adrenalin, antara lain karpet aladin dan sepeda terbang. Untuk tiket masuk wahana ini hanya seharga Rp. 7.500 di hari biasa. Pada weekend dan libur nasional tiket wisata seharga Rp. 10.000.

7. Wisata Edukasi Kampung Tani TulungAgung

Wisata edukasi lain di Kabupaten Tulung Agung adalah wisata edukasi kampung tani. Wisata edukasi ini tepatnya berlokasi di Desa Karanganom, Kauman, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Seperti namanya, wisata edukasi ini memberikan pengunjung pembelajaran dalam bidang pertanian, seperti menanam padi, membuat pupuk kompos, menanam sayur- mayur, hingga memetik buah-buahan.

Selain itu, di kawasan wisata edukasi ini juga menyediakan fasilitas permainan outbound, seperti arung jeram, jembatan goyang, flying fox, serta sepak bola lumpur. Pastinya di setiap wahana permainan dari fasilitas yang disediakan tersebut terdapat nilai-nilai edukasi, misalnya nilai dalam mengambil keputusan dan keberanian dalam menghadapi tantangan.

8. Penangkaran Rusa Maliran

Penangkaran Rusa Maliran berlokasi di kawasan hutan desa Maliran kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Pesona dari objek wisata ini adalah adanya sekumpulan rusa yang lucu dan suasana hutan nan sejuk. Hal itu sangat mendukung bagi Anda yang memiliki hobi fotografi dan mengadakan acara outbound.

Namun sayang fasilitas yang tersedia kurang memadai dan objek wisata ini juga kurang begitu di urus yang berdampak minimnya pengunjung ke objek wisata ini. Untuk tiket masuk ke objek wisata ini sangatlah murah yaitu sekitar Rp. 2000 per orang.

9. Dokar Dreamland

Dokar Dream Land merupakan salah satu wahana wisata fantasi yang palin terkenal di Kabupaten Tulung Agung. Wahana ini tepatnya berada  di Desa Karanganom, Kecamatan Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Wisata buatan ini memang sangatlah mempesona dan seakan membawa para pengunjung untuk merasakan dunia fantasi berupa rumah berukuran mini atau hobbit. Hobbit adalah tokoh fantasi dalam trilogi Lord Of The Ring, yang berupa makhluk dengan bertubuh kecil.

Wahana ini juga menampilkan keindahan alam buatan yang sangat cantik dan dapat Anda nikmati mulai pukul 6 sore hingga 10 malam. Selain itu, terdapat juga spot foto seperti tokoh nasional, monas, menara eiffel, dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya hal ini sangat menarik bagi Anda yang menyukai berfoto. Wisata Dokar Dreamland ini akan terasa semakin indah saat malam hari dengan adanya ampu warna-warni di setiap sudut tempat wisata ini. Salah satu fasilitas yang menarik yang ditawarkan adalah aneka jajanan kuliner lezat yang bisa Anda nikmati dengan harga terjangkau. Tiket masuk untuk wahana ini adalah Rp. 10.000 per orang dengan gratis secangkir kopi.

10. Taman Hutan Kota

Taman Hutan Kota ini terletak di Desa Moyoketen, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulung Agung, Jawa Timur, Indonesia. Taman ini mmiliki luas sekitar 1 hektar yang berdekatan dengan Agro Wisata Belimbing. Taman ini cukup terawat dan telah disediakan berbagai fasilitas untuk bermain dan bersantai menikmati indahnya Taman Hutan Kota ini. Beberapa fasilitas yang disediakan seperti adanya ayunan, jungkat-jungkit, kursi, perosotan, akses jalan untuk pejalan kaki hingga arena skate board.

11. Taman Ketandan Kauman Kalangbret

Taman wisata Ketandan Kauman Kalangbret ini  beralamat di Jalan Semeru No. 10 B, Sidorejo, Kauman, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Taman ini cukup terawat dan telah disediakan berbagai fasilitas untuk bermain dan bersantai menikmati indahnya Taman. Beberapa fasilitas yang disediakan seperti adanya ayunan, jungkat-jungkit, kursi, gazebo, perosotan, akses jalan untuk pejalan kaki, kios makanan dan lain sebagainya.

12. Nirwana Colouring Night (NCN)

Nirwana Colouring Night (NCN) berlokasi di Jl. Demuk No. 117, Ngunut, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Tempat wisata yang masih terbilang baru ini mampu menghipnotis pengunjung untuk merasakan malam yang indah di taman yang penuh dengan warna dari kelap kelip lampu.

Banyak fasilitas yang menghiasi tempat ini diantaranya adalah adanya kolam renang plus perahu, adanya lampion, bunga bersinar, tempat makan, dan masih banyak yang lain. Jika Anda ingin berkunjung untuk merasakan kuliner di tempat yang indah ini, maka Anda dapat berkunjung pada pukul 20.00 WIB s.d jam 22.00 WIB. Sedangkan NCN bisa dinikmati lebih awal pada 17.00 WIB s.d 22.00 WIB. Untuk masuk ke tempat wisata ini, tidak dipungut biaya alias gratis.

13. Jembatan Plengkung Tulungagung

Jembatan Plengkung Tulungagung berlokasi di Jalan Kapten Kasihin, Plandaan, Kedungwaru, Plandaan, Kec. Tulungagung, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Jembatan yang terbuat dari bahan besi dan beton ini, dalam sejarahnya dibangun pada tahun 1925 pada masa penjajahan Balanda. Jembatan ini memiliki lebar keseluruhan kurang lebih 15 m dan memiliki tiga lengungan beton yang cantik. Pesona keindahan dari  jembatan ini adalah bentuk jembatan yang sangat unik dan indah yang berdiri tegak di atas sungai. bentuknya yang unik dan cantik ini pastinya akan membuat Anda tertarik untuk mengambil foto di jembatan plengkung ini.

14. Taman Bunga Soka

Taman Bunga Soka berlokasi di Tapan, Kedungwaru, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Taman bunga ini memiliki daya tarik tersendiri dengan bunga andalannya yaitu bunga soka yang menawan. Taman ini cukup terawat dengan bunga soka dan akses jalan untuk menyusuri taman. Bagi para gadis tentunya taman bunga soka ini merupakan spot foto yang sangat menarik karena sangat cantik dan indah.

15. NGROWO Water Front

NGROWO Water Front merupakan salah satu tempat wisata di Tulung Agung yang masih dalam proses penyempurnaan hingga saat ini. Kawasan wisata ini sangat cocok dikunjungi saat malam hari dengan melihat air sungai yang membias kelap kelip lampu. Serta Anda pun dapat menikmati makanan khas dari penduduk setempat yang disediakan oleh warung-warung di sekitar kawasan wisata ini.

Wisata Sejarah Tulungagung

1. Candi Gayatri

Candi Gayatri atau disebut juga dengan Candi Boyolangu merupakan salah satu candi yang berada di Kabupaten Tulung Agung.  Candi ini terletak di Dusun Boyolangu, kelurahan Boyolangu, kecamatan Boyolangu, kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Dalam sejarahnya candi ini merupakan peninggalan kerajaan Majapahit, yang mana seorang Gayatri merupakan tokoh yang penting dalam zaman kerajaan Majapahit. Tidak ada salahnya Anda berkunjung ke candi yang satu ini karena suasana yang sejuk dan menenagkan, serta penuh dengan sejarah yang dapat Anda baca sendiri di internet.

2. Padepokan Arca Retjo Sewu

Padepokan Arca Retjo Sewu terletak di Besuki, Tulungagung, Jawa Timur Indonesia. Dalam sejarahnya bangunan ini pernah menjadi ikon kota Tulung Agung yang dibangun oleh seorang pengusaha pemilik Pabrik Rokok Retjo Pentung yaitu Alm. Soemiran. Arca Retjo Sewu memiliki arti terdapat 1000 arca di padepokan ini.

Arca yang terdapat di kawasan ini semuanya berbentuk arca penjaga yang berjongkok dengan tarik keluar dan mata melotot, disertai dengan tangan yang membawa pentungan di bahu kanan. Masyarakat meyakini bahwa arca itu adalah patung Dwarapala yang dahulu menjadi penjaga gerbang pintu masuk tempat suci sehingga masyarakat yang berada di sekitar tempat itu selalu terlindungi. Padepokan ini menjadi objek wisata yang patut untuk dikunjungi karena lokasi tempatnya yang berdekatan dengan pantai selatan.

3. Candi Dadi

Candi Dadi tepatnya candi ini berada di atas bukit pada ketinggian 360 meter di atas permukaan laut di tengah area kehutanan RPH Kalidawir yang berlokasi di Dusun Mojo, Desa Wajak Kidul, Kecamatan Boyolangu, Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Candi ini terbilang cukup unik dan menyimpan banyak misteri.  Candi Dadi ini merupakan candi yang tidak memiliki hiasan dan arca dengan ukuran bujur sangkar panjang 14 meter, lebar 14 meter,  dan tinggi 6,5 meter.

Candi ini berbahan dasar andesit yang terdiri atas kaki candi dan atas batur. Bagian atas batur berbentuk segi delapan. Sedangkan pada permukaan bekas sumur dengan diameter3,35 meter dan kedalaman 3 meter. Dalam sejarahnya candi ini merupakan peninggalan pada masa kerajaan Majapahit sekitar akhir abad XIV hingga akhir abad XV. Saat itu, candi ini berfungsi sebagai tempat pemujaan, pengabuan, pembakaran jenazah tokoh atau penguasa saat itu. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke candi ini maka Anda akan menemukan bangunan candi yang masih sama dengan zaman dulu karena tidak mengalami pemugaran.

4. Candi Mirigambar

Candi Mirigambar terletak di desa Miri Gambar, Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Candi Mirigambar terbentuk dari bahan baku dasar bata. Candi ini menghadap ke barat, bisa terlihat dari tangga masuknya yang terdapat pada sisi barat candi. Dalam sejarahnya candi ini terbentuk pada masa kerajaan Majapahit yang merupakan bagian dari kompleks percandian yang luas serta memiliki sejarah yang cukup panjang. Candi ini terlihat kurang terawat, dan sekarang candi ini sudah tidak lengkap. Dimana pada bagian kaki hanya terdapat empat panel relief yang seharusnya ada sebelas, dan dua diantarannya sudah rusak.

5. Candi Sanggrahan

Candi Sanggrahan atau disebut juga dengan Candi Cungkup adalah candi pemujaan untuk agama Budha. Candi ini terletak di Desa Sanggrahan, Kecamatan Boyolangu, Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Candi yang dalam sejarahnya di bangun pada tahun 1350 pada kerajaan Majapahit ini berbentuk bujursangkar yang terdiri atas kaki, tubuh dan atap. Disekitar candi dapat ditemui banyak peninggalan sejarah, diantaranya adalah adanya tugu pemujaan, umpak, hingga gerabah kuno peninggalan masa lalu.

6. Wisata Bukit Pertapaan

Wisata Bukit Pertapaan terletak di Gunung Pegat Blitar, tepatnya di Desa Bagelenan, Kecamatan Srengat, Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Indonesia. Kondisi candi ini cukup terawat sehingga Anda dapat mengamati relief nya secara detail. Mitosnya candi ini mengisahkan tentang Dewi Kilisuci dan Maling Aguno.

Karena lokasinya di gunung, maka dalam proses ke tempat candi ini cukup membutuhkan pengorbanan ekstra yaitu dengan mendaki. Namun jangan khawatir, karena wisata ini telah diberi fasilitas jalan beton, tempat makan,dan tempat untuk beristirahat sepanjang trek. Untuk masuk ke tempat wisata ini cukup hanya mengeluarkan uang Rp. 2.000 per orang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.