Birunya Danau Biru Sawahlunto

Sawahlunto, sebuah kota yang menjadi bagian dari Provinsi Sumatera Barat. Berada sekitar 90 km dari pusat Ibu Kota Provinsi, Padang atau sekitar 3-4 jam perjalanan dengan memilih jalur yang melewati Kota Solok. Selama perjalanan ini, anda akan dimanjakan oleh beningnya Danau Singkarak yang berada di lingkar Bukit Barisan, jika anda mempunyai waktu lebih, tidak ada salahnya mampir sebentar di pinggir Danau Singkarak untuk menikmati kuliner khas daerah tersebut yang didominasi oleh ikan. Setelah puas beristirahat di tepi Danau Singkarak, lanjutkan perjalanan anda menuju Sawahlunto, bisa dengan melewati Tanah Datar terlebih dahulu atau langsung ke Sawahlunto. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi karena jika memilih menggunakan angkutan umum, anda harus beberapa kali mengganti tujuan kendaraan anda agar bisa sampai di lokasi yang anda inginkan. Selain itu, kondisi jalanan yang berliku dan bergelombang akan membuat stamina anda terkuras apalagi jika menggunakan angkutan umum yang penuh sesak dengan penumpang.

Kota Sawahlunto, akhir-akhir ini telah menjelma menjadi Kota dengan tujuan wisata yang layak untuk dikunjungi. Beragan jenis Wisata di Sawahlunto yang membuat anda tertarik untuk mendatanginya. Ada Wisata Alam Sawahlunto, Wisata Religi, Wisata Sejarah, Wisata Budaya, dan berbagai Obyek Wisata Sawahlunto lainnya. Salah satu Destinasi Wisata Sawahlunto yang sedang hits adalah Danau Biru Sawahlunto. Berbeda dengan Danau di Sumatera Barat pada umumnya yang memang alami hasil perubahan alam, Danau Biru Sawahlunto adalah sebuah Danau Buatan yang berasal dari bekas galian tambah batubara. Bekas galian yang membentuk cekungan besar layaknya kuali raksasa tersebut, mulai terisi air hujan yang lama kelamaan menjadi genangan dan akhirnya terbentu seperti danau. Uniknya air di danau ini berwarna biru akibat pantulan sinar matahari dan lokasi danau yang memang berada di ketinggian dan area perbukitan.

Di samping itu, saat berada di Danau Biru Sawahlunto, anda akan dimanjakan dengan panorama bebatuan dan perbukitan yang mengelilingi Danau Biru Sawahlunto. Destinasi Wisata di Sawahlunto ini, mulai banyak dikunjungi setelah masyarakat sekitar terutama kawula muda datang dan berfoto dengan latar belakang Danau Biru Sawahlunto. Foto-foto yang diabadikan di tempat ini langsung menjadi viral dan dicari oleh masyarakat luas, baik lokal maupun luar daerah. Sejak itulah, Danau Biru Sawahlunto ramai dikunjungi pengunjung.

Baca juga:  Lokasi Wisata Alam Jembangan Kebumen Yang Wajib Dikunjungi

Namun, Danau Biru Sawahlunto yang ada di Parambahan, Kecamatan Talawi, Sawahlunto ini harus ditempuh dengan hati-hati, karena jalanan yang cukup ekstrim. Jalanan menuju ke Obyek Wisata di Sawahlunto tersebut merupakan jalanan yang diakses oleh truk-truk besar pengangkut bebatuan dan batubara, jadi tidak heran jika kondisi jalannya yang sedikit memicu adrenalin. Oleh karena itu, lebih baik menuju lokasi ini menggunakan sepeda motor karena mobil pribadi akan cukup kesulitan melewati jalanan berbatu ini.

Obyek Wisata di Sawahlunto yang mulai dibuka pada tahun 2016 ini harus segera medapat perhatian dari pemerintah setempat, karena banyak pengunjung yang mengeluhkan banyaknya fasilitas umum yang belum tersedia, seperti toilet umum, musholla, gazebo dan sebagainya. Selain itu cuaca Kota Sawahlunto yang panas juga akan membuat anda tidak mampu berlama-lama di lokasi ini. Oleh karena itu keberadaan gazebo dan bangku-bangku yang dikelilingi pohon rindang sangat diperlukan di daerah ini. Satu hal lagi yang juga harus jadi perhatian anda saat ingin menghabiskan liburan di Danau Biru Sawahlunto ini adalah bekal makanan yang harus anda bawa dari rumah, karena belum ada pedagang yang menjual makanan di lokasi ini. Oleh karenanya perhatian pemerintah menjadi sangat penting mengingat potensi yang dimiliki oleh danau ini sangatlah baik. Pemerintah setempat harus berperan aktif untuk menjadikannya sebagai objek wisata andalan Sawahlunto.

Ternyata obyek Wisata di Sawahlunto ini menarik juga ya, sebuah cekungan bekas galian tambang yang berada di area perbukitan bisa berubah menjadi danau dengan air yang memikat hati. Warna biru cerah, dikelilingi perbukitan yang memutih, dan ditambah dengan penampakan bekas-bekas pekerjaan tambang, menjadikan Lokasi Wisata Sawahlunto ini semakin menarik untuk dikunjungi. Saat anda berada di Sumatera Barat, sempatkanlah berkunjung ke Danau Biru Sawahlunto ini dan abadikan momen langka anda tersebut. Selamat berlibur.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.